Cara Menggunakan VPN Untuk PC Dan 8 Daftar VPN Terbaik Yang Bisa Dicoba

Cara Menggunakan VPN Untuk PC

Cara Menggunakan VPN Untuk PC Dan 8 Daftar VPN Yang Bisa Dicoba

Jaringan pribadi virtual atau VPN adalah cara untuk melindungi data pribadi di dunia maya dengan menghubungkan perangkat ke banyak titik akses di lokasi yang berbeda. Semakin banyak pengguna yang sadar akan privasi digital dan beralih menggunakan VPN untuk mengakses internet setiap hari.

Selain itu, banyak juga layanan VPN yang digunakan untuk mengakses layanan atau web yang diblokir di suatu negara.

Pada dasarnya, jika Anda menginstal aplikasi VPN, Anda dapat langsung mengakses jaringan VPN dengan antarmuka yang nyaman. Namun, bagi sebagian pengguna yang ingin melindungi penyimpanan internalnya, menggunakan VPN secara manual adalah pilihan terbaik tanpa harus menginstal aplikasi VPN, apa pun layanan VPN-nya.

Satu hal yang perlu diingat, mengunduh aplikasi berarti menggunakan kapasitas penyimpanan. Menggunakan VPN secara manual berarti “bagian ” bagian Konfigurasi sistem dan konfigurasikan secara manual.

Bagaimana cara menggunakan VPN secara manual di Windows 10?

Sebelum Anda dapat menggunakan VPN di Windows 10 tanpa menginstal aplikasi VPN apa pun, Anda harus terlebih dahulu mendaftar ke layanan VPN, baik gratis maupun berbayar. Ini diperlukan karena pengaturan Windows 10 VPN akan meminta informasi login Anda berupa nama pengguna dan kata sandi akun VPN Anda.

Ada banyak layanan VPN gratis yang bisa Anda coba, seperti hide.me, Tunnelbear, dan lainnya. Sedangkan layanan VPN berbayar (VPN premium) seperti NordVPN, ExpressVPN, IPVanish, dll membutuhkan langganan bulanan/tahunan, dengan keunggulan jaringan yang lebih stabil dan kecepatan transfer yang lebih baik.

Baca Juga :  Tips Dan Trik 5 Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Work 100% Berhasil

Layanan gratis yang disebutkan di atas tentu memiliki banyak keterbatasan, seperti beberapa tarif. Artinya, saat Anda menjelajah atau sudah menggunakan sejumlah data tertentu, layanan akan berhenti. Layanan gratis juga sering menawarkan tarif berlangganan dengan fitur premium, seperti browsing tanpa batas menggunakan VPN untuk kecepatan transfer yang lebih cepat.

Jika sudah mendaftarkan akun ke layanan VPN pilihan, maka kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Konfigurasi VPN untuk PC dengan Windows 10

Catat username dan password akun VPN kamu. Kemudian ikuti langkah berikut di PC atau laptop Windows 10 kamu:

Buka Settings > Network & Internet > VPN > Add a VPN Connection

Kemudian isi info pada dialog box yang terbuka, dimulai dari:

  • VPN provider:Windows (built-in)
  • Connection name: Nama koneksi yang kamu inginkan, misal “Test12”
  • Server name or address: Server yang akan kamu gunakan, diambil dari akun VPN yang sudah kamu daftarkan sebelumnya
  • VPN type: Automatic
  • Type of sign-in info: User name and password
  • User name: Isi dengan username VPN kamu
  • Password: Isi dengan password VPN kamu
  • Centang kotak “Ingat detail login saya “, lalu klik tombol Simpan

Menggunakan koneksi VPN yang sudah ada

Setelah Anda membuat profil VPN, Anda sudah dapat menggunakan VPN sebelumnya. Caranya cukup klik nama koneksi yang sudah ditentukan tadi, dalam hal ini “Test123 “. Klik tombol “Connect ” dan Anda sudah terhubung ke VPN tanpa aplikasi tambahan.

Edit atau hapus akun VPN

Jika Anda ingin mengubah detail akun VPN, Anda dapat melakukannya dengan mengklik “Opsi Lanjutan ” dan “Edit ” tombol “. Ini berguna jika akun VPN Anda tidak lagi valid atau Anda hanya ingin memperbarui detail akun VPN Anda, seperti mengubah layanan VPN, server VPN, mengubah nama pengguna, dll.

Layanan VPN Berbayar Windows 10

Setelah mempelajari cara menggunakan VPN di Windows 10, berikut adalah 8 VPN terbaik untuk dipilih. Oh ya, angka di sini tidak menunjukkan peringkat itu sendiri. Terlebih lagi, layanan VPN berbayar menengah juga mendukung berbagai platform seperti iPhone, Android, MacBook, router.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Laptop MacBook Pro M2 Produk Apple Dengan Chip M2 Terbaru

Jika Anda menggunakan layanan berbayar ini, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya. Kemudian mulai aplikasi. Anda tidak perlu menyetel parameter apa pun di bagian Parameter. Aplikasi yang akan mengurus semuanya. Anda hanya perlu menjalankan aplikasi dan memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, maka layanan akan segera berjalan.

