Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Dengan Mudah Dan Aman Untuk Merawat Keyboard

Keyboard mekanik memiliki banyak keunggulan dibandingkan keyboard panel datar yang biasa ditemukan pada laptop dan komputer Macintosh.

Bagi teknisi yang menggunakan keyboard mekanik, tentunya sering menghadapi masalah seperti debu yang menumpuk di bawah tuts atau ancaman percikan air mengenai bagian dalam perangkat.

Berikut 5 Tips Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Dengan Mudah Dan Aman Untuk merawat keyboard favorit Anda.

Cara Membersihkan Keyboard Mechanical Dengan Mudah

1. Trik klasik: balikkan keyboard dan goyangkan perlahan

Jika Anda merasa bagian dalam keyboard mekanis Anda mulai berdebu, jangan putuskan untuk membongkar semua tombol. Anda dapat menerapkan trik klasik yang mudah dilakukan, cukup balikkan keyboard dan goyangkan atau tepuk punggungnya, dan Anda akan melihat debu dan bahkan sisa makanan ringan Anda dari tadi malam jatuh di antara tombol pada keyboard. .

Baca Juga :  Cara Install Windows 11 Di PC Dan Laptop Dengan Mudah Dan Simple

2. Harus memiliki alat untuk menghapus tombol keyboard dengan aman

Seperti semua produk elektronik, tombol pada keyboard mekanik favorit Anda pasti perlu diganti di beberapa titik. Jangan gunakan kuku jari atau obeng pipih, karena tidak hanya tidak dirancang untuk melepaskan komponen elektronik, tetapi juga dapat merusak penutup “keyboard “.

Untuk melepas kunci dengan aman, Anda dapat menggunakan penarik kunci atau spudger. Penarik keycap dirancang untuk dengan mudah melepas keycaps dari keyboard.

Sedangkan spudger, selain dirancang untuk melepas komponen dari smartphone atau laptop, juga dapat digunakan untuk melepas tombol keyboard. Jadi pastikan Anda memiliki salah satu dari dua alat ini.

3. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan debu halus

Menempel debu pada tombol keyboard tidak bisa dihindari. Namun untuk debu halus, Anda bisa menggunakan sikat pembersih elektronik khusus, dengan ciri ujung yang lembut.

Baca Juga :  Inilah 5 Cara Mudah Meningkatkan kapasitas Penyimpanan Dropbox Tanpa Berlangganan

Hindari penggunaan tisu basah atau handuk karena dapat menyebabkan debu menumpuk dan kemungkinan debu masuk lebih jauh ke dalam komponen di dalam keyboard.

4. Pastikan spray duster tersedia

Vaporizer adalah udara terkompresi dalam kaleng. Ada banyak spray can di Marketplace yang pasti bisa membantu kamu membersihkan debu keyboard dengan mudah, cocok untuk kamu yang malas repot repot mengangkat tuts keyboard satu per satu.

5. Gel pembersih untuk menyerang semua debu yang membandel

Tips selanjutnya, Anda bisa menyiapkan gel pembersih khusus untuk membersihkan keyboard. Karena relatif lebih murah daripada semprotan, pembersih gel cocok untuk anggaran yang lebih kecil.

Kerugian dari gel pembersih adalah memiliki masa simpan yang lebih pendek daripada semprotan, karena debu yang menempel tidak dapat dihilangkan dari gel itu sendiri.

Baca Juga :  Rekomendasi 14 Laptop Terbaik Yang Layak Dibeli Untuk Tahun 2022

Jadi ini adalah 5 tips perawatan keyboard mekanik yang dapat Anda perhatikan, untuk keyboard mekanik yang lebih lama dan lebih tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.