5 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10, Simple & Mudah

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Di Windows 10

Proses pembaruan yang terjadi secara otomatis di Windows 10 mengumpulkan pro dan kontra. Dalam hal keamanan sistem operasi, proses pembaruan sangat disarankan untuk menghindari kesalahan loop di Windows 10.

Namun, bagi Anda yang kesal dengan proses update Windows 10 karena alasan seperti komputer overload, ada beberapa cara mudah untuk menonaktifkan update otomatis di Windows 10.

Ingat: tips berikut tidak berlaku untuk pengguna Windows 10 Home.

Bahkan, sangat disarankan agar Anda terus mengaktifkan pembaruan Windows 10 otomatis. Pasalnya, update dari Microsoft ini dapat memperbaiki kelemahan keamanan yang dapat merusak komputer Anda. Jika penjahat berhasil menyusup ke pelanggaran keamanan, data penting Anda dapat dicuri dan rusak.

Namun, pembaruan Windows 10 seringkali jauh dari sempurna. Pembaruan dapat memperlambat laptop atau PC Anda atau bahkan menguras baterai (untuk laptop) dengan cepat. Oleh karena itu, menonaktifkan pembaruan otomatis dapat menjadi solusi agar komputer tidak memperbarui sistem itu sendiri.

Jadi bisa dibaca dulu apakah update yang diberikan oleh Microsoft sudah sempurna. Dalam hal ini, Anda dapat langsung menginstal pembaruan secara manual.

Cara Menonaktifkan Update Otomatis Di Windows 10, Simple & mudah

Nah, itulah risiko menonaktifkan update otomatis Windows 10. Jika Anda sudah mengetahuinya dan masih ingin menonaktifkannya, baca di bawah ini cara menonaktifkan pembaruan otomatis Windows 10.

Baca Juga :  Tips Dan Trik 5 Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Work 100% Berhasil

1. Disable Windows Update Service

Ini dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • – Buka perintah ‘Run ‘ dengan cara menekan tombol Windows + R secara bersamaan. Sebuah tab akan terbuka dan Anda dapat mengetikkan perintah services.msc dan tekan Enter.
  • – Setelah kotak dialog muncul, temukan layanan Pembaruan Windows dan klik dua kali di atasnya.

Setelah tab Pengaturan ditampilkan, pilih Dinonaktifkan untuk Jenis Status. Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan. Langkah terakhir, restart komputer Anda.

Catatan: Untuk mengaktifkan kembali Pembaruan Windows, cukup ulangi keempat langkah ini, tetapi atur jenis startup ke Otomatis.

2. Konfigurasi REGEDIT

Jika metode di atas masih tidak mengubah pengaturan pembaruan Windows 10, langkah ini mungkin menjadi pilihan terbaik Anda.

Buka menu Start, lalu ketik regedit dan tekan Enter. Satu-satunya pilihan adalah menekan tombol Windows + R secara bersamaan; lalu ketik regedit dan tekan Enter dan OK.

Kemudian pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, lalu SYSTEM, lalu pergi ke CurrentControlSet, lalu Services dan terakhir wuauserv.

Setelah masuk ke Wuaserv, harap edit detail di bawah ini. Untuk melakukan ini, klik dua kali pada nama dan kemudian edit nilainya.

nama keluarga

Data (sebelum)

Data (setelah)

DependOnService

RPCSS

rpcssX

ImagePath

% systemroot% system32 svchost.exe -k netsvcs -p

% systemroot% system32 svchostX.exe -k netsvcs -p

Untuk memastikan Pembaruan Windows mati, restart komputer Anda dan periksa statusnya melalui Task Manager.

Untuk mengakses Task Manager cukup tekan kombinasi tombol: Ctrl + Alt + Del, lalu pilih Task Manager, pilih tab Services dan cari layanan bernama wuauserv.

Jika statusnya Berhenti, pembaruan Windows pasti tidak berjalan.

