Berikut 9 Cara Terbaru Merawat Baterai Ponsel Agar Awet Dan Tahan Lama 2022

Cara Terbaru Merawat Baterai Ponsel Agar Awet Dan Tahan Lama

TipsSeo Info – cara merawat baterai ponsel, Ada banyak faktor yang menentukan masa pakai baterai ponsel Android Sobat. Bodi ponsel yang ramping, layar yang lebih cerah, prosesor yang lebih cepat, dan koneksi internet yang lebih cepat, semuanya berdampak besar pada baterai ponsel. Itu sebabnya banyak orang menggunakan power bank dengan antisipasi jika baterai cepat habis.

Baterai adalah salah satu alat paling penting pada smartphone, karena jika tidak ada baterainya sobat tidak bisa mengendalikan ponselnya di karenakan hp nya mati,wkwkwk. Semakin cangih ponsel sobat maka semakin besar daya baterai yang di perlukan karena banyaknya aplikasi yang terinstall.

Semakin tua lamaponsel sobat makasemakin lemah pula daya baterainya, biasanya kalau sudah rusak sobat harus menganti baterai tsb karena akan mengganggu aktifitas sobat.

Tanpa panjang lebar lagi, Berikut 7 cara merawat baterai ponsel agar awet dan tahan lama

 

#1. Merawat baterai ponsel dengan mengaktifkan power saving mode

Sobat dapat menggunakan fitur hemat daya, yang akan memperpanjang masa pakai baterai ponsel itu sendiri. Tentu saja, dengan penggunaan perangkat penghemat daya, kinerja ponsel sobat akan sedikit lebih rendah dari biasanya, tetapi tidak mempengaruhi penggunaan telepon secara normal.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Ponsel Terbaik Untuk Dibeli Pada Tahun 2022

Dengan sistem ini akan hemat energi karena Sobat telah mengaktifkan mode daya ini, ponsel Sobat telah memperpanjang masa pakai baterai. Penggunaan jaringan latar belakang akan dihentikan, yang berarti perangkat tidak akan berfungsi dan tidak akan mengirimkan notifikasi hingga Sobat membukanya kembali.

ketika Sobat menginstal fitur ini, ponsel Sobat telah memperpanjang masa pakai baterai hingga 5 jam tetapi efek dari operasi telepon akan berkurang misalnya berkurangnya cahaya, ada batas kecepatan cpu ponsel , aplikasi akan dibatasi kegunaanya.

 

#2. Merawat baterai ponsel dengan mematikan mode getar

Mode getar adalah fitur yang fungsinya untuk mengirimkan informasi tanpa mengeluarkan suara melainkan hanya dengan getaran. Tentu saja kerusakannya ponsel lebih besar dari cuma getaran karena daya getar akan menghamburkan energi baterai yang digunakan untuk menggetarkan ponsel.

Cara terbaik adalah menggunakan metode diam, tanpa efisiensi, Anda tidak akan terganggu oleh notifikasi sms dari staf seluler.

Tapi diam-diam ada kendalanya yaitu bisa ketinggalan notifikasi jika ada pengumuman dari keluarga atau atasan kerja, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan ringtone, dan jika ada panggilan masuk atau sms masih berfungsi dengan baik dengan baterai yang awet.

 

#3. Merawat baterai ponsel dengan Gunakan koneksi Wifi

Jika penyedia layanan mengalami gangguan akan membuat kinerja ponsel lebih tinggi sesuai dengan daya tahan baterai ponsel.

Jika di sekitaran sobat ada WIFI maka matikan saja data jaringan seluler Sobat dan lebih baik gunakan jaringan wifi karena akan dapat menghemat daya pemakaian baterai ponsel.

Sobat dapat menggunakan Mode Penerbangan untuk mematikan semua bagian jaringan data dan beralih ke jaringan WIFI untuk menghemat lebih banyak lagi. Akan tetapi sobat tidak adan dapat notifikasi dari ponsel karena sobat telah memakai mode pesawat

Baca Juga :  3 Cara Mengubah Ponsel Menjadi Webcam PC Dengan Aplikasi Gratis

 

#4. Merawat baterai ponsel dengan Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Hindari menggunakan smartphone terlalu banyak, apalagi sampai ponsel sobat panas. Gunakan ponsel Anda dengan hemat dan tinggalkan di tempat yang sejuk jika baterai atau ponsel Anda panas, seringkali karena kesalahan perangkat lunak ponsel yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan smartphone dalam jumlah sedang, selain memiliki baterai yang hemat, juga dapat memperpanjang umur baterai, terutama jika baterai berfungsi penuh dan tahan lama, yang dapat mempengaruhi umur baterai ponsel.

