Bagaimana Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram Untuk Keamanan

Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram

Apakah Anda sering khawatir akun Instagram Anda diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Atau pernahkah Anda mengalami kecelakaan jika tidak bisa login ke akun Instagram Anda? Tenang, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram untuk melindungi akun Anda dari peretas.

Ya, kata sandi sekarang tidak dianggap terlalu kuat untuk melindungi akun media sosial. Untuk alasan ini, otentikasi dua faktor diperlukan untuk meningkatkan keamanan akun.

Dengan otentikasi dua faktor, setelah memasukkan kata sandi untuk masuk, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode tambahan yang dikirim melalui SMS atau melalui aplikasi pihak ketiga. Akun juga lebih aman dan terlindungi dari peretasan.

Jadi bagaimana cara mengaktifkan otentikasi dua faktor di Instagram? Lihat langkah-langkah berikut.

Sebelumnya Instagram mendukung otentikasi dua faktor melalui SMS. Namun baru-baru ini, Instagram menambahkan dukungan untuk otentikasi dua faktor menggunakan aplikasi pihak ketiga.

1. Cara mengaktifkan autentikasi dua faktor dengan aplikasi pihak ketiga

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor menggunakan aplikasi pihak ketiga, silakan lihat langkah-langkah berikut.

  • 1. Buka menu “Setelan ” di Instagram, lalu pilih opsi “Otentikasi dua faktor “.
  • 2. Klik “Mulai “. Selanjutnya, Anda akan menemukan dua opsi otentikasi dua faktor, yaitu melalui SMS atau aplikasi.
  • 3. Pilih opsi autentikasi dua faktor dengan aplikasi autentikasi pihak ketiga atau “Aplikasi autentikasi “. Instagram akan menyarankan untuk menginstal aplikasi Google Authenticator sebagai aplikasi otentikasi pihak ketiga untuk digunakan.
  • 4. Kemudian pilih opsi “Install application “. Selanjutnya, Anda akan diarahkan saat membuka aplikasi Google Play Store atau App Store, untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Google Authenticator.
  • 5. Setelah menginstal Google Authenticator, kembali ke ‘Otentikasi Dua Faktor ‘ di Instagram, lalu pilih aktifkan ‘App Authenticator ‘.
  • 6. Layar konfirmasi dari Google akan muncul untuk menambahkan Instagram ke daftar otentikasi. Pilih OK untuk menerima.
  • 7. Selanjutnya, akun Instagram Anda akan terdaftar di Google Authenticator. Dukungan keamanan otentikasi dua faktor untuk Instagram Anda juga aktif.

Berikut cara mengaktifkan autentikasi dua faktor dengan aplikasi pihak ketiga. Namun, bagi Anda yang tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan, Anda dapat mengaktifkan otentikasi dua faktor melalui SMS. Lihat langkah-langkah berikut.

2. Cara mengaktifkan otentikasi dua faktor dengan SMS

Untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor melalui SMS, silakan lihat langkah-langkah berikut.

  • 1. Buka menu “Setelan ” di Instagram, lalu pilih opsi “Otentikasi dua faktor “.
  • 2. Klik “Mulai “. Selanjutnya, Anda akan menemukan dua opsi otentikasi dua faktor, yaitu melalui SMS atau aplikasi.
  • 3. Pilih opsi untuk otentikasi dua faktor melalui SMS atau ‘Pesan teks ‘.
  • 4. Akan muncul kolom kosong dari nomor kode 6. Instagram akan mengirimkan kode otentikasi ke nomor ponsel yang terdaftar di akun Instagram Anda. S ‘il n ‘ ya pas de kode masuk dans le SMS, vous pouvez renvoyer le code en cliquant sur “Envoyer nouveau le code” tout en bas ou memodifikasi nomor ponsel Anda melalui opsi “Ubah nomor telepon “.
  • 5. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas dengan melengkapi kode dan mengklik “Next “, dua- dukungan keamanan faktor otentikasi untuk Instagram Anda memenuhi syarat.

Berikut cara mengaktifkan otentikasi dua faktor melalui SMS. Otentikasi dua faktor melalui SMS mungkin tampak lebih sederhana, tetapi menggunakan aplikasi otentikasi pihak ketiga seperti Google Authenticator masih dianggap jauh lebih aman.

Memang, pesan SMS yang kita terima selalu cenderung dilihat oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, dan juga sangat berbahaya jika ponsel kita hilang saat itu juga.

Demikian ulasan Bagaimana Cara Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Instagram Untuk Keamanan

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.