4 Cara Mencadangkan Chat WhatsApp Ke ICloud Dengan Mudah

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp

4 Cara Mencadangkan Chat WhatsApp Ke ICloud Dengan Mudah

Apakah Anda ingin mencadangkan data obrolan WhatsApp di iPhone? Pengguna iOS memiliki layanan cloud yang berbeda untuk cadangan dari Android. Sementara pengguna Android mengandalkan Google Drive, aplikasi WhatsApp di iPhone mengandalkan iCloud untuk layanan pencadangan.

Dengan kata lain, ketika Anda menggunakan WhatsApp di iPhone, Anda tidak dapat mentransfer data ke Android. Dan sebaliknya.

Pasalnya, data iCloud tidak bisa terhubung dengan WhatsApp di Android. Selain itu, data Google Drive tidak dapat ditautkan ke WhatsApp di iOS.

Sekali lagi, disarankan agar Anda selalu membuat cadangan agar percakapan tidak terputus. Masih tidak tahu cara membuat cadangan data obrolan WhatsApp di iPhone? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara membuat cadangan WhatsApp ke iCloud di iPhone.

1. Cadangkan obrolan WhatsApp secara manual

Untuk mencadangkan data secara manual di iPhone Anda, Anda dapat melakukan pengaturan di ponsel Anda kapan pun Anda mau. Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, pilih Pengaturan> Obrolan> Obrolan cadangan> Cadangkan sekarang.

Baca Juga :  8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Smartphone Yang Bisa Anda Gunakan

Jika Anda menggunakan iPhone, riwayat obrolan WhatsApp tidak disimpan di server WhatsApp yang dipilih. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan fitur cadangan iCloud untuk mencadangkan dan memulihkan obrolan WhatsApp saat Anda ingin berpindah perangkat.

Namun, perhatikan bahwa pesan dan pengaturan media yang didukung iCloud tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp.

Oh ya, untuk melakukan backup ini, iPhone Anda harus terhubung ke Apple ID. Dengan cara ini, akun iCloud Anda aktif dan dapat digunakan. Pastikan juga kapasitas iCloud masih tersedia. Juga, ubah pengaturan cadangan ke Wi-Fi hanya untuk menghemat kuota data.

2. Cadangan obrolan otomatis

Tidak cukup untuk mem-backup percakapan di WhatsApp saat Anda ingin mengganti iPhone. Agar lebih nyaman, Anda dapat mengaktifkan pencadangan otomatis terjadwal dengan mengetuk Auto Backup.

Setelah memilih menu ini, Anda dapat memilih frekuensi pencadangan yang diinginkan, Anda dapat memilih pencadangan harian, mingguan, dan bulanan. Perintah ini akan mencadangkan obrolan dan file media Anda ke akun iCloud Anda.

Baca Juga :  10 Aplikasi Membuat Video Animasi Gratis Android Dan iOS 2022

Anda juga dapat menentukan apakah Anda ingin menyimpan video untuk cadangan atau tidak. Proses mencadangkan data ke iCloud mungkin memakan waktu lama, tergantung pada koneksi internet dan ukuran data cadangan.

3. Kirim percakapan WhatsApp melalui email

Seperti yang disebutkan di awal artikel, Anda tidak dapat memindahkan percakapan dari file cadangan iCloud ke Android. Namun, Anda masih dapat menyimpan percakapan email Anda. Jadi jika Anda perlu membaca ulang percakapan, Anda dapat memeriksanya di email Anda.

Caranya cukup sederhana, yaitu:

  • 1. Buka obrolan individu atau grup yang ingin Anda simpan di email.
  • 2. Ketuk kontak atau nama grup.
  • 3. Ketuk Ekspor obrolan.
  • 4. Pilih apakah Anda ingin melampirkan file media atau mengirim percakapan tanpa file media.
  • 5. Buka aplikasi Mail. Anda juga dapat mengetuk Lainnya untuk mengakses menu tambahan.
  • 6. Masukkan alamat email Anda, lalu kirim.

4. Mencadangkan data Anda memudahkan untuk beralih dari satu perangkat ke perangkat lainnya

Memang, Apple banyak dipilih karena fitur-fiturnya yang canggih, tetapi apakah Anda akan tetap menggunakan perangkat yang sama? Anda kemungkinan akan mengganti perangkat Apple dengan yang baru. Untuk ini, Anda hanya dapat menyimpan data konfigurasi di iCloud menggunakan ID Apple.

Baca Juga :  Daftar 30+ Aplikasi Berbahaya Android Yang Mengandung Malware 2022

Sebelumnya tentunya Anda harus membuat Apple ID terlebih dahulu. Tidak sulit, hanya dengan beberapa langkah membuat akun, Anda dapat menikmati berbagai layanan Apple yang nyaman.

Jadi, jika Anda sudah memiliki ID Apple, data yang Anda simpan di perangkat Apple lama Anda dapat dipulihkan secara instan saat Anda membeli perangkat baru.

Proses backup data iCloud akan terjadi secara otomatis setiap kali Anda mengisi daya iPhone atau iPad Anda. Namun proses ini juga bisa dilakukan secara manual dengan membuka menu Setting dan memilih iCloud > Backup > Back Up Now.

Untuk kamu yang berencana membeli perangkat iOS baru, tidak perlu ragu dan takut kehilangan data atau chat WhatsApp, kamu bisa membackup semuanya melalui iCloud.

Itulah 4 Cara Mencadangkan Chat WhatsApp Ke ICloud Dengan Mudah

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.