4 Cara Mengambil Tangkapan Layar Di Mac Anda

4 Cara Mengambil Tangkapan Layar Di Mac Anda

Jika Anda memiliki jenis Mac modern, ada tiga cara dasar untuk mengambil tangkapan layar dengan pintasan keyboard, dan jika Anda memiliki MacBook Pro dengan Touch Bar, ada juga metode keempat. . Perangkat lunak macOS Apple juga menawarkan sejumlah opsi untuk dengan mudah menyimpan, menghapus, dan membuka tangkapan layar untuk markup.

Kiat-kiat ini juga berlaku untuk Mac terbaru, karena Apple baru-baru ini memperbarui MacBook Pro 13 inci dengan chip M2 baru, sementara MacBook Air serupa akan segera hadir, dengan perombakan fisik yang jauh lebih dalam.

Cara Mengambil Tangkapan Layar Di Mac

Metode 1: Cmd-Shift-3

Tombol pintas ini mengambil tangkapan layar dari layar penuh.

Metode 2: Cmd-Shift-4

Gunakan kombinasi tombol ini untuk mengubah kursor menjadi garis bidik, yang dapat Anda seret untuk memilih bagian layar yang akan diambil. Lepaskan tombol mouse atau touchpad untuk mengambil foto.

Metode 3:  Cmd-Shift-4:

Tekan dan lepaskan bilah spasi – jendela bidik berubah menjadi ikon kamera kecil, yang dapat Anda pindahkan ke jendela mana pun yang terbuka. Klik pada jendela pilihan Anda untuk mengambil tangkapan layar. Tangkapan layar yang diambil dengan metode ini menunjukkan batas putih di sekitar jendela dengan bayangan.

Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Laptop MacBook Air Dilengkapi Chip Terbaru M2

Tahan bilah spasi (setelah menyeret untuk menyorot suatu area tetapi sebelum melepaskan tombol mouse atau trackpad): ini mengunci bentuk dan ukuran area pilihan, tetapi memungkinkan Anda mengubah posisinya di layar. Ini sangat berguna jika area pemilihan awal berada di luar beberapa piksel; cukup tahan bilah spasi untuk mengubah posisi sebelum melepaskan tombol mouse untuk mengambil tangkapan layar.

Tahan Shift (setelah menyeret untuk menyorot suatu area tetapi sebelum melepaskan tombol mouse atau trackpad): mengunci semua sisi area pemilihan crosshair kecuali tepi bawah, memungkinkan Anda untuk menggerakkan mouse ke atas atau di bawah untuk menempatkan tepi bawah.

Tanpa melepaskan tombol mouse, lepaskan tombol Shift dan tekan lagi untuk memposisikan ulang tepi kanan area pilihan. Anda dapat beralih antara menggerakkan tepi bawah dan tepi kanan dengan menahan tombol mouse atau trackpad dan menekan tombol Shift.

Metode 4: Cmd-Shift-5

Perintah pintasan yang diperkenalkan di MacOS Mojave pada tahun 2018, Cmd-Shift-5 membuka panel kecil di bagian bawah layar dengan opsi tangkapan layar. Ada tiga tombol tangkapan layar yang memungkinkan Anda menangkap layar penuh, jendela, atau pilihan layar.

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Laptop Murah Dengan Harga 3 Jutaan Cocok Buat Kerja

Selain itu, dua tombol perekaman video memungkinkan Anda merekam seluruh layar atau pilihannya. Di sebelah kiri ada tombol X untuk menutup panel tangkapan layar, tetapi Anda juga dapat menekan tombol Esc untuk keluar.

Di sisi kanan ada tombol Opsi. Ini memungkinkan Anda memilih tempat menyimpan tangkapan layar: Desktop, Dokumen, Clipboard, Mail, Pesan, Pratinjau, atau lokasi lain dan mengatur penundaan 5 atau 10 detik sehingga Anda dapat menangkap item yang mungkin hilang saat Anda mengaktifkan alat. layar.

Secara default, opsi Tampilkan gambar mini mengambang diaktifkan, yang menyisipkan gambar kecil pratinjau kecil dari tangkapan layar di sudut kanan bawah layar, mirip dengan mengambil tangkapan layar dengan iOS. Tidak seperti iPhone Anda, Anda dapat menonaktifkan panel pratinjau ini di Mac Anda. Terakhir, Anda dapat memilih untuk menampilkan penunjuk tetikus pada tangkapan layar atau video.

Jika panel tangkapan layar menghalangi, Anda dapat mengambil tepi kirinya dan menyeretnya ke lokasi baru di layar.

Bonus Touch Bar MacBook: Cmd-Shift-6

Jika Anda memiliki MacBook Pro 15 atau 16 inci yang lebih lama atau MacBook Pro 13 inci saat ini, yang merupakan model terbaru dengan Touch Bar, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar dari apa yang saat ini ditampilkan di Touch Bar. Cukup tekan Cmd -Shift-6 untuk mengambil tangkapan layar yang sangat besar dan tipis dari Touch Bar Anda.

Baca Juga :  PC Vs Laptop? Panduan Memilih Yang Terbaik Bagi Anda Gamer Pemula

Jika Anda mengadopsi gambar mini seluler, Anda akan memiliki akses cepat ke alat markup untuk memberi anotasi pada tangkapan layar Anda. Anda dapat menyeret thumbnail mengambang atau membiarkannya menyeret dengan sendirinya dan itu akan menyimpan tempat Anda menyimpan tangkapan layar terakhir. Klik pada gambar mini mengambang dan itu akan terbuka di jendela pratinjau tampilan anotasi (tetapi tidak ada pratinjau) dengan semua alat anotasi yang Anda dapatkan di pratinjau.

Anda dapat mengklik kanan pada gambar mini mengambang untuk:

Tangkapan layar Mac yang lebih lama bisa lambat untuk mengadopsi pintasan Cmd-Shift-5, tetapi saya menemukan diri saya menggunakannya lebih banyak sehingga saya dapat membubuhi keterangan tangkapan layar tanpa harus membuka Pratinjau dan dengan cepat menghapus tangkapan layar yang langsung saya ketahui telah saya kacaukan. Opsi penundaan 5 dan 10 detik juga berguna dan merupakan tambahan yang disambut baik.

Demikian 4 Cara Mengambil Tangkapan Layar Di Mac Anda

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.