1.VPN Ekspres

Layanan ini mengklaim memiliki lebih dari 3.000 server VPN yang tersebar di 160 lokasi dan 94 negara. Plus, ExpressVPN mendukung keamanan Anda dengan enkripsi 256-bit, kebocoran DNS / IPv6, dan perlindungan tunneling terpisah.

ExpressVPN juga mengklaim dapat membuka blokir semua pembatasan nasional pada layanan seperti Netflix.

Selain Windows 10, ExpressVPN juga tersedia untuk Mac, iPhone, Android, dan Linux.

2. NordVPN

Layanan ini mengklaim memiliki lebih dari 5.500 server VPN yang tersebar di 59 negara. NordVPN juga sudah menggunakan keamanan enkripsi 256-bit.

NordVPN memiliki tiga jenis protokol VPN yang bisa Anda pilih, yaitu IKEv2/IPsec, OpenVPN, dan NordLynx.

Salah satu hal terpenting, NordVPN mengklaim bahwa layanan mereka sangat cepat.

Selain Windows 10, NordVPN juga tersedia di hampir semua platform utama lainnya.

3. CyberGhost Vpn

CyberGhost mengklaim memiliki 6.505 server VPN di 90 negara. Layanan ini juga membutuhkan koneksi yang cepat dan bandwidth yang tidak terbatas.

Selain itu, CyberGhost mengklaim menggunakan enkripsi tingkat militer. Artinya layanan ini dapat memberikan tingkat keamanan yang tinggi. Anda juga dapat memutar film di Netflix, BBC, Disney + tergantung pada negara VPN.

Sama seperti layanan lainnya, CyberGhost hadir di hampir semua platform utama seperti Windows 10, Mac, Linux.

4. Private Internet Access

Layanan ini mengklaim memiliki 3.395 server VPN di 44 negara. Dengan kata lain, Anda dapat memiliki koneksi dengan 44 negara.

Layanan standar, seperti kemampuan untuk membuka blokir negara layanan streaming seperti Netflix dan BBC iPlayer. Seperti diketahui, Netflix memblokir atau membatasi film di semua negara. Ini berarti film Netflix Indonesia akan berbeda dengan film di AS. Ini terkait dengan lisensi.

Baca Juga :  Jarang Shutdown Laptop? Berikut 3 Efek Buruk Yang Akan Merusak Laptop Anda

Kemudian layanan Private Internet Access juga menyediakan layanan P2P atau torrent tanpa batas.

Layanan ini juga tersedia untuk berbagai platform utama seperti Windows 10, MacOS X, Linux.

5. IP Vanish

Layanan ini memiliki 1.400 server VPN di 75 lokasi. VPN ini seharusnya dapat membuka blokir “block ” untuk pembatasan nasional aplikasi Netflix. IP Vanish juga memiliki sistem keamanan dengan enkripsi 256-bit.

Seperti layanan VPN lainnya, IP Vanish juga tersedia untuk semua platform utama, dari Windows hingga Linux.

6. Surfshark vpn

Layanan VPN PC ini memiliki lebih dari 1.700 server virtual yang berlokasi di 64 negara. Salah satu kelebihannya adalah Surfshark tidak membatasi jumlah perangkat yang menjalankan satu akun VPN Anda secara bersamaan.

Jadi, dengan menggunakan satu akun, Surfshark VPN dapat bekerja di beberapa perangkat sekaligus.

Menariknya, layanan Surfshark ini memiliki masa garansi uang kembali 30 hari.

7.Zenmate VPN

Layanan VPN terbaik kedua untuk PC adalah ZenMate. Layanan ini mengklaim memiliki server virtual di 73 negara.

Seperti Surfshark, ZenMate hadir dengan garansi 30 hari, jika tidak puas bisa meminta refund. ZenMate juga dapat melewati batasan Netflix AS.

8.UltraVPN

Layanan UltraVPN mengklaim memiliki 1.000 server yang tersebar di 100 negara. Mereka juga gratis 6 bulan dengan periode berlangganan tertentu.

Seperti layanan VPN lainnya, Anda akan dapat membuka Netflix yang dibatasi negara.

Nah, apakah Anda sudah tahu cara menggunakan VPN di Windows 10? Layanan VPN apa yang Anda gunakan?

Cara Menggunakan VPN Untuk PC Dan 8 Daftar VPN Terbaik Yang Bisa Dicoba

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.