Cara Install Windows 11 Di PC Dan Laptop Dengan Mudah Dan Simple

Cara Install Windows 11 Di PC Dan Laptop

Windows 11 baru akan dirilis pada Oktober 2021. Menariknya, Anda sudah bisa mencoba versi Insider Preview dari sistem operasi terbaru Microsoft!

Cara install Windows 11 juga sederhana. Masih belum tahu cara install Windows 11 di PC atau laptop? Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini, ya!

Cara Install Windows 11 Di PC Dan Laptop Dengan Mudah Dan Simple

Sebelum mempelajari cara menginstal Windows 11, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu apa itu Windows 11 Insider Preview.

Windows 11 Insider Preview sendiri dapat dianggap sebagai versi beta dari sistem operasi. Oleh karena itu, wajar jika Anda akan menemukan berbagai bug di sistem operasi versi ini.

Untuk mencoba Pratinjau Orang Dalam Windows 11, Anda harus bergabung dengan Program Orang Dalam Windows. Dengan mengikuti program ini, Anda akan mendapatkan sistem operasi secara gratis. Namun, Anda diharuskan untuk melaporkan bug apa pun dan juga memberikan umpan balik. Tujuannya, Windows 11 mungkin terlihat sesempurna mungkin saat diluncurkan pada Oktober mendatang.

Baca Juga :  7 Panduan Tips Cara Mengatasi Komputer yang Lemot dengan Mudah, Di Jamin Berhasil 100%

Spesifikasi PC atau laptop untuk Windows 11

Sayangnya, tidak semua PC atau laptop bisa menjalankan Windows 11. Ada spesifikasi minimum untuk menjalankan sistem operasi Microsoft terbaru. Ini adalah spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11:

CPU (prosesor): Kecepatan clock minimum 1 GHz dual-core atau lebih tinggi pada arsitektur 64-bit atau system-on-chip

RAM: 4 GB

Kapasitas penyimpanan: 64GB

TPM: Modul Platform Tepercaya versi 2.0

Kartu grafis: DirectX 12 / WDDM 2.x

Layar: Ukuran minimal 9 inci atau lebih, dengan resolusi 720p atau lebih.

Jika Anda tidak yakin, ada cara mudah untuk mengetahui apakah laptop atau PC Anda dapat diupgrade ke Windows 11. Caranya adalah dengan mengunduh dan menjalankan aplikasi PC Health Check. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan berikut: https://aka.ms/GetPCHealthCheckApp.

Cara menginstal Windows 11

Sebelum memulai proses instalasi Windows 11, hal pertama yang harus dilakukan adalah membackup semua yang penting. Baik di layanan cloud atau di media penyimpanan eksternal.

Faktanya, proses update Windows 11 tidak akan menghapus data Anda. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah Windows 11 baru saja memasuki tahap beta di Insider Preview. Kesalahan kecil atau c ‘adalah kesalahan yang bisa menghapus data penting Anda. Jadi, ingat untuk mem-backup data Anda terlebih dahulu!

Baca Juga :  Inilah 5 Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Salah Pilih

Nah, setelah backup, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

1. Untuk mendapatkan file instalasi Windows 11 Insider Preview, tentunya Anda perlu mendaftar ke Program Windows Insider.

Cara berpartisipasi sangat sederhana, Anda juga dapat melakukannya melalui pengaturan Windows 10!

  • – Untuk melakukan ini, temukan Pengaturan (pada tombol Mulai)> Pembaruan & Keamanan> Program Windows Insider.
  • – Kemudian tekan Start, terus klik Sign up.
  • – Pilih Daftar, pilih opsi “Saya telah membaca dan menerima persyaratan perjanjian ini “, lalu klik Kirim.
  • – Jika tidak, klik Tautkan akun. Masukkan akun Microsoft yang Anda miliki. Anda harus memiliki akun Microsoft. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.
  • – Setelah berhasil menautkan akun, Anda akan menemukan beberapa opsi. Nah, pada titik ini pilih Saluran Dev dan klik Konfirmasi.
  • – Mulai ulang Tekan sekarang.
  • – Jika Anda tidak ingin mendaftar melalui bagian Pengaturan, Anda dapat melakukannya melalui situs web resmi Program Windows Insider di https://insider.windows.com/register.

2. Jika sudah berhasil mendaftar, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • – Buka Pengaturan> Perbarui & Keamanan> Perbarui Windows.
  • – Jika sudah berhasil mendaftar maka akan muncul pesan “Windows 11 Insider Preview 10.0.22000.51 (co_release) dengan status download. Artinya sudah berhasil mendaftar dan mendapat update. Jika ada tidak berarti anda belum terdaftar, anda harus menunggu beberapa saat dan sering-seringlah mengecek Update & Security > Update Windows terlebih dahulu.
  • – Setelah unduhan selesai, Anda akan menerima panduan instalasi Windows 11 Insider Preview. Terus seperti ini.
  • – Jika PC atau laptop Anda restart berkali-kali, jangan panik. Karena langkah ini merupakan proses upgrade.
  • – Selamat datang di Windows 11!
Baca Juga :  Spesifikasi Lengkap Apple MacBook Pro Berchipset M1 Pro & M1 Max

Jika menurut Anda sistem operasi Anda masih bermasalah, tetap kembali ke Windows 10. Caranya adalah dengan mendownload file ISO Windows 10 versi 21H2. Unduh dan jalankan program ISO. Ikuti langkah-langkah di layar PC untuk kembali ke Windows 10.

Cara Install Windows 11 Di PC Dan Laptop Dengan Mudah Dan Simple

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.