10+ Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & iPhone Terbaru 2022

Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & iPhone

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Smartphone Android menjadi hal yang dicari terutama bagi anda yang ingin selalu mendapatkan kecepatan internet terbaik. Tentu saja koneksi internet yang lambat bisa menjadi masalah jika terjadi terus menerus.

Meskipun jenis operator yang Anda gunakan cukup berpengaruh, ada beberapa cara yang dapat diandalkan untuk memastikan kecepatan internet yang stabil di smartphone Android Anda.

Jika Anda ingin mengetahui cara ampuh meningkatkan kecepatan internet di smartphone Android, berikut kami rangkum beberapa caranya di bawah ini.

10+ Cara Mempercepat Koneksi Internet Android &iPhone Terbaru 2022

Berikut beberapa cara mempercepat koneksi internet di Android:

1. Gunakan jaringan operator terkuat di daerah kamu

Ini adalah syarat pertama yang harus kamu penuhi jika ingin memiliki koneksi internet cepat di Android.

Saat ini terdapat lima operator seluler di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata, Axis, Indosat Ooredoo dan Tri. Sebelum memilih penyedia layanan, coba tanyakan tetangga Anda sinyal mana yang paling kuat.

Pasalnya, layanan internet sangat bergantung pada kekuatan sinyal yang ada. Tidak ada sinyal, ya tidak ada internet. Terkadang Anda bahkan harus mencoba beberapa operator sekaligus untuk mengetahui mana yang terbaik untuk Anda.

2. Gunakan jaringan 4G/5G LTE

Untuk mengatur koneksi 4G LTE, Anda bisa langsung masuk ke Settings > Network and Internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, lalu pilih prefered GSM/WCDMA atau LTE/WCDMA. Anda harus menguji opsi mana yang lebih baik dari 2 konfigurasi konektivitas menggunakan internet untuk beberapa waktu.

Semua operator telepon seluler di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G LTE. 4G LTE adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan smartphone Android Anda mencapai kecepatan internet hingga 100 Mbps.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Data Chat WhatsApp Yang Gagal Dipindahkan Dari Android Ke IPhone

Telkomsel dan Indosat Ooredoo bahkan mendukung 5G. Namun, dukungan akses masih terbatas di beberapa daerah. Jika Anda berbisnis di mana saja di Indonesia, Anda dapat beralih ke koneksi ini untuk mempercepat koneksi internet Android.

3. Periksa kualitas sinyal Wi-Fi

Jika Anda tidak mendapatkan sinyal 4G yang baik di wilayah tempat tinggal Anda, Anda dapat mencoba menggunakan internet darat melalui jaringan Wi-Fi. Anda dapat menemukan penyedia layanan internet untuk kebutuhan internet tersebut.

Bagi Anda yang mengandalkan koneksi Wi-Fi dan merasa smartphone Android Anda lambat saat browsing internet, ada baiknya untuk memeriksa kualitas sinyal Wi-Fi. Memeriksa sinyal Wi-Fi di Android memerlukan aplikasi tambahan bernama CloudCheck.

Menggunakan aplikasi CloudCheck, Anda dapat memeriksa kualitas sinyal WiFi melalui salah satu fiturnya yang disebut WiFi SweetSpots yang akan menganalisis apakah sinyal WiFi kuat atau tidak di lokasi Anda. Jika sinyal lemah, Anda dapat memindahkan router Wi-Fi ke lokasi yang memberikan sinyal kuat.

4. Gunakan Chrome Data Saver

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi browser Google Chrome, terdapat sebuah fitur bernama Data Saver yang pada dasarnya memiliki fungsi untuk menghemat kuota internet, namun fitur ini juga berdampak langsung pada kecepatan internet saat mengakses sebuah website. Untuk mengaktifkannya, buka Google Chrome> Setelan> Lanjutan> Penghemat Data.

Fitur penghemat data Google Chrome akan memprioritaskan kompresi data setiap kali Anda mengunjungi sebuah situs, yang berarti bahwa setiap gambar yang akan diunggah akan muncul dalam versi yang lebih ringan (ukuran lebih kecil) atau, jika memungkinkan, Anda akan diarahkan ke situs . ” AMP (Dipercepat). halaman seluler) versi situs. ) dengan antarmuka yang jauh lebih ringkas dan pemuatan yang sangat cepat di browser.

5. Copot pemasangan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak perlu

Jika smartphone Android yang Anda gunakan bukan produk Google atau varian dari Android One, kemungkinan besar smartphone Android Anda memiliki banyak aplikasi atau bloatware yang tidak berguna. Aplikasi bloatware ini selain dapat memperlambat sistem Anda dari waktu ke waktu, juga dapat memperlambat kecepatan Internet Anda karena aplikasi ini selalu terhubung ke Internet dan berjalan di “background” meskipun mereka tidak terbuka.

Untuk menghilangkan aplikasi bloatware ini, menonaktifkannya dengan menonaktifkannya adalah salah satu cara untuk melakukannya jika smartphone Anda tidak di-root. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Aplikasi dan pemberitahuan> Semua aplikasi> Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan> Nonaktifkan. Jika ponsel cerdas Anda di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup untuk menghapus instalannya sepenuhnya.

