5 Cara Lindungi Cryptocurrency Dan NFT Anda Dari Pencurian

Dengan anjloknya harga cryptocurrency, perusahaan cryptocurrency memberhentikan ribuan pekerja, dan mata uang “stabil” kehilangan semua nilainya, melindungi dompet Anda yang tersisa lebih penting dari sebelumnya.

Keruntuhan cryptocurrency saat ini bukan satu-satunya cara orang kehilangan uang mereka. Ada semakin banyak penipuan yang memungkinkan pencuri mendapatkan akses ke akun dan aset kripto Anda. Baru-baru ini, pada bulan Mei, Seth Green dirampok dari beberapa NFT senilai lebih dari $ 300.000 setelah aktor tersebut menautkan dompet crypto-nya ke situs web palsu yang mengklaim sebagai proyek NFT yang kredibel.

Mengamankan cryptocurrency Anda berarti melakukan beberapa langkah yang sama yang akan Anda gunakan untuk melindungi akun digital Anda yang lain, seperti membuat dan menggunakan kata sandi yang kuat. Namun, akun kripto memiliki fitur unik seperti frasa awal yang membutuhkan keamanan tambahan. Selain itu, industri cryptocurrency belum memiliki kerangka peraturan untuk memulihkan aset crypto-nya jika terjadi pencurian.

5 Cara Lindungi Cryptocurrency Dan NFT Anda Dari Pencurian

Dalam cerita ini, kami akan membahas berbagai cara untuk melindungi mata uang digital dan NFT Anda dari pencurian dan menjelaskan mengapa perlu meluangkan waktu untuk melindungi aset digital Anda dari pencurian dengan benar. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cryptocurrency, lihat lima pertanyaan yang harus ditanyakan setiap investor tentang cryptocurrency dan detail terbaru tentang perubahan liar dalam harga bitcoin.

Cara Lindungi Cryptocurrency Dan NFT

1. Selalu ikuti dua aturan keamanan kata sandi dasar ini

Salah satu cara paling sederhana untuk melindungi aset digital Anda adalah dengan menggunakan kata sandi yang kuat. Idealnya, kata sandi Anda harus memiliki panjang setidaknya delapan karakter dan menyertakan huruf besar, angka, dan karakter khusus acak lainnya. Namun, jika Anda dapat memperpanjang kata sandi, Anda harus melakukannya, karena secara teori, semakin panjang kata sandi, semakin sulit untuk diretas.

Baca Juga :  7 Tips Agar Kartu Kredit Di Approve Bank Dan Menyetujui Aplikasi Anda

Jika Anda khawatir mengingat semua kata sandi Anda yang panjang, rumit, dan unik, pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi, yang memudahkan dan aman untuk menyimpan dan menggunakan kata sandi Anda dari mana saja, di satu tempat. Sebaiknya pilih pengelola kata sandi dengan penyimpanan terenkripsi dan autentikasi dua faktor untuk keamanan tambahan.

Juga, saat Anda membuat akun, jangan pernah ulangi kata sandi Anda. Jika salah satu akun Anda disusupi, yang lain juga akan berisiko.

2. Kata sandi yang kuat sangat penting untuk memastikan keamanan aset digital Anda.

Gunakan dompet kripto perangkat keras untuk aset Anda yang paling berharga

Dompet kripto Anda bertindak sebagai pintu gerbang ke aset kripto Anda. Dompet “Panas “, sebagai perangkat lunak atau aplikasi seluler, berfungsi online, sementara dompet “Dingin ” “adalah perangkat keras yang bekerja secara offline Dompet kripto tidak mengandung koin atau token yang sebenarnya – simpan kunci pribadi yang membuktikan bahwa Anda memiliki aset kripto Anda dan memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, atau berdagang di blockchain.

Setiap kali Anda membeli cryptocurrency atau NFT, mereka harus disimpan di suatu tempat. Kebanyakan orang menyimpan aset mereka di dompet digital atau pasar, seperti Coinbase atau MetaMask, karena mereka gratis dan mudah digunakan, tetapi untuk aset Anda yang paling berharga, Anda mungkin ingin mempertimbangkan dompet fisik.

Perangkat keras atau dompet yang dingin memungkinkan Anda untuk menyimpan cryptocurrency dan NFT pada drive fisik, yang dapat Anda sambungkan ke komputer untuk akses. Dompet perangkat keras umumnya lebih sulit untuk diretas, menjadikannya pilihan yang lebih disukai saat menyimpan aset digital bernilai tinggi.

Dompet perangkat keras Trezor One ($ 48,49) berfungsi dengan bitcoin, ethereum, litecoin, dan berbagai cryptocurrency lainnya.