3. Manfaatkan Local Group Policy Editor

Windows 10 Home tidak akan membiarkan Anda mematikan fitur pembaruan otomatis. Tetapi setidaknya ada satu cara yang dapat membantu Anda memeriksa waktu terbaik untuk memperbarui Windows.

Baca Juga :  Inilah 9 Tips Cara Memilih dan Membeli Laptop Bekas Berkualitas Agar Tidak Tertipu

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Tekan tombol Window + R pada keyboard Anda untuk memunculkan perintah Run.
  • Ketik gpedit.msc dan klik OK untuk membuka Editor Kebijakan Grup Lokal.
  • Pilih langkah-langkah berikut secara berurutan: Computer Configuration → Administration → Templates → Windows Components dan terakhir pilih Windows Update. Setelah Anda melihat daftar dialog di sebelah kanan, temukan Atur pembaruan otomatis dan klik dua kali di atasnya.
  • Dialog Konfigurasi Pembaruan Otomatis muncul. Di sebelah kiri, pilih opsi Diaktifkan untuk mengaktifkan kebijakan. Jika Anda memilih Disabled, Pembaruan Windows akan dinonaktifkan. Untuk pengguna Windows 10 Home, pilih opsi Enabled.
  • Disarankan agar Anda memilih opsi di mana Anda dapat menentukan waktu terbaik untuk menginstal pembaruan dan Anda juga dapat memilih untuk menginstal pembaruan selama pemeliharaan otomatis, pada hari dan waktu tertentu, dan Anda juga dapat memeriksa opsi selama pembaruan sistem operasi.
  • Terapkan pilihan Anda, lalu klik OK.
  • Restart komputer Anda dan voila.

4. Melalui pengaturan Setting

Secara umum, tidak mungkin untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis Windows 10 secara terus menerus atau permanen. Namun, Anda dapat menghentikan pembaruan otomatis ini selama 35 hari dari pengaturan.

Oh ya, pengaturan ini berfungsi di Windows 10 Pro dan Home.

  • 1. Buka Pengaturan.
  • 2. Klik perbarui dan keamanan.
  • 3. Klik Pembaruan Windows.
  • 4. Klik Tombol Opsi Lanjutan.
  • 5. Di bagian “Jeda pembaruan “, gunakan menu tarik-turun dan pilih berapa lama Anda ingin menonaktifkan pembaruan otomatis.
Baca Juga :  Rekomendasi 5 Laptop Murah Dengan Harga 3 Jutaan Cocok Buat Kerja

Jika tanggal yang ditetapkan telah lewat, komputer akan mengaktifkan kembali fungsi pembaruan otomatis. Untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis, ulangi langkah-langkah di atas dan tetapkan tanggal baru.

Sebelumnya, dimungkinkan untuk menonaktifkan fungsionalitas pembaruan otomatis dengan menggunakan layanan pembaruan yang ditangguhkan. Namun, layanan ini tidak lagi ada di Windows 10 baru.

5. Akses ke Kebijakan Grupo Melalu.

Langkah-langkah konfigurasi melalui akses Group Policy hampir sama dengan langkah keempat di atas.

  • Buka RUN, ketik perintah regedit dan enter.
  • Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE, lalu pilih secara berurutan SOFTWARE → Policies → Microsoft → Windows → Windows Update dan terakhir pilih AU. Di sisi kanan kotak dialog yang muncul, buat folder baru dengan mengklik kanan dan memilih DWORD 32-bit, beri nama AuOptions dan atur Value data menjadi 2, lalu klik OK.
  • Langkah terakhir, buka Settings (Win+I) → klik Update & Security → klik Windows Updates. Klik Periksa Pembaruan untuk menerapkan pengaturan, lalu reboot.

Ini adalah cara cepat untuk menonaktifkan fitur pembaruan otomatis Windows 10. Cara-cara di atas bisa diterapkan jika Anda hanya memiliki koneksi internet yang terbatas. Tetapi lebih baik menerapkan opsi pembaruan otomatis jika Anda tidak memiliki masalah seperti ini.

5 Cara Menonaktifkan Update Otomatis Windows 10, Simple & mudah

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.