5 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Meningkatkat Kualitas Tidur Anda

Tidur malam yang baik adalah bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan. Jika Anda sulit tidur, bisa jadi itu adalah gejala insomnia.

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang sulit untuk tertidur. Akibatnya, tubuh akan kurang istirahat. Tidak cukup istirahat dapat mempengaruhi suasana hati dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Anda juga mungkin lebih berisiko mengalami depresi, obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

5 Cara Mengatasi Insomnia Untuk Meningkatkat Kualitas Tidur Anda

Berikut cara mengatasi insomnia yang bisa meningkatkan kualitas tidur, seperti dikutip dari WebMD:

Cara Mengatasi Insomnia Untuk Meningkatkat Kualitas Tidur

1. Latihan Olah raga

Berolahraga setiap hari adalah salah satu solusi terbaik untuk insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan secara keseluruhan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga :  6 Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan Tubuh Mulai Nyeri Haid Hingga Kanker

Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa terjaga dan penuh energi. Namun, hindari berolahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur karena rentan akan kecapean.

2. Jadwal tidur

Mempraktikkan kebersihan tidur yang baik dan kebiasaan tidur yang baik dapat membantu mengatasi insomnia. Anda dapat mencoba untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur setiap hari.

Tetapkan waktu yang teratur untuk tidur dan bangun sehingga tubuh Anda terbiasa tidur pada waktu tersebut. Anda juga harus menghindari tidur siang di siang hari. Dengan cara ini Anda akan lebih lelah sebelum tidur.

3. makanan

Apa yang Anda makan dan minum juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Diet sehat memiliki banyak manfaatbagi tubuh, Tapi pastikan Anda tidak makan dalam porsi besar di jam-jam sebelum tidur.

Baca Juga :  Cara Mencegah Cacar Monyet Dan Penularannya Yang Harus Dipahami

Ini juga berlaku untuk alkohol dan kafein. Kafein dan alkohol dapat mempengaruhi kualitas tidur atau membuat sulit untuk tertidur. Berhenti minum kafein di sore hari dan hindari alkohol setelah makan malam.

Salah satu solusi paling populer untuk insomnia adalah minum susu hangat atau chamomile sebelum tidur. Keduanya diyakini memiliki efek pada otak yang membuat lebih mudah tertidur.

4. Pengaturan pencahayaan

Saat ruangan gelap, lebih mudah untuk tidur, Gunakan tirai tebal untuk menghalangi cahaya yang mungkin membangunkan Anda atau cobalah tidur dengan masker tidur.

Ini juga berlaku untuk cahaya buatan, Hindari menonton TV atau menggunakan ponsel atau tablet Anda sebelum tidur.

Spektrum penuh cahaya dari perangkat elektronik memiliki efek stimulasi, sehingga sulit untuk tertidur. Sebaliknya, cobalah sesuatu yang menenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau mandi sebelum tidur.

Baca Juga :  Cara Tips Melancarkan Haid Dengan Benar Secara Alami, 100% berhasil

5. Relaksasi

Jadikan kamar tidur nyaman dan kondusif untuk relaksasi dengan meredupkan lampu, menurunkan suhu jika memungkinkan, dan mengurangi kebisingan. Barang-barang seperti headphone dan mesin white noise dapat membantu.

Berikut beberapa penyebab seseorang menderita insomnia:

  • – Stres, kecemasan atau depresi
  • – Kondisi tidur yang tidak nyaman, seperti tempat tidur, suhu atau cahaya.
  • – Kebisingan
  • – penggunaan obat
  • – Jam kerja tidak teratur
  • – Alkohol, kafein atau nikotin.

Itulah Cara Mengatasi Insomnia Untuk Meningkatkat Kualitas Tidur

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.