4 Cara Menambang Bitcoin Agar Kamu Sukses Dan Berhasil

Cara Menambang Bitcoin

Cara Menambang Bitcoin Agar Kamu Sukses Dan Berhasil

Mungkin Anda salah satu orang yang tergiur dengan Bitcoin. Tentu saja, nilai tukarnya mencapai Rp 800 juta untuk 1 buah Bitcoin! Bahkan saat ini nilai tukar rupiah tetap stabil di Rp 700 juta.

Mengingat nilai tukar yang sangat tinggi, Anda mungkin juga ingin memegang Bitcoin. Siapa yang tidak ingin punya banyak uang?

Jadi bagaimana tepatnya Anda mendapatkan Bitcoin (milik saya)? Apakah sulit untuk tidak menambang Bitcoin? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya ya!

Apa yang dimaksud dengan penambangan bitcoin?

Bahkan, Anda bisa mendapatkan Bitcoin “gratis “. Bagaimana cara menambang Jadi apa arti sebenarnya dari penambangan Bitcoin? Artinya harus masuk gua dengan cangkul, bagaimana cara mencari emas?

Untungnya, Anda tidak perlu pergi ke gua di tengah pegunungan untuk mendapatkan Bitcoin. Anda hanya perlu PC atau komputer dan beberapa perangkat lunak.

Untuk memahami cara menambang Bitcoin, ada baiknya mempelajari proses perdagangan Bitcoin terlebih dahulu. Uang digital dipertukarkan secara peer-to-peer antar pengguna. Tidak ada perantara lain antara penjual dan pembeli. Bukan melalui bank atau lembaga lain.

Tentu saja, agar resmi dan aman, harus ada pihak ketiga yang memverifikasi. Orang yang bertanggung jawab untuk verifikasi adalah apa yang kita sebut perekam transaksi. Menariknya, pencatatan transaksi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda. Syaratnya adalah memiliki alat-alatnya, yaitu PC atau komputer dan software.

Baca Juga :  4 Tips Berinvestasi Emas Agar Menguntungkan Untuk Pemula

Dari sini saja sudah terlihat bahwa pencatat transaksi juga bisa disebut penambang. Dengan mencatat atau memverifikasi transaksi, Anda dapat membuat atau menambang Bitcoin baru sebagai gantinya!

Meski terdengar mudah, pendaftaran atau verifikasi sebenarnya melewati proses keamanan yang sangat kompleks. Bitcoin dilindungi dengan tingkat keamanan yang tinggi, biasanya masalah matematika yang sangat kompleks.

Maka dibutuhkan spesifikasi yang sangat tinggi dan PC yang tangguh agar masalah matematika dapat diselesaikan dengan cepat. Komputer dengan spesifikasi tinggi memastikan decoding lebih cepat.

Sederhananya, penambang membantu memastikan bahwa proses perdagangan Bitcoin berlanjut dan aman.

Pada awalnya kami menyebut kata “gratis “. Bahkan, jika Anda menghitungnya, itu juga tidak terlalu gratis. Alasannya, listrik dan sumber daya yang digunakan untuk pertambangan bisa sangat besar. Mendapatkan satu bitcoin bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Bayangkan PC Anda bekerja selama satu tahun untuk saya. Belum lagi PC kelas atas umumnya mengkonsumsi banyak listrik. Jadi ya, menambang tidak seindah dan semudah yang kita bayangkan. Dibutuhkan banyak modal dan kesabaran untuk mendapatkan chip bitcoin ini.

Nah, setelah mengetahui proses penambangan bitcoin, mari kita pelajari caranya di poin-poin berikut.

1: Cara menambang Bitcoin menggunakan CPU

Saat Anda mulai menambang, Anda dapat memilih sumber daya komputer atau PC mana yang paling sering Anda gunakan. Salah satunya adalah CPU atau prosesor.

Baca Juga :  Langkah UMKM Sebelum Go Digital Yang Harus Di Lakukan

Pada hari-hari awal penambangan bitcoin, ada banyak prosesor yang dipilih untuk penambangan. Sehingga banyak yang membeli prosesor tercanggih untuk proses penambangan ini.

Namun, semakin sedikit yang memilih prosesor sebagai sumber daya utama mereka. Alasannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tambang sangat lama. Mungkin perlu berbulan-bulan bagi Anda untuk melihat hasil yang kecil.

Jadi mengapa CPU masih digunakan untuk menambang hari ini? Ya, karena menambang dengan metode ini sangat mudah dilakukan. Meski menggunakan laptop, meski tidak disarankan.

Jadi ya, metode ini digunakan oleh orang yang santai dan tidak terlalu mencari bitcoin. Nah, nyalakan komputer Anda kemudian biarkan penambangan berjalan perlahan.

2: Cara Menambang Bitcoin menggunakan GPU

Akhir-akhir ini kita sering mendengar bahwa GPU tercanggih kehabisan stok, meskipun mahal. GPU sekelas RTX3080 bisa habis meski harganya mencapai puluhan atau puluhan juta rupiah.

Mencari kalibrasi, ternyata GPU atau kartu grafis menjadi incaran para penambang Bitcoin. Alasannya adalah penambangan GPU adalah salah satu cara tercepat untuk mendapatkan Bitcoin.

Ya, untuk menambang Bitcoin lebih cepat kita menggunakan GPU yang bagus daripada CPU. Jadi jangan heran jika Anda melihat komputer dengan 2 hingga 8 GPU sekaligus. Tujuannya bukan lagi untuk bermain, tetapi untuk menambang Bitcoin dengan cepat.

Modalnya sangat penting, bisa mencapai 50 juta rupiah. Namun, hasilnya bisa mencapai miliaran rupiah. Berapa banyak, kan?

Baca Juga :  Rekomendasi 5 Saham Reksa Dana Terbaik Dalam Sejarah Sekuritas Indonesia

3: Cara menambang Bitcoin menggunakan rig penambangan (ASIC)

Application Specific Integrated Circuits (ASICs) adalah perangkat khusus yang digunakan untuk satu tugas. Dalam hal ini, ini tentang menambang uang digital.

Menambang bitcoin dengan rig penambangan ini sangat cepat dibandingkan dengan penggunaan CPU dan GPU. Oleh karena itu paling banyak diburu, sehingga keberadaan produknya bisa dibilang agak langka dan sangat mahal di pasaran.

Meski mampu melakukan operasi penambangan cepat, platform penambangan ASIC ini juga menimbulkan banyak kontroversi. Platform penambangan yang kuat seperti itu dianggap tidak adil.

4: Cara menambang Bitcoin menggunakan cloud Mining

Seperti yang dirangkum oleh Bitdegree, Cloud Mining adalah proses di mana Anda dapat menyewa perangkat orang lain (biasanya perusahaan besar) untuk ditambang.

Durasi penyewaan perangkat biasanya tergantung pada kesepakatan. Perusahaan penambangan awan ini biasanya memiliki banyak rig penambangan yang digunakan khusus untuk menambang Bitcoin. Jumlah perangkatnya sendiri bisa mencapai ratusan.

Bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk menambang Bitcoin, cara ini mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Modalnya tidak terlalu besar, dari 500 dollar AS menjadi 5.000 dollar AS.

Itulah 4 Cara Menambang Bitcoin Agar Kamu Sukses Dan Berhasil

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.