Cara Buat Podcast Di Spotify Gratis Dengan Mudah Untuk Pemula

Cara Buat Podcast Di Spotify Gratis Dengan Mudah Untuk Pemula

Podcast saat ini sedang naik daun. Hampir semua orang ingin membuat blog audio itu, mulai dari pembuat konten hingga orang biasa. Karena membuatnya sangat mudah dan Anda dapat mendengarkan atau memposting dengan cepat.

Salah satu tempat untuk memposting podcast Anda adalah Spotify. Ya, kemungkinan blog audio Anda didengar bahkan lebih tinggi, karena Spotify memiliki begitu banyak pengguna.

Jadi bagaimana cara membuat podcast di Spotify atau cara mengunduhnya? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Buat Podcast Di Spotify Gratis
Cara Buat Podcast Di Spotify Gratis

Sejarah podcast yang perlu diketahui

Sebelum mengunggah atau membuat podcast di Spotify, ada baiknya mengetahui riwayat Anda terlebih dahulu. Oleh karena itu, kita akan mulai dengan definisi podcast itu sendiri. Apa itu podcast? Pada dasarnya, podcast berasal dari gabungan kata iPod dan Broadcast.

Ya, karena pada zaman dahulu, orang hanya bisa menyiarkan atau mengalirkan rekaman audio ini melalui iPod. Jadi jangan heran jika iPod memainkan peran penting dalam sejarah rekaman suara siaran.

Perbedaan antara podcast dan radio adalah siaran radio dilakukan secara real time, sedangkan untuk podcast Anda dapat merekam dan mengeditnya terlebih dahulu. Ya, pada dasarnya ini adalah blog audio. Karena isinya bisa bermacam-macam, baik itu diskusi atau sekedar cerita.

Baca Juga :  Video Bokeh 10 Aplikasi Edit Video Iphone Dan Android Gratis Terbaik Dan Terpopuler 2022

Kembali dalam sejarah, blog audio telah ada sejak tahun 1980-an. Jauh sebelum ada teknologi yang disebut internet. Namun, baru pada tahun 2000-an blog audio yang menggunakan istilah podcast menjadi dikenal luas.

Istilah podcast awalnya diperkenalkan oleh reporter BBC Ben Hammersley. Anda tahu, kantor media besar di Inggris. Hanya ketika Hammersley menggunakan istilah itu, orang-orang mengenali blog audio sebagai podcast.

Mengapa memilih podcast sebagai media?

Setelah mengetahui kisahnya, pertanyaan selanjutnya sekarang adalah mengapa podcast meledak? Ini karena konten seperti ini dapat didengar sambil melakukan apa saja. Berbeda dengan konten video, teks atau foto, yang hanya membutuhkan konsentrasi untuk diapresiasi.

Selain itu, durasi podcast juga bervariasi. Beberapa berlangsung satu jam dan yang lain hanya sepuluh menit. Itu semua tergantung pada konten rekaman audio. Tidak perlu banyak usaha untuk mendengarnya.

Seperti disebutkan di atas, ada banyak jenis podcast. Misalnya, untuk komedi, Anda bisa mendengar Podkesmas Ananda Omesh, Surya Insomnia, Angga Nggok, dan Imam Darto. Sementara itu, bagi yang serius mengambil formulir klarifikasi, Anda dapat mendengarkan podcast Close The Door Deddy Corbuzier. Anda dapat mendengarkan semua podcast ini di Spotify.

Berikut cara membuat podcast di Spotify

Jadi, jika sebagian besar podcast ada di Spotify, bagaimana Anda membuatnya? Tenang saja, untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus tahu dulu cara membuat podcast.

Apa yang Anda butuhkan untuk membuat podcast? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Aplikasi Karaoke Gratis Android Terbaik Dan Iphone Gratis 2022

1. Pilih jenis konten yang akan dibuat

Cara pertama untuk membuat podcast adalah dengan menentukan genre konten. Seperti yang kita ketahui, genre dari rekaman audio ini bermacam-macam, dari horor hingga komedi. Nah, Anda harus memutuskan mana yang ingin Anda lakukan.

