Panduan Lengkap 5 Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lupa Sandi Dengan Mudah

Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lupa Sandi

Panduan Lengkap 5 Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lupa Sandi Dengan Mudah

Pertanyaan kata sandi selalu menjadi masalah. Pasalnya, beberapa akun yang Anda miliki pasti memiliki kata kunci yang berbeda. Sama halnya dengan Windows 10. Terkadang Anda mungkin lupa kata sandi hanya karena Anda sudah lama tidak menggunakan komputer/laptop.

Nah, jika Anda lupa password di Windows 10, kini ada beberapa cara untuk mereset password Anda dengan mudah. Apa sarananya?

Untuk mengatur ulang kata sandi di Windows 10, Anda perlu mengetahui sistem operasi Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengetahui versi Windows yang Anda gunakan. Setelah Anda tahu versi mana yang Anda gunakan, berikut adalah empat tip sederhana untuk mereset kata sandi di Windows 10.

1. Hubungkan menggunakan petunjuk

Cara pertama untuk menemukan kata sandi adalah dengan menggunakan petunjuk. Ya, Anda bisa mendapatkan petunjuk jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan versi 1909 dan yang lebih baru.

Karena biasanya saat Anda membuat akun Windows, Anda memiliki opsi untuk membagikan petunjuk kata sandi bawaan. Nah, tips ini bisa mencegah Anda mengingat password yang sudah ada.

Untuk mendapatkan petunjuk saat memasukkan kata sandi, Anda dapat melakukannya dengan memasukkan kata sandi yang Anda ingat. Setelah gagal, instruksi akan muncul di bawah kotak kata sandi di bawah ini, memberi tahu Anda kata sandi apa yang Anda miliki. Jika Anda ingat untuk memasukkan kata sandi dan masuk ke Windows, Anda bisa.

2. Dengan aplikasi keamanan akses

Solusi selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika lupa password Windows 10 adalah dengan menjawab pertanyaan keamanan. Jika Anda menjalankan Windows 10 dengan versi 1803 ke atas, ini sepenuhnya mungkin. Pasalnya, dalam rilis ini, Anda perlu membuat pertanyaan keamanan sebelum membuat akun Windows. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • 1. Pertama coba masukkan password yang anda ingat terlebih dahulu.
  • 2. Setelah itu, Anda akan menerima pesan “Sandi salah “.
  • 3. Klik tombol ‘OK ‘ di layar.
  • 4. Kemudian layar akan menampilkan opsi “Reset password “. Klik pada opsi.
  • 5. Selanjutnya, pertanyaan keamanan akan muncul di layar.
  • 6. Jawab semua pertanyaan yang diberikan.
  • 7. Jika benar, Anda akan diizinkan untuk membuat kata kunci baru.
  • 8. Masukkan kata sandi baru dan konfirmasi.
Baca Juga :  7+ Software Antivirus Terbaik Untuk PC & Laptop Gratis 2022

Setelah semua proses berjalan lancar, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk dengan kata sandi baru.

Tentu saja, Anda perlu mengingat jawaban dari pertanyaan keamanan. Jika Anda tidak ingat, Anda mungkin diminta untuk me-restart Windows 10.

3. Atur ulang kata sandi Windows 10 untuk versi 1803 dan sebelumnya

Windows 10 versi 1803 dan sebelumnya tidak memiliki fitur pertanyaan keamanan. Oleh karena itu, pengaturan ulang kata sandi sebenarnya tidak dimungkinkan untuk versi Windows 10 ini.

Jika Anda masih ingin menggunakan PC atau laptop Windows 10, satu-satunya cara adalah dengan mereset Windows 10. Satu hal yang perlu diperhatikan, mereset Windows 10 akan menghapus data, aplikasi, dan pengaturan Anda secara permanen.

Jika Anda mencadangkan data Anda secara teratur, pemulihan Windows 10 tidak akan menjadi kerugian besar. Namun, jika Anda jarang menyimpan data, jelas akan mengganggu.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk mengarsipkan atau mencadangkan data Anda secara berkala ke media penyimpanan lain.

Untuk mereset Windows 10, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • 1. Tekan tombol Shift pada keyboard Anda sambil mengklik tombol daya Windows 10 dengan mouse.
  • 2. Klik Restart di kanan bawah layar.
  • 3. Ucapkan ‘layar “Choose an option “, klik “Pemecahan Masalah ” > “Reset PC ini “.
  • 4. Pilih “Hapus semua “. Jika Anda memilih opsi lain, Anda akan tetap dimintai kata sandi lama saat ingin masuk.

4. Atur ulang kata sandi Anda menggunakan disk pengaturan ulang kata sandi

Cara reset password di Windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Password Reset Disk. Anda memerlukan USB flash disk untuk “membuat ” disk reset sandi ini. Saran kami, buat aplikasi sekarang ketika Anda menginstal atau menginstal Windows 10 baru di PC. Cara melakukannya sebagai berikut:

  • 1. Pastikan Anda masuk dengan akun lokal. Ini tidak dapat dilakukan dengan akun Microsoft.
  • 2. Colok USB flash drive untuk PC.
  • 3. Di kotak pencarian di bilah tugas, ketik “buat disk pengaturan ulang kata sandi “.
  • 4. Kemudian pilih “Create password reset disk ” dari hasil pencarian.
  • 5. Di bagian “Saya lupa kata sandi saya “, klik Berikutnya. Pilih USB flash drive yang diinginkan, lalu klik Next.
  • 6. Ketik kata sandi Anda saat ini dan klik Berikutnya. Ketika wizard selesai, klik Finish.
  • 7. Lepaskan USB flash drive. Simpan di tempat yang aman di mana Anda dapat dengan mudah mengingatnya. Tidak perlu membuat disk baru saat mengubah kata sandi, meskipun Anda mengubahnya beberapa kali.
Baca Juga :  6 Merk Laptop Terbaik Dan Berkualitas Yang TipsSeo Rekomendasikan Untuk Anda

