5 Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

5 Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

Koneksi ke Internet sudah menjadi kebutuhan penting, terutama untuk kegiatan belajar dan pendidikan di rumah. Salah satu cara untuk mengakses Internet kapan saja, di mana saja adalah dengan menggunakan modem Wi-Fi.

Modem WiFi itu sendiri juga dikenal sebagai MiFi. Ini adalah perangkat modem dengan kemampuan Wi-Fi. Untuk mendapatkan koneksi Internet, modem ini menggunakan jaringan seluler operator. Biasanya jaringan yang didukung adalah 4G. Dengan hadirnya 5G, tidak menutup kemungkinan kita akan segera bisa mendapatkan MiFi 5G.

Seperti perangkat elektronik lainnya, modem Wi-Fi bukannya tanpa masalah. Beberapa masalah yang sering terjadi pada modem Wi-Fi adalah modem tidak dapat terhubung ke Internet dan perangkat tidak dapat terhubung ke MiFi.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah gangguan modem Wi-Fi? Simak solusinya di bawah ini!

1. Mulai ulang modem Wi-Fi

Masalah yang paling umum bagi pengguna internet adalah kehilangan sinyal atau kurangnya akses internet. Coba mulai ulang modem Wi-Fi.

Baca Juga :  Cara Update Browser Google Chrome Dengan Mudah Untuk Perbaiki Bug Terbaru 2022

Siapa tahu ada bug kecil di software modem WiFi sehingga Anda perlu mematikannya sebentar, sebelum akhirnya bisa digunakan kembali. Seringkali masalah modem WiFi bisa langsung diselesaikan dengan cara sederhana seperti ini.

2. Pastikan jaringan Wi-Fi komputer Anda diaktifkan

Ya, kedengarannya konyol. Namun, kita sering tanpa sadar mematikan jaringan Wi-Fi di komputer, laptop atau ponsel. Oleh karena itu, perangkat tidak dapat terhubung ke modem WiFi sama sekali. Untuk trik ini, kesalahan tidak terjadi pada MiFi Anda, tetapi pada perangkat.

3. Tidak dapat terhubung ke modem Wi-Fi

Anda mungkin telah memasukkan kata sandi WiFi dengan benar, tetapi perangkat Anda masih tidak dapat terhubung ke modem WiFi. Bagaimana memperbaikinya?

Ada beberapa solusi yang bisa Anda lakukan. Pertama, dekatkan modem Wi-Fi ke perangkat yang ingin Anda sambungkan. Mungkin ada penghalang antara perangkat dan modem. Misalnya, ada dinding yang tebal.

Jika masih tidak berhasil, coba reset MiFi. Terkadang ada konflik di sisi perangkat lunak, jadi Anda perlu mengatur ulang modem Wi-Fi.

Jika tidak, coba “lupakan jaringan ” di perangkat Anda, baik itu ponsel atau laptop. Kemudian temukan nama Wi-Fi lagi dan masukkan kata sandi lagi. Terkadang ada konflik dalam sistem, jadi Anda harus memulai dari awal.

Baca Juga :  Demikian Daftar 11 Keyboard Gaming Terbaik Yang Bisa Jadikan Referensi Untuk Di Beli

Masih tidak ada pekerjaan? Anda dapat mencoba mengatur ulang modem Wi-Fi. Dengan cara ini semua pengaturan akan diatur ulang ke awal. Kemudian Anda dapat mencoba mengulangi semua pengaturan sebagai perangkat baru.

Metodenya cukup sederhana. Pada bodi MiFi biasanya terdapat tombol reset. Tombol ini biasanya terletak di belakang penutup baterai. Cabut saja casingnya, maka Anda akan menemukan tombolnya.

Oh iya, untuk melakukan reset harus nyalakan modemnya dulu ya.

4. APN Anda meminta untuk berubah

APN adalah singkatan dari Access Point Name. Setiap kartu SIM atau penyedia harus memiliki konfigurasi yang berbeda. Misalnya Anda menggunakan kartu Indosat, tetapi APN yang Anda gunakan adalah APN Telkomsel, pasti akan ada gangguan. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa APN yang digunakan sudah benar untuk melihat atau mengubah pengaturan APN normal.

Setiap merek modem pasti akan memberikan menu yang berbeda dari yang lain. Namun, biasanya ditemukan di menu “Pengaturan> Preferensi Konfigurasi> Manajemen Profil “.

5. Cara memperbaiki modem yang gagal terhubung

Ini adalah salah satu masalah yang paling umum. Modem tidak ingin terhubung atau terhubung ke Internet.

Ada beberapa skenario yang dapat menyebabkan hal ini. Salah satunya, modem Wi-Fi Anda berada di luar jangkauan sinyal seluler operator. Anda mungkin bepergian ke luar kota dan sinyal seluler Anda yang ada mungkin tidak sebaik di tempat normal. Solusinya, Anda perlu mencari tempat dengan sinyal yang lebih baik.

Baca Juga :  Begini Cara Transfer Pulsa Telkomsel Terbaru Menggunakan Dua Cara Sederhana.

Lupa membayar atau memuat ulang paket Internet yang terdapat pada modem Wi-Fi juga dapat menjadi bagian dari masalah. Atau kuota data habis. Solusinya isi kuota internet modem Wi-Fi terlebih dahulu.

Ini mungkin pertanyaan sepele, tetapi sering diabaikan. Pastikan kartu SIM terpasang dengan benar. Terkadang saat bepergian, modem Wi-Fi dapat membeku dan kartu SIM dapat bergerak.

Masalah lain yang mungkin adalah bahwa Internet sedang down. Padahal, masalah ini cukup langka, terutama untuk jaringan seluler di Indonesia. Meski begitu, masih ada peluang. Oleh karena itu, pastikan bahwa layanan internet benar-benar diaktifkan.

Jika semua solusi ini masih tidak berhasil, coba salah satu langkah terakhir yang mungkin bisa membantu Anda. Restart modem Wi-Fi, yang Anda tahu adalah konflik perangkat lunak. Ya, reboot bisa menjadi jawaban dari banyak masalah.

Demikian Ulasan 5 Cara Mengatasi Gangguan WiFi Tidak Ada Koneksi Internet

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.