8 Cara memperbaiki Scanner Yang Tidak Terdeteksi di komputer atau error

Cara memperbaiki Scanner Yang Tidak Terdeteksi

Cara memperbaiki Scanner Yang Tidak Terdeteksi di komputer atau error

Sama seperti printer, peran scanner kini tidak kalah pentingnya, baik di kantor maupun di dunia pendidikan.

Bagi pengguna yang masih tergolong baru, masalah pemindai yang tidak terdeteksi pada perangkat komputasi seringkali membuat pusing.

Jika Anda mengalami hal ini, berikut adalah 8 hal yang harus diperiksa untuk mencegah pemindai terdeteksi pada perangkat komputasi.

1. Pastikan scanner nyala atau dihidupkan

Oke, kedengarannya konyol. Namun, kita sering mendengar banyak pengguna tidak menggunakan pemindai karena … perangkat tidak dihidupkan.

Baca Juga :  7 Cara Video Tiktok FYP Agar Viral & Terkenal

Jadi pastikan pemindai dihidupkan sebelum menggunakannya! Jika Anda telah menekan tombol di perangkat tetapi tetap tidak menyala, segera periksa kabelnya. Apakah dicolokkan ke sumber listrik?

Nah, jika dicolokkan ke sumber listrik dan pemindai berfungsi dengan baik, tetapi perangkat tetap tidak mau hidup, coba ganti kabel daya. Jika masih tidak menyala, Anda dapat membawa pemindai ke bengkel.

2. Cek apakah driver sudah terinstall, jika belum silahkan anda install terlebih dahulu drivernya

Untuk sistem operasi Windows yang masih relatif baru, seperti Windows 8 (atau 8.1) dan Windows 10, sistem operasi ini biasanya dikirimkan dengan berbagai driver perangkat keras yang disertakan. Jadi bisa langsung pakai plug and play tanpa install driver.

Namun, ini tidak berarti bahwa semua driver kompatibel dengan sistem operasi. Ada beberapa vendor perangkat keras yang harus diinstal terlebih dahulu untuk terhubung ke komputer, termasuk beberapa pemindai yang ada di pasaran saat ini.

Ini juga berlaku untuk pengguna sistem operasi yang lebih lama, seperti Windows 7, di mana sistem operasi tersebut tidak sepenuhnya kompatibel dengan pemindai yang lebih baru. Jadi pastikan Anda telah menginstal driver terlebih dahulu.

Juga, pastikan Anda menginstal rangkaian dan arsitektur OS yang benar. Beberapa vendor pemindai membuat driver arsitektur 32-bit dan 64-bit yang terpisah. Jika CD instalasi pemindai hilang, Anda dapat mengunduh driver terbaru dari situs web resmi.

Baca Juga :  4 Bahaya Menggunakan VPN Yang Wajib Anda Tahu Sebelum Menggunakannya

3. Periksa apakah driver rusak, jika demikian, hapus dulu drivernya, lalu instal ulang.

Pemindai yang tidak terdeteksi dapat terjadi karena komputer Anda telah terinfeksi virus atau tidak sengaja terhapus oleh antivirus.

Ya, penyebab kerusakan instalasi adalah proses instalasi yang tidak sempurna atau ada data yang terhapus di instalasi driver.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang pengandar pemindai. Disarankan juga untuk mengunduh ulang driver yang diperbarui dari situs web resmi.

4. Periksa apakah scanner terkunci, periksa kembali apakah pemindai scanner terkunci atau tidak

Berbagai rangkaian scanner, biasanya scanner flatbed seperti Canon Canoscan D464U ex, Canon Canoscan 3000 ex, Canon Canoscan LiDe 200, Canon Canoscan LiDe 210, Canon Canoscan LiDe 100, Canon Canoscan LiDe 110 dan Canon Canoscan LiDe 20 memiliki fungsi pengunci.

Fitur kunci biasanya terdapat di bagian bawah pemindai. Jika pemindai masih dalam posisi terkunci, pemindai tidak akan digunakan secara otomatis.

5. Periksa apakah kabel USB terhubung dengan benar

Ini, sejujurnya, sering terjadi pada kita. Sepertinya saya telah memasang kabel dengan benar di perangkat. Namun setelah restart kabel masih tampak longgar.

Itu berarti kabel USB tidak terhubung dengan baik. Jadi pastikan kabel terhubung dengan benar. Jika pemindai masih tidak berfungsi, lihat langkah berikutnya.

6. Periksa apakah kabel data koneksi rusak, jika demikian ganti dengan kabel data lain

Kabel data yang rusak juga mempengaruhi proses sinkronisasi, membuat pemindai tidak dapat dibaca oleh perangkat komputasi.

Baca Juga :  Inilah 6 Manfaat Fitur Aplikasi Security Smartphone Untuk Keamanan Ponsel Anda

Biasanya, masalah kabel ini disebabkan oleh pemutusan kabel yang terletak di jaket pelindung kabel. Untuk memeriksa masalah ini, Anda dapat menggunakan multimeter untuk memastikan bahwa listrik antara pemindai dan komputer terhubung dengan benar tanpa masalah.

7. Periksa apakah konektor USB ke USB pemindai kotor atau teroksidasi, segera pindahkan ke port USB lain

Port USB yang berkarat atau kotor juga dapat mengganggu proses sinkronisasi antara pemindai dan komputer, sehingga pemindai tidak terdeteksi dengan baik oleh perangkat komputer.

Jika kabel sudah dicek dan tidak ada masalah, coba pindahkan kabel ke port USB lain.

8. Nyalakan kembali komputer Anda

Terkadang masalah yang tampaknya sangat sulit (dan aneh) di komputer dapat diselesaikan dengan cara yang sangat sederhana, yaitu reboot!

Apalagi jika komputer atau laptop sudah menyala selama berhari-hari, berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Sudah ada banyak cache yang harus dibersihkan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk me-restart jika komputer atau laptop Anda mengalami masalah, seperti pemindai ini tidak dapat digunakan.

Jadi, jika semua cara sudah dicoba dan pemindai masih tidak bisa digunakan, coba restart komputer Anda. Siapa tahu, cara sederhana ini bisa membantu mengatasi masalah ini.

Demikian Ulasan 8 Cara memperbaiki Scanner Yang Tidak Terdeteksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.