5 Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit Saat Transaksi Di Luar Negeri

Tidak disarankan menggunakan kartu kredit untuk liburan. Hal ini untuk menghindari pemborosan. Namun, membawa uang tunai juga membawa risiko. Risiko menjadi korban kejahatan meningkat ketika membawa uang tunai dalam jumlah besar.

Kartu kredit bisa menjadi alat yang efektif untuk transaksi keuangan di luar negeri. Hanya saja perlu diketahui bahwa ada biaya administrasi tambahan dari penerbit kartu saat berbelanja dengan kartu kredit di luar negeri. Untuk ini sebelumnya, Anda perlu mengetahui biaya transaksi tambahan yang ada.

Besarnya biaya tambahan akan tergantung pada kebijakan bank. Misalnya, ada biaya penukaran mata uang, biaya penggunaan ATM, dan tarik tunai 2-4%. Untuk itu, kunci penting dalam memilih kartu kredit yang bisa digunakan di luar negeri adalah pilihan bank penerbit kartu.

5 Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit Saat Transaksi Di Luar Negeri

Cara Hemat Menggunakan Kartu Kredit Saat Transaksi Di Luar Negeri

Anda dapat mencari dan memilih kartu kredit bebas biaya transaksi luar negeri. Minimal, Anda perlu mendapatkan informasi tentang biaya pembelian di luar negeri. Juga, Anda dapat mengambil kartu kredit dengan biaya transaksi luar negeri terendah. Jangan biarkan biaya tambahan ini mempengaruhi mood liburan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menghemat kartu kredit selama liburan ke luar negeri

1. Beritahu perjalanan Anda ke bank penerbit kartu kredit

Anda perlu melakukan ini agar bank penerbit dapat membuka kurs. Pembukaan cepat ini adalah proses untuk membantu pemegang kartu kredit ketika ditolak saat menggulir ke luar negeri menggunakan mesin EDC.

Baca Juga :  8 Cara Memperbaiki File Explorer Tidak Terbuka di Windows

2. Simpan nomor call center dan nomor kartu kredit bank penerbit di tempat yang aman

Penting untuk mengingat nomor call center, serta nomor kartu kredit, untuk memudahkan Anda jika terjadi masalah transaksi atau jika kartu kredit Anda tiba-tiba hilang. Dengan menyimpannya, Anda akan terbebas dari masalah ini.

3. Merahasiakan PIN, Card Security Code (CSC) dan Card Verification Value (CVV)

Anda sekarang harus mengerti mengapa Anda harus merahasiakan PIN Anda, belum lagi CSC, CVV Anda. CSC atau CVV adalah tiga digit terakhir dari nomor di bagian belakang kartu. Nomor ini digunakan untuk memverifikasi kartu kredit jika transaksi tidak dapat diselesaikan di EDC.

Baca Juga :  6 Cara Termudah Untuk Cek Tagihan Listrik Anda Dengan Cepat

4. Ketahui biaya untuk transaksi luar negeri

Anda dapat mengetahui tentang biaya administrasi dengan berkonsultasi dengan bank penerbit kartu kredit. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui perbedaan kurs, tarik tunai, atau biaya ATM untuk menikmati kemudahan bertransaksi.

5. Periksa batas kartu kredit Anda dan tanggal kedaluwarsa

Ingatlah untuk memeriksa batas kartu kredit yang digunakan agar Anda dapat menggunakannya dengan bebas. Jangan lupa untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa kartu. Padahal, jika tanggal kedaluwarsa sudah lewat, kartu kredit tidak bisa digunakan.

Semua informasi kartu kredit penting yang Anda miliki harus dilindungi. Jika memungkinkan, simpan data tidak hanya di atas kertas, tetapi juga dalam bentuk digital yang aman. Jadi Anda bisa menggunakan kartu kredit Anda di luar negeri dengan bebas dan tanpa rasa takut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.