Jika Anda telah membuat disk pengaturan ulang kata sandi dan lupa kata sandi Anda, cukup colokkan USB flash drive ke PC Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • 1. Masukkan kata kunci yang Anda ingat.
  • 2. Jika tidak berhasil, opsi reset kata sandi akan ditampilkan di bawah kotak.
  • 3. Kemudian klik opsi dan layar wizard reset password akan muncul.
  • 4. Pada layar, pilih “Next ” untuk melanjutkan proses reset password.
  • 5. Kemudian pada menu selanjutnya anda akan diarahkan ke pilihan drive untuk memasukkan password.
  • 6. Kemudian masukkan kata kunci yang diinginkan pada menu berikut. Gunakan kata sandi yang mudah diingat dan berikan instruksi untuk segera mengingatnya.
  • 7. Konfirmasikan kata sandi dan Anda dapat menggunakan kata sandi baru.

Mudah, kan?

5. Ubah kata sandi menggunakan Windows Password Rescuer

Anda mungkin mengatakan bahwa ini adalah cara terbaik untuk menyimpan kata sandi di Windows 10. Ya, Anda dapat membuka laptop / komputer dengan Windows Password Rescuer. Anda hanya perlu laptop lain untuk menggunakannya.

Windows Password Rescuer dapat digunakan tidak hanya pada Windows 10, tetapi juga pada versi lain seperti Windows 8, Windows 7, Windows Vista dan Windows XP. Pada dasarnya, aplikasi ini adalah penyelamat untuk membuka kembali komputer/laptop yang terkunci.

Jadi bagaimana menggunakannya? Itulah caranya.

  • 1. Download dan install Windows Password Rescuer di laptop/komputer lain.
  • 2. Saat aplikasi ini muncul, masukkan flashdisk sehingga ada pilihan untuk menggunakan perangkat USB.
  • 3. Setelah memilih flash yang akan digunakan, pilih “Start Recording ” untuk menjalankan aplikasi ini. Biasanya hanya membutuhkan waktu 30 detik untuk menyelesaikan seluruh proses.
  • 4. Setelah proses selesai, cabut flashdisk.
  • 5. Masukkan pada komputer/laptop yang passwordnya anda lupa.
  • 6. Kemudian nyalakan komputer/laptop dengan mode boot dan pilih untuk menggunakan USB boot.
  • 7. Aplikasi Windows Password Rescuer kemudian akan berjalan secara otomatis dan mengumpulkan data dari semua akun yang Anda gunakan.
  • 8. Kemudian klik “Administrator ” untuk mereset password di laptop/komputer.
  • 9. Klik “Pulihkan ” dan konfirmasi.
  • 10. Setelah itu, laptop/komputer tidak lagi diproteksi password.
  • 11. Kemudian klik “Reboot ” dan hapus flashdisk yang terpasang.
  • 12. Klik “Yes ” dan restart komputer/laptop Anda.
  • 13. Setelah itu, Anda dapat masuk ke Windows 10 tanpa kata sandi.
Baca Juga :  Cara Instal Windows 10 Dengan Mudah Dan Cepat, 100% Berhasil

Jadi berikut adalah beberapa tips untuk mengatur ulang kata sandi Windows 10. Jadi bagaimana Anda membuat kata sandi yang kuat dan mudah diingat? Lihat langkah-langkah di bawah ini.

Kiat untuk membuat kata sandi yang kuat dan mudah diingat

Setelah Anda dapat login ke komputer/laptop Anda, berikut beberapa tips untuk membuat password yang kuat dan mudah diingat. Bagaimana? Simak saja penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan karakter yang panjang

Saat membuat password, yang terpenting adalah bisa mengingatnya kembali. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan kata kunci dengan minimal 8 karakter atau lebih. Namun, semakin panjang kata sandi, semakin baik.

2. Masukkan simbol dalam kata sandi

Selain menggunakan 8 karakter atau lebih, Anda juga dapat menggunakan simbol pada kata kunci yang Anda gunakan. Karena dengan menggunakan token password yang Anda gunakan akan semakin mempersulit orang lain untuk membobolnya.

3. Gunakan variasi angka dan huruf

Penggunaan angka dan huruf yang bervariasi juga bisa menjadi pilihan lain untuk membuat password. Karena dengan begitu kata kunci yang Anda masukkan menjadi semakin sulit ditemukan. Misalnya, kata sandi yang diketik “passwordakuapaya ” akan lebih baik lagi jika “Passw0rdKuap4ya! “.

4. Jangan gunakan tanggal lahir

Cobalah untuk tidak memasukkan informasi pribadi apa pun dalam kata sandi yang Anda gunakan. Karena sangat mudah untuk diikuti. Juga, tanggal lahir, tanggal pernikahan dan lain-lain. Jika memungkinkan, gunakan kata sandi lain.

Itulah tips sederhana untuk mereset password Windows 10 dan cara membuat password yang bisa Anda lakukan. Satu hal yang perlu diingat, Anda tidak perlu panik ketika Anda lupa password Windows 10 Anda. Santai dan pelajari cara membuka laptop/komputer dengan cara di atas.

Demikian Panduan Lengkap 5 Cara Mengatasi Windows 10 Yang Lupa Sandi Dengan Mudah

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.