2. Pilih perangkat perekaman

Setelah mengetahui konten podcast yang akan dibuat, hal selanjutnya yang harus disiapkan tentu saja adalah alat perekam. Untuk poin ini, tidak perlu menyiapkan alat yang mahal. Gunakan smartphone yang Anda gunakan untuk merekam podcast.

Namun, Anda juga dapat mengatur mikrofon, headphone, dan mixer untuk merekam. Karena pada dasarnya kualitas audio yang dihasilkan pasti berbeda saat merekam dengan ponsel dibandingkan dengan rekaman yang benar.

3. Atur alat pengeditan

Setelah audio direkam, Anda dapat langsung mengunduhnya. Namun, kebanyakan orang memilih untuk mengedit podcast yang mereka buat terlebih dahulu. Anda dapat mengubahnya menggunakan Adobe Audition di Logic Pro X. Yang terpenting adalah Digital Audio Workstation (DAW).

Agar DAW berfungsi, Anda jelas membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi audio yang bagus. Ya, pastikan saja laptop atau komputer yang Anda gunakan sudah memiliki sound card tersendiri. Ini bukan kartu suara yang terpasang di motherboard, kan?

4. Unduh podcast dari Spotify

Sekarang, setelah file audio Anda selesai dan siap untuk diunduh, langkah selanjutnya jelas adalah membuka Spotify. Untuk melakukan ini, Anda dapat pergi ke halaman podcaster.spotify.com. Halaman ini adalah tempat khusus bagi siapa saja yang ingin mengunduh podcast dari Spotify.

Setelah itu, Anda dapat mengikuti beberapa langkah untuk mengunggah file audio Anda ke Spotify. Bagaimana? Lihat ke bawah.

  • 1. Saat berada di halaman podcaster.spotify.com, Anda bisa login terlebih dahulu atau jika belum memiliki akun, sign up terlebih dahulu.
  • 2. Setelah login, Anda dapat mengklik “Start ” pada “Kirim halaman podcast Anda “.
  • 3. Selanjutnya akan ada halaman yang menampilkan “Syarat dan Ketentuan “. Anda dapat membacanya atau cukup gulir ke bawah dan centang kotak, lalu klik “Lanjutkan “.
  • 4. Kemudian masukkan link RSS feed pada kotak yang tersedia pada halaman yang terbuka.
  • 5. Masukkan judul dan sampul podcast yang ingin Anda gunakan. Jika Anda belum menyediakannya, ya, buatlah terlebih dahulu. Jika ada, Anda bisa klik ‘Next ‘.
  • 6 Selanjutnya, periksa apakah semua informasi podcast yang Anda masukkan sudah benar atau belum.
  • 7. Jika sudah yakin semuanya sudah benar, klik “Kirim “.
  • 8. Setelah itu, podcast akan muncul dalam beberapa saat dan selesai.
Baca Juga :  Cara Unduh Video Instagram Dengan Mudah Dan Cepat Tanpa Aplikasi

Sebagai catatan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membuat podcast di Spotify. Pertama, judul podcast tidak boleh melebihi 20 karakter. Kedua, sampul yang dihasilkan tidak boleh menggunakan gambar orang lain atau melanggar hak cipta. Ketiga, konten unggulan tidak mengandung materi SARA. Karena sudah menjadi aturan langsung Spotify.

Itu tadi penjelasan cara download podcast Spotify yang perlu kamu ketahui. Sangat mudah bukan? Anda juga bisa menjadi pembuat konten sekarang dengan artikel ini. Siapa tahu Anda mungkin menjadi Eddie Corbuzier berikutnya?

Jadi bisakah Anda membuat podcast di Spotify?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.