Baterai Cepat Habis? Berikut 7 Cara Mengatasi Baterai Tetap Awet Tahan Lama

Mungkin Anda salah satu yang merasa baru sebentar menggunakan smartphone Android, karena baterai sudah habis lagi? Bahkan jika saat ini rasanya hampir mustahil untuk memisahkan kita dari smartphone walau hanya sesaat. Apalagi jika Anda membutuhkan smartphone untuk keperluan penting seperti bekerja atau berkencan dengan teman.

Jika Anda termasuk orang yang selalu bepergian sepanjang hari, daripada khawatir mengikuti tips di bawah ini, ada baiknya Anda memilih ponsel dengan baterai besar. Samsung Galaxy A12 dan Samsung Galaxy A02s misalnya, memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh yang cukup bertenaga untuk mengisi daya ponsel seharian.

Selain itu, didukung dengan teknologi pengisian cepat adaptif 15W, kedua ponsel Samsung dapat langsung siap digunakan, meskipun hanya diisi sebentar.

Cara Mengatasi Baterai Tetap Awet Tahan Lama

Baterai Cepat Habis? Berikut 7 Cara Mengatasi Baterai Tetap Awet Tahan Lama

Dengan cara ini kebutuhan aktivitas mobile Anda akan selalu terpenuhi, baik Anda sedang bekerja, sekedar bermain atau browsing jejaring sosial favorit Anda.

Baca Juga :  Tutorial 6 Cara Install Aplikasi Video Bokeh Full HD Terbaik di Ponsel Android

1. Cari tahu aplikasi mana yang menguras baterai Android

Salah satu keuntungan menggunakan Android adalah sistem operasinya sangat terbuka terhadap informasi yang penting bagi penggunanya. Salah satunya adalah mengetahui aktivitas penggunaan baterai.

Anda dapat melihat ini dengan masuk ke menu Pengaturan> Baterai. Cari tahu aktivitas aplikasi mana yang menguras baterai Anda. Jika Anda tidak sering menggunakannya, hapus instalannya dan masalahnya terpecahkan.

2. Mode hemat energi

Android hadir dengan mode hemat daya dimana smartphone Android Anda akan secara otomatis memilih aktivitas mana yang tidak boleh Anda lakukan karena akan menguras baterai.

Biasanya, ini akan menghapus animasi di aplikasi, mematikan sinkronisasi latar belakang, mematikan layanan lokasi, dan mengurangi tingkat kecerahan layar.

Lebih ekstrim lagi, smartphone Samsung dan Huawei memiliki fitur Ultra Power Saving Mode, yang membuat smartphone Anda hanya bisa melakukan panggilan dan mengirim pesan teks.

3. Atur Kecerahan layar ponsel

Ada dua cara untuk mengatur kecerahan, secara manual atau dengan mengaktifkan fitur kecerahan otomatis di Android Anda. Semakin terang cahaya yang dipancarkan dari layar, semakin banyak baterai yang akan digunakan.

Baca Juga :  11 Recomendasi Aplikasi Edit Foto PC Dan Laptop Terbaik, Gratis 2022

4. Rawat baterai

Masa pakai baterai smartphone menurut informasi dari semua produsen adalah 10.000 pengisian ulang. Kuncinya adalah perawatan baterai. Salah satu cara untuk berhati-hati adalah jangan sampai baterai smartphone terlalu panas.

Kebiasaan seperti meletakkan smartphone di dashboard mobil atau menggunakannya di luar ruangan pada siang hari, serta meningkatkan kecerahan untuk mengimbangi cahaya yang terlalu terang, akan membuat baterai tidak dapat digunakan.

Perawatan penting lainnya adalah dengan sistem 10-90. Artinya, Anda tidak akan melepas smartphone dari pengisi daya jika belum mencapai 90% dan Anda tidak akan membiarkan baterai turun di bawah 10%.

5. Mode pesawat saat sinyal buruk

Berada di titik buta operator seluler Anda mencegah ponsel cerdas Anda menerima sinyal. Dalam situasi seperti itu, ponsel cerdas Anda akan secara otomatis terus mencari sinyal.

Proses ini sangat menguras baterai, dan karena bagian-bagian mesin masih bekerja, itu akan menghasilkan panas, yang juga akan menyebabkan baterai menjadi terlalu panas karena posisinya yang tertutup.

Baca Juga :  Rekomendasi 9+ Situs Wallpaper HD Gratis Yang Dapat Dijadikan Rujukan Mendownload Wallpaper

6. Layanan lokasi batasi

Hampir semua aplikasi saat ini mengharuskan GPS diaktifkan. GPS di beberapa aplikasi masih berfungsi saat Anda tidak menggunakan aplikasi, Anda dapat mengubahnya di menu layanan lokasi dan menentukan aplikasi mana yang benar-benar Anda perlukan untuk tetap menggunakan GPS, seperti Maps.

7. Kosongkan cache

Google Play memainkan peran penting dalam menguras baterai Android. Namun, Anda tidak dapat menghapusnya begitu saja, karena Google Play memainkan peran penting sebagai saluran komunikasi antara aplikasi dan sistem.

Tetapi Anda dapat mengurangi penggunaan baterai Google Play dengan masuk ke menu Pengaturan> Aplikasi> Semua> Layanan Google Play, lalu ketuk opsi Hapus cache. Ini akan mengurangi penggunaan baterai sistem. Anda bisa melakukannya secara berkala, misalnya sebulan sekali.

Itulah 7 Cara Mengatasi Baterai Tetap Awet Tahan Lama

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.