7+ Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Benar Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Pengguna kamera mirrorless sedang naik daun karena penggunaan kamera ini sangat praktis, ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Lebih penting lagi, kualitas foto yang dihasilkan cukup mumpuni. Namun karena sifatnya yang praktis, hanya sedikit orang yang memperhatikan cara merawat kamera mirrorless yang baik, sehingga kamera cepat rusak.

Berikut 7+ Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Benar Agar Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Kamera Mirrorless Yang Benar

Jika Anda adalah pengguna kamera mirrorless. Jadi perlu tahu cara merawat kamera mirrorless berikut ini. Perawatan kamera tidak boleh sembarangan. Metode:

1. Perhatikan suhu penyimpanan kamera

Iklim tropis di Indonesia membuat lensa kamera Anda rentan terhadap jamur. Karena itu, Anda harus memperhatikan suhu penyimpanan kamera.

Baca Juga :  Pilih Kamera Mirrorless Atau DSLR Begini Cara Mempertimbangkan Sebelum Membeli Kamera Digital

Nah, saat membeli kamera, ikuti petunjuk di panduan yang tersedia, karena standar suhu penyimpanan tampaknya berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan biarkan kamera terkena sinar matahari langsung.

2. Letakkan kamera di kotak kering.

Tidak ada salahnya membeli dry box dan meletakkan kamera di dalamnya agar tetap lembab. Kotak kering yang sama tidak hanya digunakan untuk menyimpan kamera, tetapi juga baterai, filter, lampu kilat, dan pegangan vertikal. Kamera akan lebih aman dan tahan lama jika disimpan di dry box ini.

3. Hindari kontak langsung dengan air

Berhati-hatilah saat mengambil gambar di dekat pantai karena jika lensa kamera mirrorless terkena garam laut dapat menyebabkan gesekan dan korosi pada lensa.

Hati-hati juga saat memotret, lalu tiba-tiba hujan. Anda benar-benar perlu melindungi kamera Anda dengan casing atau penutup tahan air.

Namun, kamera harus dicegah agar tidak terkena air atau cairan, karena air dapat sangat membasahi komponen internal kamera.

4. Bersihkan kamera mirrorless secara teratur

Membersihkan kamera Anda secara teratur adalah sesuatu yang harus Anda lakukan. Bukan hanya lensa yang perlu dibersihkan, tapi juga bodi kamera dan sensornya. Banyak yang benar-benar menjual kit alat pembersih kamera. Isi:

  • 1. Cairan pembersih khusus untuk kamera.
  • 2. Blower untuk membersihkan partikel debu dari chamber.
  • 3. Kain microfiber untuk membersihkan seluruh bodi kamera.
  • 4. Kuas halus untuk membersihkan antar tombol navigasi kamera.
  • 5. Penyeka kapas untuk membersihkan bagian kamera yang sulit dijangkau.
Baca Juga :  Cara Mudah Menemukan Kamera Tersembunyi Diruangan Hotel Atau Penginapan

5. Waspadai variasi arus listrik

Salah satu cara untuk mentransfer data dari kamera ke PC atau menggunakan kamera melalui PC, jelas Anda perlu menghubungkan kamera secara langsung.

Namun, sebelum melakukan operasi ini, pastikan untuk mematikan kamera sebelum melepas baterai dan kartu memori. Ini untuk menghindari lonjakan listrik, karena kamera sangat rentan.

6. Ambil gambar secara teratur

Jangan terlalu lama menggantung kamera mirrorless Anda. Gunakan untuk memotret hal-hal yang Anda sukai. Jika kamera tidak digunakan dalam waktu lama, mesin dapat membeku dan terkunci.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu minimal seminggu sekali untuk berfoto. Gunakan juga tombol kamera agar tidak macet saat digunakan.

Baca Juga :  4 Tipe Standar Lighting Kamera Yang Bisa Kamu Pilih Untuk Kebutuhan Fotografi Anda

7. Service Layanan di tempat resmi

Jangan tunggu kamera rusak, perbaiki. Setidaknya periksa status kamera kita secara berkala untuk menghindari kerusakan yang tidak terduga dan tidak diinginkan.

Perhatikan juga di mana Anda memperbaiki kamera. Sebaiknya, beri tahu agen resmi atau tempat kepercayaan.

8. Pasang tali kamera

Tali kamera tampaknya memainkan peran penting. Saat mengambil gambar, kenakan kamera di leher Anda untuk mencegahnya jatuh ketika tiba-tiba terlepas dari tangan Anda.

Atau lilitkan strap kamera di sekitar tangan Anda, agar kamera lebih “terkunci ” di tangan kanan. Dengan cara ini Anda bisa lebih percaya diri dalam mengambil gambar.

9. Gunakan tas kamera

Cara lain untuk merawat kamera agar awet adalah jika ingin membawa kamera dengan perlengkapan lain saat bepergian, masukkan ke dalam tas khusus.

Tas kamera khusus dirancang dengan kekuatan tinggi yang dapat melindungi kamera dari benturan atau benturan di jalan. Saat memilih tas, perhatikan bahannya. Pilih yang ringan, tahan lama dan juga tahan air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.