Cara Menggunakan Camcorder Atau Webcam Laptop Untuk Konferensi, Sekolah, Dan Rapat Online

Cara menggunakan camcorder atau webcam laptop

Cara menggunakan camcorder atau webcam laptop

Camcorder laptop atau webcam sudah menjadi kebutuhan penting bagi mereka yang bekerja dengan laptop. Terutama ketika Anda perlu menghubungi kolega atau pelanggan dari jarak jauh. Saat rapat sulit, rapat virtual menggunakan laptop menjadi alternatif utama.

Namun, kamera wearable ini terkadang sulit digunakan atau ditemukan. Ada juga laptop dengan kamera yang rusak secara default, sehingga diperlukan webcam eksternal untuk dapat mengadakan rapat virtual dengan gambar dan suara yang tajam.

Untuk mengakses kamera laptop atau webcam Anda dengan mudah, Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Cara menggunakan kamera di laptop Windows

Sebagian besar vendor menawarkan laptop dengan kamera portabel built-in. Bisa dikatakan hampir semua laptop, baik entry-level maupun high-end, sudah dilengkapi dengan webcam.

Berbagai vendor, termasuk Dell, mengizinkan modifikasi untuk menghapus kamera bawaan yang dapat dikenakan berdasarkan permintaan pembeli. Sebelum melanjutkan dengan metode ini, pastikan terlebih dahulu laptop Windows Anda memiliki kamera bawaan.

Sederhana saja, lihat saja bagian atas atau bawah layar, ada lensa kamera atau tidak. Jika demikian, kemungkinan besar laptop Anda dilengkapi dengan webcam. Jika tidak, Anda perlu membeli webcam eksternal.

Untuk menggunakan webcam di laptop, pastikan kamera berfungsi. Salah satu cara termudah untuk mencobanya adalah dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan.

1. Setelah memastikan Anda memiliki kamera bawaan, klik menu Start di pojok kiri bawah. Kemudian ketik “camera ” untuk menemukan aplikasi Windows default.

2. Klik ikon kamera di bagian atas dan aplikasi akan terbuka secara otomatis. Tunggu hingga kamera laptop menyala. Biasanya ditunjukkan dengan lampu LED kecil di sebelah lensa dan jendela kamera memperlihatkan wajah Anda.

3. Di jendela aplikasi Kamera, Anda dapat mengklik tombol “Capture ” sebagai ikon kamera untuk mengambil foto dan menyimpannya ke Folder “Camera Roll ” di drive C.

Baca Juga :  Kenali 5 Alasan Dan Solusi Untuk Memperbaiki Jaringan WiFi Yang Menurun

Lalu bagaimana cara menggunakan webcam untuk aplikasi video chat, seperti Zoom, Google Class, Google Hangouts? Sederhana saja, software akan otomatis mendeteksi dan menyalakan webcam di laptop. Tidak diperlukan konfigurasi khusus untuk dapat menggunakan webcam. Kemudian tinggal nyalakan aplikasinya, kamera juga akan menyala secara otomatis.

Anda juga dapat memilih kamera mana yang akan digunakan. Pengaturan kamera di aplikasi ini biasanya ditemukan di bagian Pengaturan, lalu di tab Video atau Input.

Cara menggunakan kamera di laptop MacBook

Apple masih merilis MacBook dengan kamera portabel terintegrasi. Cara mengetes kamera laptop Mac juga mudah. Ikuti langkah ini:

1. Tekan Command + Space untuk membuka aplikasi Spotlight. Kemudian ketik kata Photo Booth untuk menemukan aplikasi Photo Booth di MacBook Anda.

2. Klik aplikasi Photo Booth di hasil pencarian Spotlight untuk membukanya. Tunggu sebentar. Saat kamera dihidupkan, lampu hijau di sebelah lensa juga menyala. Anda juga dapat melihat wajah Anda muncul di aplikasi Photo Booth.

3. Sesuaikan arah kamera karena objek apa pun di bingkai Photo Booth akan menjadi bagian dari foto atau video Anda. Setelah yakin, klik tombol “capture ” berupa ikon kamera. MacBook Anda akan secara otomatis mengambil foto dan menyimpannya di aplikasi Foto.

4. Perbedaan MacBook dan Windows adalah konektivitasnya dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone atau iPad. Setelah mengambil foto, jika Anda mengaktifkan fitur Stream Foto, foto tersebut juga dapat dilihat di iPhone atau iPad Anda.

Nah, cara menggunakan webcam di MacBook untuk aplikasi video chat ini juga sama seperti di versi Windows. Aplikasi akan secara otomatis mendeteksi kamera internal dan menyalakannya saat dibutuhkan. Tanda bahwa kamera Anda telah digunakan adalah lampu LED hijau di sebelah lensa kamera depan.

Cara menggunakan webcam eksternal

Seperti yang telah disebutkan, selain kamera laptop terintegrasi, Anda juga dapat menggunakan webcam eksternal. Webcam eksternal umumnya memiliki resolusi gambar yang lebih baik dan sudut pandang yang lebih fleksibel. Tentu saja, Anda perlu membawa perangkat terpisah.

Menggunakan webcam eksternal itu sederhana. Rata-rata perangkat seperti ini sudah mendukung teknologi plug-and-play. Jadi tidak perlu khawatir. Namun untuk lebih jelasnya, ikuti panduan di bawah ini.

