Bagaimana Cara Mengetahui Obat Palsu Dan Menghindarinya

Cara Mengetahui Obat Palsu Dan Menghindarinya

Dr Endang Lukitaningsih, ahli farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), mengatakan konsumsi obat palsu sangat berbahaya bagi tubuh karena efektivitasnya belum terbukti secara medis dan mungkin mengandung bahan berbahaya.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, narkoba jelas sudah tidak asing lagi di kehidupan ini. Nyeri yang berkisar dari ringan hingga berat.

Namun, di tengah maraknya penjualan obat-obatan, ada masyarakat yang diuntungkan dari pemalsuan berbagai obat.

Bagaimana Cara Mengetahui obat palsu Dan Menghindarinya

Pakar farmasi UGM mencontohkan obat palsu adalah obat yang dibuat oleh orang atau lembaga yang tidak memiliki izin produksi.

“Tidak layak edar atau obat kadaluarsa yang dijual kembali juga termasuk obat palsu “, jelasnya , dikutip dari laman ugm.ac.id.

Baca Juga :  Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Sehat Dengan Cepat, 100% berhasil

Maraknya peredaran obat palsu di pasaran membuat sulit dibedakan dengan obat asli. Namun, ada sejumlah perbedaan yang ditemukan di antara keduanya.

Endang mengatakan, salah satu ciri obat palsu adalah tabletnya mudah diremukkan, bahkan terkadang keras. Kondisi ini terjadi karena obat palsu diproduksi dengan standar kualitas yang lebih rendah.

Kedua, kemasan dan bentuk fisiknya berbeda. Meskipun dibuat dengan cara yang mirip dengan obat aslinya, biasanya terdapat perbedaan yang terlihat pada kemasannya, baik dalam warna maupun tulisan.

Selain itu, tulisannya juga mudah luntur dan biasanya tidak ada tanggal kadaluarsa dan nomor registrasi yang tidak serasi.

Endang mengimbau masyarakat untuk membeli obat-obatan dari gerai resmi, seperti apotek yang berizin dan terpercaya. Kemudian, periksa label pada kemasan obat.

Baca Juga :  Berikut 7 Cara Menghilangkan Bekas Cupang di Leher Dalam Waktu Singkat

“Periksa label pada kemasan obat, termasuk nomor izin edar obat, nama dan alamat produsen, serta tanggal kadaluarsa,” jelasnya.

  • Periksa kemasan obatnya.
  • Pastikan obat yang Anda beli selalu tersegel dengan baik.
  • Sehingga warna dan tulisan pada kemasan masih bagus, tidak luntur dan tidak ditemukan cacat lainnya.
  • Mengidentifikasi efek dari obat yang digunakan. Setelah minum obat, efek yang dirasakan sesuai dengan klaim penggunaan obat. Misalnya parasetamol untuk menurunkan demam.

“Untuk memastikan obat tersebut asli atau palsu, bisa dicek di laman BPOM ,” ujarnya.

Demikian ulasan Bagaimana Cara Mengetahui obat palsu Dan Menghindarinya

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Baca Juga :  Inilah 7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Mudah

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.