Baca Juga :  5 Konten YouTube Yang Sering Ditonton Dan Digemari Banyak Orang

6. Bersihkan file sampah secara teratur

File sampah dan cache adalah “file sampah ” yang perlu dibersihkan secara rutin di smartphone Android Anda. Seiring waktu, cache dan file sampah ini akan menumpuk dan mengurangi respons aplikasi yang Anda gunakan, yang juga dapat memperlambat kecepatan internet Anda.

Untuk menghapus file sampah dan cache ini, buka Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan> Semua aplikasi> Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dari file sampah dan cache> Penyimpanan> Hapus cache. Pastikan Anda mengosongkan cache secara teratur untuk terus menikmati aplikasi hebat dan kecepatan internet.

7. Gunakan aplikasi pemblokir iklan

Salah satu hal yang cukup mengganggu pengguna internet di platform mobile adalah adanya iklan banner yang terkadang tampil full screen dan menutupi seluruh jendela browser. Iklan spanduk seperti ini dan iklan gambar lainnya yang tersebar di antarmuka situs web dapat menghabiskan pangsa internet Anda dan memperlambat koneksi internet Anda secara umum.

Dengan memblokir iklan di Android, selain menghemat kuota data internet kamu juga bisa mempercepat koneksi internet kamu. Untuk melakukannya, instal aplikasi Pemblokir Konten AdGuard dari Google Play Store, lalu aktifkan AdGuard. Sejauh ini, AdGuard hanya mendukung 2 browser untuk pemblokiran iklan, termasuk Yandex Browser dan Samsung Internet Browser.

8. Jangan gunakan widget

Widget adalah sejenis ekstensi aplikasi pada platform Android yang biasanya terdapat di layar beranda. Widget dapat memberikan informasi instan, seperti cuaca, jam, tanggal, dan fitur lainnya, tergantung pada widget aplikasi yang tersedia.

Meskipun berguna, widget dapat menguras baterai Anda dan memperlambat koneksi internet Anda karena Anda masih terhubung ke server penyedia data bahkan saat ponsel cerdas Anda dalam keadaan idle.

Cara selanjutnya untuk meningkatkan kecepatan internet Anda adalah dengan menghapus widget dari layar beranda Anda. Anda dapat mengurangi estetika layar beranda, tetapi setidaknya Anda bisa mendapatkan kecepatan internet dan daya tahan baterai yang lebih optimal.

9. Tutup aplikasi saat Anda tidak menggunakannya

Seringkali, pengguna Android cukup menekan tombol Kembali atau Beranda setelah menggunakan aplikasi.

Baca Juga :  Cara Download Video IGTV Tanpa Aplikasi Dengan Mudah Dan Cepat

Ini akan menambah beban RAM dan memperlambat koneksi internet karena aplikasi tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan di latar belakang.

Untuk menutup aplikasi sepenuhnya, klik tombol aplikasi terbaru dan geser aplikasi yang tidak Anda perlukan untuk membuat RAM Anda lebih lapang dan koneksi internet Anda lebih lancar.

10. Restart ponsel secara berkala

Restart atau reboot adalah cara ampuh yang berlaku untuk semua sistem operasi jika terjadi kesalahan. Smartphone Android Anda mungkin pernah mengalami masalah koneksi internet di beberapa titik atau koneksi internet lambat yang disebabkan oleh hal-hal yang tidak Anda ketahui.

Anda dapat melakukan reset atau reboot untuk mengembalikan sistem Android ke status “bersih ” dari berbagai proses aplikasi yang dapat membebani sistem dan memperlambat pemrosesan.

11. Gunakan aplikasi hibernasi

Aplikasi hibernasi adalah cara berikutnya untuk meningkatkan kecepatan internet Anda. Dua aplikasi hibernasi terbaik yang dapat kami rekomendasikan adalah Greenify dan Brevent. Aplikasi hibernasi akan menempatkan aplikasi yang Anda pilih ke “idle ” untuk jangka waktu tertentu dan berhenti menggunakan koneksi internet Anda hingga tiba waktunya untuk membukanya secara manual.

Greenify dan Brevent dapat digunakan tanpa root, tetapi untuk fungsionalitas maksimal smartphone Android Anda harus di-root. Greenify dan Brevent akan menghentikan wakelock yang membutuhkan koneksi internet terus menerus, terutama pada aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, Snapchat, dan lainnya. Namun ada dampak terkait penggunaan 2 aplikasi ini, yaitu kemungkinan keterlambatan notifikasi atau pembaruan aplikasi yang Anda pilih untuk hibernasi sebelumnya.

Terlepas dari operator seluler yang Anda gunakan, baik itu Telkomsel (simPATI, kartuHalo, As dan Loop), 3 (Tiga), Indosat atau Smartfren, jika Anda merasa koneksi internet Anda mulai melambat di smartphone Android Anda solusi diataslah jawabannya

Demikian ulasan 10+ Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & iPhone Terbaru 2022

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^ .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.