Untuk mengurangi penggunaan ponsel, Sobat dapat mengurangi aktivitas ponsel beberapa jam data internet, mematikannya dgn memberikan ponsel sobat istirahat akan menjaga keawetan atau tahan lama pada ponsel.

 

#5. Merawat baterai ponsel dengan Matikan Bluetooth, Lokasi, dan NFC

Fitur seperti bluetooth, NFC , layanan lokal itu sangat membantu, tetapi fitur ini sangat merusak baterai ponsel Sobat. Jika tidak digunakansecara bersamaan dan terus menerusakan merusak baterai sobat

Segera matikan dan Sobat dapat menyalakannya kembali saat benar-benar membutuhkan aplikasi tersebut jika benar-benar urgent.

Sobat juga dapat mematikan program asisten suara di ponsel Sobat. Untuk menonaktifkan Asisten Google, buka Setelan Asisten dan matikan. Ini juga akan membantu menghemat masa pakai baterai ponsel Sobat.

 

#6. Merawat baterai ponsel dengan menjaga Siklus Pengisian baterai

Dengan menjaga siklus pengisian daya baterai di ponsel, sobat dapat memberi ponsel Anda kemampuan untuk mengisi daya dengan benar dan cepat, tetapi ketika Anda mengisi daya tanpa memiliki paket khusus, Anda akan berbagi daya dengan ponsel lain, ini dapat mengurangi kecepatan listrik yang masuk ke baterai dan lagi.

Mungkin yang terbaik adalah menggunakan perangkat khusus yang digunakan untuk mengisi daya telepon Anda saja tanpa berbagi daya perangkat lain.

Jika sobat terpaksa menggunakan bersama-sama dengan ponsel teman,sobat hanya perlu memasang lokasi yang dekat dengan kabel, logikanya ini akan memasang ponsel teman sobat sebelum mereka menyebar panggilan telepon dari teman Anda.

Baca Juga :  Tips Foto Malam Hari Dengan Kamera HP Oppo Langsung Dari Pakar Fotografi

 

#7. Merawat baterai ponsel dengan Kurangi tingkat cahaya ponsel

Ponsel cerdas mulai terlihat luar biasa, tetapi dengan resolusi yang kuat dan kesadaran pikselyang tinggi, maka masa pakai baterai menurun dan lemah.

Sobat dapat mengatur volume atau dengan mematikan layar, sehingga menghemat daya baterai ponsel. Termasuk matikan lampu otomatis yang membuat pengisian baterai ponsel lebih cepat dari biasanya.

Sobat juga dapat mengubah berapa lama layar Sobat tetap aktif saat tidak digunakan. Ini termasuk mematikan notifikasi dari aplikasi lain, sehingga ponsel Sobat tidak menyala setiap kali peringatan atau notifikasi muncul.

 

#8. Merawat baterai ponsel dengan Gunakan Wallpaper biasa aja

Pikirkan lagi jika Sobat menggunakan Wallpaper dan widget yang sangat merusak baterai ponsel. Jangan gunakan gambar bergerak atau live wallpaper karena akan membutuhkan daya yang lebih tinggi dari wallpaper biasa.

 

#9. Merawat baterai ponsel dengan matikan pembaruan aplikasi Otomatis

Cara Terbaru Merawat Baterai Ponsel Agar Awet Dan Tahan Lama

Untuk memastikan bahwa operasi mereka seefisien mungkin,Tingkatkan perangkat ke ponsel Sobat agar perangkat berfungsi dengan baik di versi terbaru.

Efeknya dari pembaruan ini yaitu ukuran aplikasi bertambah besar sehingga menghabiskan penyimpanan data dan masa pakai baterai.

Matikan Fitur pembaruan otomatis, baik saat menggunakan data seluler maupun wifi. Sobat dapat memperbarui perangkat secara manual jika Sobat membutuhkan versi terbaru.

 

Demikian artikel Tentang 9 Cara Merawat Baterai Ponsel Agar Awet Dan Tahan Lama

Situs TipsSeo Info juga membahas tentang Tutorial dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.