Bagaimana Cara Menghubungkan Printer Ke Windows 10 Dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghubungkan Printer Ke Windows 10 Dengan Mudah

Menghubungkan printer ke komputer dan laptop Windows 10 adalah proses yang sederhana. Bagi Anda yang baru saja membeli printer tetapi tidak tahu cara menginstal atau menghubungkannya ke perangkat Windows 10, Anda dapat menemukan cara mudah di artikel ini.

Dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda dapat langsung mencetak banyak dokumen ke printer berkabel atau nirkabel dengan menghubungkan printer ke komputer dan laptop Windows 10 berikutnya.

Cara Menghubungkan Printer Ke Windows

1. Menghubungkan printer melalui kabel USB

Biasanya di dalam box pembelian printer yang Anda miliki terdapat kabel USB yang bisa digunakan untuk menghubungkan printer ke komputer atau laptop.

Baca Juga :  Jarang Shutdown Laptop? Berikut 3 Efek Buruk Yang Akan Merusak Laptop Anda

Untuk mulai menghubungkan printer ke Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut:

  • – Pastikan printer terhubung ke sumber listrik dan dihidupkan
  • – Sambungkan kabel USB ke komputer atau laptop Windows 10
  • – Buka Pengaturan di perangkat Windows 10 Anda
  • – Pilih pengaturan perangkat
  • – Pilih opsi Tambahkan printer atau pemindai

Biasanya Windows 10 akan secara otomatis mendeteksi driver printer dan langsung menambahkannya ke daftar printer. Jika Windows 10 tidak mendeteksi driver printer secara otomatis, Anda harus memilih “Printer yang saya inginkan tidak terdaftar ” pilihan. Di kotak dialog yang muncul, pilih salah satu dari 5 opsi deteksi berikut:

  • – “Printer saya sedikit lebih tua. Bantu saya menemukannya “

Opsi ini cocok untuk mereka yang ingin menggunakan pemecah masalah Windows 10 untuk terhubung ke internet dan secara otomatis mencari driver yang benar.

  • – “Pilih printer bersama berdasarkan nama “
Baca Juga :  Tips Dan Trik 5 Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Work 100% Berhasil

Opsi ini dapat digunakan oleh mereka yang ingin menggunakan printer yang sudah terinstal di jaringan, biasanya di lingkungan kerja.

  • – “Tambahkan printer menggunakan alamat TCP / IP atau nama host “

Opsi ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan printer ke perangkat Windows 10 secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet

  • – “Tambahkan printer Bluetooth, nirkabel atau jaringan yang dapat ditemukan “

Opsi ini menghubungkan printer ke perangkat Windows 10 melalui koneksi Bluetooth.

  • – “Tambahkan printer lokal atau printer jaringan dengan konfigurasi manual “

Opsi ini digunakan untuk instalasi printer manual.

Cara Menghubungkan Printer Ke Windows

2. Tambahkan printer melalui WiFi atau kabel Ethernet

Opsi ini adalah cara paling ideal untuk menghubungkan printer secara nirkabel ke perangkat Windows 10. Yang perlu Anda ketahui adalah alamat IP dari printer yang diinstal sebelumnya.

Untuk menghubungkan perangkat Windows 10, masuki Settings> Devices> Printers and scanners> “Printer yang saya inginkan tidak terdaftar “> Add a printer or scanner, kemudian pada dialog yang muncul, pilih opsi “Add a printer using a TCP/IP address or host name “.

Baca Juga :  7 Laptop Touchscreen Terbaik Dengan Fitur Canggih Dan Harga Ramah Dikantong

Kemudian akan muncul kotak dialog lain, pilih opsi “TCP / IP ” dari “Device Type drop-down menu “, lalu ketikkan alamat IP di ” Name “kolom, nama host atau alamat IP ” dan beri nama di kolom “Port ” nama “. Klik Next dan Windows 10 akan mendeteksi printer sehingga Anda dapat menggunakannya nanti.

ITulah Bagaimana Cara Menghubungkan Printer Ke Windows 10 Dengan Mudah

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.