9 Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit Untuk Pemula Agar Bermanfaat Dan Menguntungkan

Anda pasti sudah sering mendengar bahaya menggunakan kartu kredit. Salah satunya terlilit hutang. Hal ini bisa terjadi jika Anda lalai dan tidak sepenuhnya memahami manfaat kartu kredit.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda perlu mengetahui cara menggunakan kartu kredit dengan cara yang cerdas.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit Untuk Pemula Agar Bermanfaat Dan Menguntungkan

Jika Anda tahu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, kartu kredit bisa sangat menguntungkan. Berikut sembilan cara memaksimalkan penggunaan kartu kredit:

Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit
Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit

1. Pilih kartu kredit sesuai kebutuhan Anda

Cara cerdas pertama menggunakan kartu kredit adalah memilih kartu kredit dengan cermat. Karena setiap kartu kredit memiliki program atau fungsi yang berbeda satu sama lain.

Ada sejumlah kartu kredit yang mengutamakan poin dan program refund bagi pelanggannya. Beberapa juga menawarkan program diskon di outlet tertentu atau di merchant tertentu.

Misalnya, jika Anda senang berbelanja, pilih kartu kredit yang menawarkan poin loyalitas setiap kali Anda berbelanja. Lain halnya jika Anda adalah penggemar cashback. Pilih kartu kredit yang menawarkan pengembalian uang besar dan bekerja dengan banyak pedagang. Atau, bagi yang suka traveling, pilihlah kartu kredit yang kerap memberikan diskon besar-besaran untuk tiket travel. Karena itu, kartu kredit yang Anda gunakan akan lebih maksimal.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Kartu Kredit Lewat Online Dengan Mudah Dan Tanpa Ribet

2. Manfaatkan diskonnya

Salah satu manfaat utama menggunakan kartu kredit adalah ia menawarkan pengaturan 0% untuk barang-barang yang relatif mahal. Misalnya laptop, handphone, meja makan dan barang lainnya. Struktur ini dapat membantu Anda untuk tidak menghabiskan banyak uang sekaligus.

Biasanya, bank penerbit kartu kredit menawarkan program pembayaran cicilan dalam jangka waktu tertentu, seperti 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan. Dengan menggunakan program ini, Anda dapat mengatur kantong Anda sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda bisa menggunakannya, Anda tahu cara cerdas menggunakan kartu kredit kedua.

3. Gunakan kartu kredit saat membeli online

Menggunakan kartu kredit saat berbelanja berbagai kebutuhan dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan kartu kredit. Salah satu keuntungannya adalah kamu bisa mendapatkan reward point atau cashback yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu kredit.

Namun ingat, untuk mendapatkan keuntungan ini, Anda seringkali perlu menanyakan tentang program rewards dari bank yang mengeluarkan kartu kredit yang Anda gunakan. Anda dapat memperoleh informasi ini melalui Internet atau dengan menghubungi layanan pelanggan bank penerbit kartu kredit secara langsung.

Apa yang seharusnya menjadi penilaian Anda? Jangan berlebihan saat menggunakan kartu kredit. Gunakan sesuai kebutuhan. Hal ini akan mempengaruhi Anda ketika melakukan pembayaran ketika jatuh tempo di kemudian hari. Anda pasti tidak ingin terlilit hutang kartu kredit bukan?

4. Pembayaran kredit dengan kartu kredit

Jika Anda memiliki pembayaran bulanan seperti rumah, mobil atau apartemen, Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk membayar pembayaran setiap bulan. Jika bank penerbit kartu kredit Anda memiliki jadwal pembayaran, ini akan sangat menguntungkan Anda.

Baca Juga :  Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina Untuk dapat Pertalite Murah

Namun terlebih dahulu Anda harus menanyakan terlebih dahulu bank mana yang mengeluarkan kartu kredit billing yang memberikan poin atau rewards. Karena tidak semua pembayaran tagihan menawarkan program poin.

Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit

5. Memanfaatkan beberapa fitur pembayaran tagihan

Dengan menggunakan kartu kredit, Anda dapat memanfaatkan beberapa fitur pembayaran tagihan. Sebut saja listrik, tagihan telepon, TV kabel. Keuntungannya adalah Anda tidak perlu mengantri di ATM untuk melakukan pembayaran.

Juga, tidak perlu mengingat nomor pelanggan yang berbeda. Dengan kartu kredit, Anda hanya perlu mendaftarkannya ke bank penerbit dan bank akan membayar semua tagihan rutin Anda setiap bulan. Praktis, bukan?

Namun, tidak semua bank kartu kredit menawarkan layanan ini. Sebelum mengajukan permintaan, coba periksa instrumen pembayaran mana yang tersedia. Dengan cara ini Anda dapat menggabungkan semua faktur untuk setiap bulan.

6. Sarankan teman dan saudara untuk menggunakan kartu kredit

Jika Anda ingin memaksimalkan poin reward kartu kredit Anda, Anda dapat menawarkan teman Anda untuk menggunakan kartu kredit Anda. Hal ini bisa dilakukan saat merencanakan liburan bersama teman-teman. Tawarkan untuk menggunakan kartu kredit Anda untuk membeli tiket pesawat atau membayar hotel. Cukup minta teman untuk membayar tunai.

Atau Anda bisa membayar tagihan dengan kartu kredit saat Anda pergi makan malam bersama teman-teman. Teman-teman Anda tidak perlu khawatir membayar di kasir. Semakin banyak transaksi kartu kredit yang Anda lakukan, semakin banyak poin yang Anda peroleh.

Baca Juga :  10+ Tips Panduan Investasi Saham Lengkap Untuk Pemula Mulai Dari 0 Agar Sukses

7. jeli dengan poin kartu kredit

Jika Anda seorang kolektor poin kartu kredit, perhatikan jumlah poinnya. Saya khawatir poinnya akan hilang jika Anda tidak pernah menggunakannya. Kasihan? Bahkan, beberapa bank menetapkan jangka waktu penukaran poin.

Kami menyarankan Anda menukarkan poin Anda segera sebelum akhir periode penukaran. Penting agar file Anda tidak terlilit hutang kartu kredit karena ingin mengejar poin.

8. Beli tiket pesawat online

Cara cerdas menggunakan kartu kredit kedelapan adalah dengan memesan tiket secara online dari smartphone. Jika Anda sering bepergian dan memesan secara online, pilihlah kartu kredit Airmiles. Dengan cara ini Anda dapat mengumpulkan poin airmiles yang dapat ditukarkan untuk perjalanan berikutnya. Itu lucu?

9. Hindari Jeratan kartu kredit

Syarat utama untuk menghindari jeratan kartu kredit adalah menghindari tunggakan. Juga tidak disarankan Anda membayar tagihan hanya dengan pembayaran minimal.

Karena jika terjadi keterlambatan Anda akan dikenakan bunga. Akibatnya, setiap pengembalian dana, penghargaan, atau poin yang masih harus dibayar akan terbuang sia-sia, karena nilainya dapat habis untuk menutupi bunga. Parahnya lagi, nilainya malah melebihi bonus yang Anda dapatkan.

Itulah Cara Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit Untuk Pemula Agar Bermanfaat Dan Menguntungkan

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.