Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi Secara Mudah, Work 100% Berhasil

Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi

TipsSeo Info – Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi,GIF animasi adalah sumber informasi dan hiburan yang tak ada habisnya. Namun, jika Anda ingin membagikannya atau menggunakannya untuk keperluan pribadi atau bisnis, ukurannya bisa menjadi masalah. Berikut cara mengurangi ukuran GIF animasi.

Format GIF (Graphics Interchange Format) digunakan di internet. Ia mampu menyimpan beberapa gambar dalam file yang sama untuk menampilkan animasi.

Di artikel  Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi Ini menjelaskan kesuksesan mereka dengan masyarakat umum dan penggunaan masifnya di jejaring sosial dan banyak situs web. Anda dapat membuatnya dari foto burst , video, dan bahkan langsung di ponsel cerdas Anda .

Melangkah lebih jauh

Namun, ukurannya dapat dengan cepat menjadi sangat besar dan melebihi beberapa Megabyte. Kami akan menjelaskan kepada Anda cara memperkecil ukuran GIF animasi dengan menggunakan layanan Ezgif.com yang dapat digunakan di smartphone, tablet, atau komputer, apa pun sistem operasi Anda.

BAGAIMANA CARA MENGURANGI UKURAN GIF ANIMASI?

  • Hal pertama yang harus dilakukan untuk Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi : buka situs ezgif.com lalu klik tab Optimize .
  • Unggah file GIF dengan mengklik tombol Pilih File atau dengan memasukkan URL dan terakhir menekan tombol Unggah!
  • Halaman web kemudian menampilkan GIF animasi dan tepat di atas serangkaian alat untuk mengubah tampilan GIF. Klik tombol Optimalkan .
  • Di bawah tampilan GIF diindeks ukuran dalam piksel, jumlah frame (gambar) dan bobotnya.
  • Masih di bawah, ada menu drop-down dengan berbagai opsi pengoptimalan. Secara default, fungsi GIF Lossy dipilih. Ini meningkatkan rasio kompresi, tetapi menghasilkan kerugian. Di sini Anda harus menguji tarif yang berbeda sebelum memilih yang tepat untuk Anda. Cukup tekan tombol Optimalkan GIF! Untuk memulai prosesnya. Pilihan yang bagus, setiap modifikasi memunculkan pratinjau di bawah tombol ini di bagian Gambar yang Dioptimalkan . Selain itu, penguatan dalam byte dan persentase ditampilkan dengan jelas di bawah.
Baca Juga :  7 Laptop Touchscreen Terbaik Dengan Fitur Canggih Dan Harga Ramah Dikantong

DORONG PENGOPTIMALAN UNTUK MENGURANGI UKURAN GIF ANIMASI

Ezgif.com tidak terbatas pada tingkat kompresi saja. Menu drop-down menyediakan akses ke empat fungsi kompresi lainnya selain Lossy GIF.

Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan GIF animasi berdasarkan strukturnya. Berikut adalah semua opsi yang tersedia untuk digunakan secara independen tergantung pada GIF Anda (kompleksitas animasi, jumlah bingkai, kompleksitas grafik dan kolorimetrik) dan ukuran / tujuan rendering visual Anda.

Setelah Anda menerapkan pengoptimalan dan Anda tidak keberatan. Pastikan untuk menekan tombol Optimalkan di bawah area pratinjau. Anda kemudian dapat menerapkan pengoptimalan lain ke GIF yang baru saja Anda ringankan.

Untuk Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi Tidak perlu mencoba menerapkan semuanya, itu akan sering menjadi kontraproduktif. Anda harus menguji masing-masing dan melihat hasilnya.

