20 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat Dan Tanpa Obat

Orang dengan atau dengan riwayat penyakit ini harus tahu cara menurunkan kolesterol tinggi. Umumnya, setiap orang memiliki kolesterol dalam tubuhnya. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

Bisa dikatakan kolesterol darah tinggi bila melebihi batas normal. Kolesterol yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, serta menghambat sirkulasi darah, sehingga Anda perlu mengetahui cara menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi.

Cara menurunkan kolesterol darah tinggi bisa dilakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Selain itu, dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, berbagai cara menurunkan kolesterol tinggi dapat diterapkan.

20 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat Dan Tanpa Obat

Berikut ulasan TipsSeo tentang cara cepat menurunkan kolesterol tinggi, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/8/2022).

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat Dan Tanpa Obat

1. Minum air jeruk nipis

Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi yang pertama adalah dengan minum air jeruk nipis. Pasalnya, jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Cukup minum air jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan hal ini secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera turun.

2. jambu biji

Banyak sekali kandungan jambu biji yang tentunya bermanfaat bagi tubuh. Ada antioksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, potasium dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulailah mengonsumsi jus jambu biji secara rutin. Anda bisa memakannya langsung atau memerasnya.

3. Minum jus anggur

Antioksidan umum, seperti piceatannol dan resveratrol, adalah fitonutrien anggur yang telah terbukti sebagai agen antimikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentunya berperan sebagai antioksidan. Minum jus anggur secara teratur minimal sekali sehari untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga :  Inilah 7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah

4. Kulit manggis

Tidak hanya buahnya saja yang bisa Anda makan, kulit manggis juga memiliki banyak manfaat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah cara cepat menurunkan kolesterol tinggi. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat antikanker dan antioksidan, jauh lebih kuat dari vitamin C dan E. Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau mencampurkan kulit manggis dan meminumnya. . secara langsung.

5. Konsumsi brokoli

Brokoli mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli secara alami akan membantu proses detoksifikasi tubuh. Dengan cara ini, berbagai penyakit tubuh akan terbasmi. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi, jika brokoli direbus dan hindari menggunakan minyak untuk makan brokoli.

6. Makan apel

Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya adalah dengan makan apel. Buah ini, terutama kulitnya, mengandung pektin, yaitu serat larut air yang efektif menurunkan kolesterol. Pektin berfungsi untuk menyerap kolesterol dan lemak jahat di usus halus, untuk dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan feses. Apel juga mengandung vitamin polifenol dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan. Selain itu, serat apel memberikan rasa kenyang yang berkepanjangan sehingga Anda dapat menghindari makan makanan yang tidak sehat.

7. Konsumsi buah pir

Pir adalah buah yang kaya akan serat alami. Sebuah buah pir rata-rata dapat memenuhi 16% dari kebutuhan serat harian Anda. Faktanya, nilai serat buah pir lebih tinggi daripada apel. Jenis serat yang terdapat pada buah pir adalah pektin. Pektin mengikat kolesterol dan membawanya keluar tubuh sehingga kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh dapat diturunkan. Konsumsi buah pir secara teratur sebagai cara cepat menurunkan kolesterol tinggi.

8. Berolahraga secara teratur

Berolahraga 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan kolesterol “baik” (HDL) Anda. Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan perlahan. Mula-mula berolahraga selama 10 menit sehari, kemudian meningkat menjadi 15-30 menit sehari. Tentu tidak akan sulit jika Anda benar-benar ingin hidup lebih sehat.

