5 Cara Memulihkan Dokumen MS Word Yang Terhapus Atau Hilang Sebelum Disimpan

Ketika Anda telah menulis banyak tetapi file tiba-tiba menghilang, karena tidak sengaja terhapus, dipindahkan atau tidak disimpan, Anda mungkin merasa sangat kesal.

Tapi jangan takut, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya.Penyebab hilangnya dokumen MS Word bisa karena banyak hal seperti listrik mati secara tiba-tiba, komputer atau laptop mati secara tiba-tiba atau file yang tidak sengaja terhapus.

Untuk menghindari kehilangan dokumen MS Word, Anda harus selalu menyimpan tulisan tangan Anda agar tidak hilang jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Cara Memulihkan Dokumen MS Word Yang Terhapus

5 Cara Memulihkan Dokumen MS Word Yang Terhapus Atau Hilang Sebelum Disimpan

Tetapi jika Anda kehilangan dokumen penting MS Word, Anda masih dapat memulihkan dokumen MS Word. Begitulah:

1. Periksa Recycle Bin

Jika dokumen MS Word yang terhapus secara tidak sengaja berada di memori internal komputer atau laptop, biasanya file tersebut akan berada di Recycle Bin.

Baca Juga :  Microsoft Meningkatkan Aplikasi Foto Windows 11 Dengan Integrasi OneDrive

Langkah ini adalah yang pertama dan paling aman. Buka Sampah dan temukan dokumen yang ingin Anda pulihkan. Klik kanan dokumen, lalu klik Kembalikan. Selanjutnya, dokumen akan kembali ke folder aslinya.

2. Temukan file cadangan Word

Jika Anda tidak dapat menemukan file MS Word di Sampah, Anda dapat menemukan file cadangan Word dengan membuka folder tempat dokumen MS Word terakhir yang hilang berada.

Cari file pencarian dengan format . Wbk “untuk menemukan file cadangan.

Selain itu, Anda juga dapat membuka tab File lalu klik Open. Di bawah opsi Jenis File yang mengatakan Semua Dokumen Word, ubah ke Semua File. Klik file cadangan yang Anda temukan di folder, lalu klik Buka.

Namun pastikan Anda sudah mencentang opsi Always Create a Backup Copy yang ada di tab File, lalu klik Opsi di kotak dialog Opsi Word. Terakhir, klik Simpan dan hanya itu.

3. Cari file AutoRecovery

Untungnya, karena MS Word juga dilengkapi dengan fitur auto restore atau pemulihan otomatis yang dapat mengembalikan file yang belum disimpan ketika laptop atau komputer Anda tiba-tiba mati.

Baca Juga :  5 Cara Perbaiki Foto Blur Tanpa Aplikasi Agar Lebih Jelas Dan Eksotik

Saat laptop bisa dihidupkan kembali, buka dokumen MS Word kosong atau file MS Word sebelumnya yang belum disimpan. Kemudian, di sebelah kiri dokumen, kotak dialog untuk memulihkan dokumen akan muncul.

Pilih file yang disimpan otomatis di dalam kotak. Fitur ini sangat berguna karena dapat menyimpan dokumen secara otomatis setiap 10 menit tergantung pada pengaturan MS Word.

Namun, jika kotak dialog Pengambilan Dokumen tidak muncul secara otomatis, Anda dapat menemukannya secara manual dengan membuka tab File dan memilih Terbaru. Di bagian bawah lokasi terbaru, ada opsi folder Pulihkan Dokumen yang Tidak Disimpan

Buka folder dan temukan folder UnsavedFiles. Di sana Anda dapat mencari file dalam format “. Dengan format “, maka file dokumen yang belum disimpan akan dibuka.

4. Temukan file sementara

Dokumen MS Word yang kami buat berisi file-file sementara yang dapat Anda temukan di folder ‘Temp ‘. Namun, folder ini tersembunyi dan tidak dapat diakses dari luar. Anda harus menemukannya di kolom pencarian dengan mengetik “.tmp “.

Baca Juga :  Berikut 4 Cara Blokir Situs Pornografi Di Browser Internet Dengan Mudah

Atau bisa juga langsung ketik “~ ” untuk mencari file-file sementara MS Word.

Temukan file yang tanggalnya terakhir kali Anda mengedit dokumen. Anda dapat membuka file dalam format di atas, menggunakan Notepad.

5. Penggunaan aplikasi pihak ketiga

Jika dokumen MS Word masih tidak ditemukan, Anda juga dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan dokumen.

Ada banyak pilihan aplikasi pemulihan data yang bisa Anda dapatkan secara gratis atau berbayar, antara lain WonderShare, Recuva, Undelete 360, Stellar Data Recovery, dan masih banyak lagi.

Cara Memulihkan Dokumen MS Word Yang Terhapus

Ini adalah 5 Cara Memulihkan Dokumen MS Word Yang Terhapus Atau Hilang Sebelum Disimpan.

Salah satu cerita di atas dapat diterapkan ketika file MS Word hilang atau terhapus secara tiba-tiba. Ini bisa berguna!

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.