1. Mulailah dengan menghubungkan webcam eksternal ke laptop. Laptop Windows biasanya menggunakan koneksi USB A atau USB C, sedangkan MacBook dapat menggunakan koneksi USB, Thunderbolt, atau USB C.

Baca Juga :  Inilah 6 Kesalahan Menjadi Blogger Pemula Yang Wajib Diketahui Dan harus Di Hindari

2. Jika webcam eksternal Anda membutuhkan aplikasi, silakan unduh dan instal terlebih dahulu. Namun, tidak semua webcam eksternal memerlukannya. Rata-rata, cukup tancapkan ke laptop dan bisa otomatis terdeteksi (plug-and-play).

3. Kemudian anda bisa langsung membuka aplikasi kamera bawaan laptop, mengikuti cara yang sudah disebutkan oleh BukaReview diatas. Terlebih lagi, Anda juga bisa langsung membuka Skype, Google Hangouts, atau aplikasi lain yang membutuhkan kamera portabel.

Rekomendasi produk untuk webcam eksternal

Apakah Anda ingin membeli webcam eksternal untuk rapat, konferensi, atau kursus online? Ada beberapa produk yang bisa kamu beli di Bukalapak dengan harga terjangkau.

1.Zhfu Zen Webcam

Bagi Anda yang sedang mencari webcam dengan kualitas tinggi dan harga yang terjangkau, Zhfu Zen Webcam layak menjadi pilihan.

Webcam Zhfu Zen ini memiliki resolusi hingga 2 MP dengan kualitas gambar Quad HD dan frame rate hingga 30 f/s serta dilengkapi dengan built-in microphone dengan kualitas audio super jernih.

Webcam ini memiliki desain dan build quality yang mumpuni bahkan dilengkapi dengan ring light yang akan membuat streaming dan video meeting menjadi lebih baik.

Selain itu, kamera ini juga memiliki pengaturan eksposur otomatis default, sehingga Anda dapat dengan mudah mengatur pencahayaan di dalam ruangan agar objek tetap terlihat jelas meskipun sering berpindah posisi.

Penggunaannya juga sangat sederhana berkat metode plug and play tanpa perlu menginstal apapun di PC atau laptop. Webcam ini dilengkapi braket yang bisa diputar ke berbagai arah sehingga praktis bisa diatur posisinya di laptop atau PC.

Webcam Zhfu Zen dibanderol dengan harga Rp520.000. Namun kini ada diskon besar-besaran di Harbolnas Bukalapak dan kamu bisa membelinya hanya dengan Rp 239.040. Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan akses langsung ke sikat webcam terbaik dan paling terjangkau untuk rapat dan pelatihan online yang lebih lancar!

2. Kamera web Logitech C270

Webcam jenis ini memiliki resolusi maksimal 1280x720p, sehingga dapat menangkap gambar dengan resolusi yang sangat maksimal. Selain itu, perangkat ini juga kompatibel dengan monitor 16:9. Oleh karena itu, akan memberikan pengalaman video yang sangat memuaskan. Untuk mengambil foto atau video, webcam jenis ini telah dilengkapi dengan kamera beresolusi 3MP. Kamera ini juga memiliki fitur pesan instan yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video dengan sangat cepat.

Baca Juga :  Cara Terbaru Akun WhatsApp Agar Tidak Dibajak, Dijamin Work 100% Berhasil

3. Genius Facecam 1000x

Produk webcam 1000x Facecam Genius ini tidak kalah canggihnya dengan produk webcam brand lainnya. Mampu menghasilkan gambar yang tidak kalah tajam meski hanya memiliki sensor gambar HD 720p dan resolusi 1 megapiksel. Dimensi webcam Genius facecam 1000x adalah 20x22x60 mm, dengan warna hitam pekat. Ada juga fungsi lensa fokus manual yang membuat video lebih tajam.

4.Havit HV N5086

Model webcam Havit ini dilengkapi dengan lensa 4P 2M dengan kualitas F2.8, resolusi hingga 640 x 480 piksel, perekaman video dalam mode AVI dan CIF serta perekaman video pada frame rate maksimum 30 fps/pada model VGA. Dengan spesifikasi yang beragam dapat bekerja dengan baik dan lancar untuk melakukan video call.

5. Webcam M Tech Wb 100

Ini adalah webcam yang dilengkapi dengan mikrofon yang akan memudahkan komunikasi Anda. Dengan desain yang mudah ditempatkan di mana saja, baik itu desktop atau monitor dan laptop, inilah salah satu keunggulan webcam ini.

Selain itu, engselnya membuat webcam ini sangat mudah diarahkan kemana saja sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan webcam ini, Anda dapat dengan mudah melakukan panggilan video dengan orang lain.

6.Prolink PCC5020

Webcam Prolink PCC5020 ini memiliki resolusi 1280×960, serta resolusi dasar 5 MP. Anda dapat merekam video secara bebas dengan webcam ini karena daya rekam video mencapai 30 frame per detik. Oleh karena itu, selain dapat mengambil gambar atau foto dengan kamera eksternal ini, Anda juga dapat melakukan panggilan video atau video chat di komputer Anda. Atur konferensi online jarak jauh dengan rekan kerja dan terlibat dalam aktivitas lain.

Seperti, cara menggunakan webcam atau kamera wearable itu mudah bukan? Pastikan untuk membaca tips kami untuk menemukan webcam luar ruangan terbaik untuk Anda.

Demikian Ulasan Cara menggunakan camcorder atau webcam laptop

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.