6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Notebook Tidak Berfungsi Alias Error, Work 100% Berhasil

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Notebook Tidak Berfungsi

TipsSeo Info – Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Berfungsi, Kita direkomendasi dan di haruskan untuk bekerja dari rumah atau home to work (WFH) sepanjang wabah virus c0pid-19 selagi masih merajalela.

Memang benar laptop terlampau perlu bagi kita selagi ini untuk melakukan pekerjaan, sebab beberapa besar pekerjaan kita dilaksanakan di luar rumah, tetapi kadang-kadang kualitas laptop kita tidak dalam performa terbaiknnya,ada aja yang menjadi kendala.

Salah satu masalah paling umum yang kita hadapi adalah masalah dengan laptop atau notebook. salah satunyanya dengan terjadi error pada keybord laptop yang banyak kegunaannya.

Inilah ulasan tentang 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak  Atau Error .

#1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Analisa kerusakan Keybord

Kita harus memahami bahwa laptop/notebook mempunyai tools dan software, tersedia dua pilihan untuk menyebabkan kerusakan Hardware atau software pada keyboard

Jadi kita diwajibkan mencari memahami dulu masalahnya dimana. Restart notebook Sobat dan masuk ke BIOS untuk konfirmasi.

Bilamana Sobat mampu pakai keyboard di menu BIOS itu menandakan keybord laptop atau notebook sobat tidak rusak, berarti keybord tidak berfungsi dikarenakan adanya masalah pasa software laptopatau notebokk Sobat.

 

#2. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Bersihkan keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Notebook Tidak Berfungsi

Terkadang masalah pada keyboard kita hanya beberapa tombol yang tidak berfungsi dan tombol lainnya berfungsi secara normal. Hal ini biasanya disebabkan oleh tumpukan debu yang menempel pada keyboard, hal pertama yang perlu Sobat laksanakan adalah bersihkan debu yang menempel pada keyboard.

Hal terpenting yang Sobat harus laksanakan untuk bersihkan keyboard secara efisien adalah dengan menyingkirkan debu Biasanya admin akan menggoyangkan laptop dan menyikatnya dengan sikat yang halus.

Cara efisien lain untuk menyingkirkan debu berasal dari keyboard adalah dengan pakai lakban, untuk menegaskan bahwa selotip lama masih terpasang.

 

#3. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Merestart Laptop Atau Notebook

Jika Sobat tiba-tiba menemukan dalam suasana di mana keyboard Sobat tidak berfungsi sepenuhnya. Biasanya itu Ada masalah dengan perangkat lunak atau software yang di instal di laptop.

Sobat bisa mencoba dengan cara manual dulu, restart laptop atau notebook Sobat kadang-kadang ini mampu memperbaiki keybord laptop yang tidak berfungsi secara mendadak.

 

4. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Restore Windows

Jika keyboard Sobat tidak berfungsi sesudah memutakhirkan atau update Windows atau menginstal aplikasi, Sobat bisa mencoba mengawali kembali dengan merestore Windows pada laptop. Metode ini kadang juga mampu memperbaiki masalah dengan keyboard laptop/notebook.

Sobat bisa merestore Windows dengan cara di bawah ini

  • Tekan tombol Start dan masuk ke menu Control Panel
  • Pilih menu proses dan keamanan dan pilih “Cadangan” untuk computer Sobat
  • Kemudian cari menu open system restore dan sobat tekan klik mene tsb

Setelah melaksanakan perintah di atas, laptop/notebook Sobat bakal restart sendiri, dan apabila masalah keyboard tidak berfungsi disebabkan oleh system Windows, selayaknya keyboard Sobat sudah berhasil di perbaiki dan digunakan kembali.

 

#5. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Perbaiki atau perbarui driver keyboard

Sebagian besar keyboard di laptop/notebook tidak berfungsi disebabkan dengan file driver keyboard Windows rusak atau tidak pernah di update sehingga menyebakan keybord laptop tidak berfungsi.

Sobat bisa cek driver keybord dengan cara berikut:

  • Klik pada menu Start dan pilih Control Panel
  • Di menu “Kontrol Panel”, klik Sistem & security dan pilih Pengelola Perangkat atau device manager
  • Temukan keyboard, dan di bawahnya Sobat bakal menemukan opsi Menu Driver keybord
  • Perbarui atau update driver tersebut

Jika Sobat menemukan segitiga kuning dengan titik tanda seru, itu berarti software atau hardware driver keyboard bermasalah. Sobat wajib langsung mengupgrade driver yang disediakan di web site resmi laptop yang di gunakan.

 

#6. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Dengan Bawa ke pusat layanan resmi.

Jika seluruh langkah memperbaiki keybord laptop/notebook di atas telah Sobat lakukan, tetapi keyboard masih bermasalah, sebaiknya langsung bawa ke service center resmi.

Ini biasanya disebabkan oleh hardware di laptop sobata ada kerusakan, biasanya kalau kerusakan hardware di laptop sobat sudah parah biasanya pusat layanan service menyarankan untuk mengganti keyboard dengan yang baru lagi.

daripada soabat menservice atau memperbaikinya biayanya service tidak jauh berbeda dengan sobat bila membeli keybord yang baru.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Notebook Tidak Berfungsi

Demikian ulasan singkat artikel tentang 6 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Atau Notebook Tidak Berfungsi Alias Error, Work 100% Berhasil

Situs TipsSeo Info juga membahas tentang Tutorial dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.