Baca Juga :  Inilah 4 Bank BUMN Dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi Di Indonesia

3. Simpan frase awal dompet kripto Anda aman dan offline

Selain kata sandi, sebagian besar dompet kripto menggunakan frasa utama untuk keamanan tambahan. Frase awal ini bertindak sebagai kata sandi utama Anda dan dibuat setiap kali Anda membuat dompet baru. Kalimat pembuka terdiri dari 12 atau 24 kata yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun Anda di perangkat lain atau memulihkan akun Anda jika Anda lupa kata sandi Anda.

Sementara seed phrase ini memberikan keamanan tambahan, ia juga memiliki risiko: siapa pun yang mempelajari seed phrase Anda dapat mencuri semua aset crypto yang disimpan di dompet Anda. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menghafal frase awal Anda di suatu tempat secara online, menulisnya secara offline sangat penting untuk mencegah orang lain mengaksesnya.

Setelah menulis kalimat awal Anda, simpanlah di brankas atau brankas agar tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya dengan mudah. Alat perangkat keras khusus dalam kalimat awal, seperti Cryptosteel dan Crypt Keeper, dapat dengan aman menyimpan 12 atau 24 kata Anda dalam sistem portabel yang terlindung dari kebakaran dan banjir.

Jika frasa sandi Anda hilang atau dicuri, tetapi Anda masih mengetahui kata sandi Anda, segera masuk ke dompet Anda dan buat frasa sandi baru.

4. Waspadalah terhadap penipuan pesan langsung di Discord

Discord adalah salah satu rumah tidak resmi dari komunitas crypto dan NFT. Di sinilah banyak penggemar cryptocurrency pergi untuk membahas proyek NFT yang akan datang, harga cryptocurrency, peristiwa kehidupan nyata, dan bahkan kehidupan pribadi. Penggemar proyek NFT menggunakan Discord untuk membentuk komunitas, tetapi juga tempat peretas dan pencuri mengkompromikan akun.

Begini cara kerjanya: Seorang peretas dapat mengirimi Anda pesan secara langsung, mengklaim sebagai bagian dari proyek yang Anda ikuti dan Anda minati. DM terlihat resmi dan umumnya menyatakan bahwa Anda bisa mendapatkan NFT yang sulit diperoleh, relatif murah, dan menyertakan tautan untuk diikuti. Tetapi ketika Anda mengklik tautan, hubungkan dompet Anda dan coba beli NFT, dompet Anda dikosongkan dari semua NFT dan cryptocurrency Anda. Dan benar-benar tidak ada cara untuk mendapatkan semuanya kembali.

Baca Juga :  9 Cara Mencari Uang Di Tengah Pandemi Corona Copid-19

Penelitian terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menghindari jatuh ke situs web NFT palsu adalah dengan menggunakan saluran terverifikasi untuk menemukan situs web yang tepat saat mencoba membuat atau membeli NFT yang baru dibuat. Bahkan jika Anda mendapatkan tautan dari sumber yang tampaknya dapat diandalkan, gunakan berbagai sumber online seperti Google, Twitter, dan Opensea untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki URL yang benar untuk proyek tersebut.

Cara yang lebih mudah untuk menghindari penipuan adalah dengan menonaktifkan DM di Discord. Di perangkat seluler Anda, luncurkan aplikasi Discord, ketuk gambar profil Anda di kanan bawah, buka Privasi & Keamanan dan matikan Izinkan pesan langsung dari anggota server. Anda tidak akan lagi menerima pesan langsung di Discord.

Discord adalah tempat orang membahas cryptocurrency dan NFT, serta mengeksploitasi calon korban.

5. Jangan jatuh cinta dengan penipuan dukungan Twitter

Seperti Discord, Twitter adalah tempat berburu para peretas yang ingin menipu korban yang tidak menaruh curiga agar memberikan harta benda mereka.

Di Twitter, setiap kali seseorang menyebut “akun dicuri “password hilang ” atau bahkan “MetaMask “, pasukan peretas dapat merespons, menawarkan untuk membantu memulihkan aset yang dicuri atau memulihkan akses ke akun. Peretas kemudian dapat meminta frase benih Anda melalui DM dan menggunakannya untuk mencuri cryptocurrency atau NFT Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan, langsung kunjungi situs dukungan pelanggan Twitter resmi. Jangan pernah memberikan kalimat pembuka Anda kepada siapa pun, bahkan jika akun telah diverifikasi; terkadang peretas mendapatkan akses ke akun terverifikasi. Dan jangan pernah membagikan layar Anda.

Bahkan Elon Musk tidak dapat menghentikan scammers Twitter ini.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang keamanan cryptocurrency, cari tahu apakah bitcoin dapat dilindungi dan bagaimana Securities and Exchange Commission menindak penipuan crypto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.