  • Pengurangan Warna akan bermain pada kolorimetri dengan mengurangi palet yang tersedia (256 warna per piksel nase) dengan Pengurangan Warna . Color Reduction + Dither menambahkan reduksi dithering (menyandingkan beberapa warna untuk mensimulasikan warna yang tidak tersedia di 256 palet warna format GIF). Akhirnya Gunakan Tabel Warna Tunggal untuk semua Bingkai memberlakukan palet unik pada setiap bingkai yang menyusun animasi. Paling baik jika GIF Anda menampilkan sedikit warna.
  • Drop Frames sangat mudah dimengerti, ini akan menghapus frame, gambar dan animasi. Anda dapat menghilangkan bingkai duplikat dengan Hapus bingkai duplikat . Sebagai alternatif, Anda dapat melewati setiap frame kedua ( Hapus setiap frame ke-2 ), setiap frame ketiga ( Hapus setiap frame ke-3 ), atau setiap
  • frame keempat ( Hapus setiap frame ke-4 ). Gunakan dengan bijaksana, karena animasi akan kehilangan kelancaran dan detail. Namun, Anda dapat menghemat banyak ruang.
  • Kompresi GIF lossy , seperti yang terlihat sebelumnya, Anda dapat bermain dengan kecepatan kompresi, tetapi menghasilkan kerugian.
  • Transparansi , file GIF animasi menerapkan filter transparansi untuk mengelola transisi dari satu gambar ke gambar lainnya selama animasi. Jadi, gambar n + 1 akan melihat zona warna yang identik dengan n transparan. Dengan meningkatkan ukuran, Anda akan membuat kisaran warna yang dianggap sama lebih besar. Ini menghasilkan lebih sedikit kehalusan dalam tampilan dan di atas semua itu efektif terutama ketika gambar menyertakan area statis yang luas dan kolorimetri yang dekat. Jangan menerapkannya pada GIF dengan setiap bingkai menampilkan piksel berbeda dalam jumlah yang sangat besar, seperti GIF yang diambil dari video atau serangkaian foto.
  • Coalesce , sebuah fungsi yang tidak boleh digunakan kecuali untuk bug atau GIF yang dirender dengan buruk untuk mencoba meningkatkan rendering, tetapi ini datang dengan biaya pertumbuhan yang sangat besar dalam ukuran file.
Baca Juga :  Spesifikasi Monitor PC Xiaomi Mi 34, Monitor Gaming Terbaik Di Kelasnya

JIKA ITU TIDAK CUKUP?

Sudahkah Anda menggabungkan berbagai fungsi pengoptimalan dan itu masih belum cukup? Di bawah area pratinjau terdapat tombol fungsi yang sangat praktis untuk mengoptimalkan ukuran file Anda.

  • Pangkas hanya digunakan untuk memotong gambar, itu akan menjadi lebih kecil dan karenanya file lebih ringan.
  • Resize memungkinkan Anda untuk mengubah dimensi file, dari 1280 x 1024 menjadi 640 x 480 piksel misalnya. Lebih sederhana lagi, masukkan tingkat pengurangan yang diinginkan sebagai persentase dalam Persentase.
  • Kecepatan memungkinkan Anda untuk mempercepat animasi, yang dapat mengurangi beberapa frame dan menghemat beberapa byte, tetapi tidak banyak.
  • Bingkai memberi Anda akses ke semua gambar yang membentuk GIF animasi Anda. Di sini Anda dapat menghapus satu per satu yang Anda anggap terlalu banyak.
    KASUS PRAKTIS
Baca Juga :  Jarang Shutdown Laptop? Berikut 3 Efek Buruk Yang Akan Merusak Laptop Anda

Setelah melakukan berbagai tes dan mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda hanya perlu menekan tombol Simpan untuk mengunduh versi animasi GIF yang dioptimalkan.

Kami menerapkan Hapus Setiap Bingkai 4 dan mengurangi ukuran itu menjadi 221,25 kb (-21,71%). Dalam kasus khusus ini, Pengurangan Warna tidak memberikan keuntungan, seperti Transparansi .

Terakhir, dengan menerapkan GIF Lossy secara maksimal, kami memperoleh 42,84%, pada file yang sudah dikurangi sebesar 21,71%. Pada akhirnya, dengan sedikit kehilangan kualitas pada tiga bilah berwarna yang membentuk F Frandroid, kami beralih dari 282,6 KB menjadi 126,48 KB, yang membuat pengurangan sebesar -44,75%.

Demikian Ulasan Cara Mengurangi Ukuran GIF Animasi

Situs TipsSeo Info juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.