9. Makan ikan

Kandungan minyak omega-3 pada ikan bermanfaat untuk kesehatan. Asam lemak omega-3 telah terbukti mencegah penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Menurut sebuah studi oleh Loma Linda University, mengganti asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti salmon dan sarden dapat meningkatkan kolesterol baik hingga empat persen. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengkonsumsi ikan salmon sebagai cara cepat menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga :  Penjelasan Penyakit Cacar Monyet Mulai Dari Gejala Dan Penyebarannya Untu Kita Lebih Waspada

10. Berhenti merokok

Cara menurunkan kolesterol tinggi selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Rokok juga dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi berhentilah merokok. Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high-density lipoprotein/HDL) dalam tubuh dan pembuluh darah juga menjadi kaku. Jika ini terjadi, risiko penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

11. Berry

Keluarga berry kaya akan pektin, serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang diserap di usus kecil, sehingga kadar kolesterol jahat diturunkan dan diganti dengan kolesterol HDL baik. Dalam penelitian Erlund dkk dengan 72 subjek penelitian yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular, menunjukkan bahwa konsumsi 2 porsi buah berry per hari (1 porsi setelah makan siang, 1 porsi setelah makan malam) dapat meningkatkan kadarnya. kolesterol HDL yang baik dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Selanjutnya, buah dari kelompok berry ini juga kaya akan polifenol, antioksidan yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, rajin mengkonsumsi buah berry merupakan cara yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat.

12. Alpukat

Cara lain untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan makan alpukat. Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga kaya akan vitamin, mineral dan senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Makan 1 buah alpukat sehari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Penelitian menunjukkan bahwa selain mempengaruhi kadar kolesterol, alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah. Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang berperan dalam pencegahan kanker dan penyakit jantung.

13. Hindari lemak trans

Jenis lemak yang harus dihindari selain lemak jenuh adalah lemak trans. Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah mengalami proses yang disebut hidrogenasi. Minyak ini sering ditemukan pada margarin, gorengan, kerupuk, atau makanan berminyak lainnya. Lemak trans meningkatkan kolesterol total dan LDL. Minyak ini juga menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca Juga :  Fungsi Aroma Bunga Terapi Dapat Berguna Untuk Penyembuhan Gangguan Jiwa

14. Makan biji-bijian

Nutrisi yang tinggi pada biji-bijian dapat meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh untuk tumbuh dengan baik untuk mencegah efek radikal bebas dari luar atau dalam tubuh. Biji-bijian utuh sangat penting untuk kesehatan dan memberikan berbagai nutrisi seperti protein, serat, zat besi, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, selenium dan vitamin B.

15. Konsumsi minyak zaitun

Mengganti mentega dengan minyak zaitun dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 15%, yang hampir mirip dengan efek obat penurun kolesterol. Untuk manfaat maksimal, pilih minyak zaitun extra virgin. Jenis minyak ini memiliki proses kimia yang sangat sedikit dan mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit.

16. Makan oatmeal

Oatmeal tinggi serat yang dapat menghambat penyerapan LDL atau kolesterol jahat. Cara cepat menurunkan kolesterol tinggi dengan oatmeal adalah dengan mulai makan sarapan oatmeal untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

17. Konsumsi pepaya

Hal ini juga diklaim sama efektifnya dengan menurunkan kolesterol tinggi dengan makan pepaya. Pepaya adalah buah yang menurunkan kolesterol HDL dan juga kaya akan antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E. Kolesterol dapat menempel pada pembuluh darah saat teroksidasi, hingga akhirnya menumpuk membentuk plak dan melapisi pembuluh darah. Vitamin E dan C dalam pepaya bergabung dengan enzim yang disebut paraxonase yang menghambat oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah.

18. teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang tampaknya membantu menurunkan kolesterol dan kadar kolesterol total. Teh hitam juga dapat berdampak positif pada kolesterol, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada varian teh hijau. Selain itu, kafein juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

19. Menurunkan berat badan

Diet mempengaruhi bagaimana tubuh menyerap dan memproduksi kolesterol. Secara umum, penurunan berat badan memiliki manfaat kolesterol ganda dengan meningkatkan kolesterol HDL baik dan menurunkan kolesterol LDL jahat.

20. Kurangi lemak jenuh

Cara terakhir untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat adalah dengan mengurangi lemak jahat. Makan banyak lemak jenuh meningkatkan kadar kolesterol jahat. Lemak jenuh, ditemukan terutama dalam daging merah dan produk susu utuh. Mengurangi asupan lemak jenuh dapat menurunkan low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.