7 Biaya Membeli Apartemen Yang Harus Ditanggung Dan Diperhatikan

Apakah Anda ragu untuk membeli apartemen atau rumah keluarga tunggal? Jangan salah, karena apakah Anda menginginkan apartemen atau rumah keluarga tunggal, keduanya memiliki pro dan kontra. Untuk apartemen, salah satu keunggulannya adalah kelengkapan peralatan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jadi, bagi Anda yang mencari akomodasi dengan fasilitas dan akses yang memadai, apartemen adalah pilihan terbaik. Tidak hanya fasilitas, seperti kolam renang, pusat perbelanjaan, restoran, apartemen seringkali juga dekat dengan fasilitas umum. Bahkan, banyak apartemen saat ini sudah terintegrasi dengan transportasi umum, seperti stasiun kereta api.

Berlokasi strategis, apartemen ini juga memiliki kemampuan untuk memberikan tambahan passive income jika disewakan. Selanjutnya selain dekat dengan transportasi umum, apartemen ini juga dekat dengan pusat kota dan institusi pendidikan seperti universitas.

Harga satuan umumnya lebih rendah daripada harga cottage. Hanya saja selain harga apartemen, ada beberapa biaya yang perlu diperhatikan saat ingin membeli apartemen dengan program perbankan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Biaya Membeli Apartemen

7 Biaya Membeli Apartemen Yang Harus Ditanggung Dan Diperhatikan

Sama seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), KPA juga membutuhkan berbagai hal seperti biaya pengadaan dan pajak. Agar Anda lebih paham, berikut beberapa pajak yang harus Anda bayarkan saat membeli apartemen.

1. Anda harus membayar biaya apartemen.

Biaya apartemen adalah yang tertera di brosur apartemen. Pengembang biasanya menyertakan nilai penjualan bersama dengan persyaratan uang muka. Artinya Anda harus menyiapkan uang muka untuk membeli apartemen dan selebihnya bisa meminta KPA.

2. Anda harus membayar biaya penyediaan

Besarnya biaya provisi sangat bervariasi karena tergantung pada masing-masing bank, khususnya pada promosi yang ditawarkan. Meskipun berbeda untuk setiap mata pelajaran, rata-rata biaya akrual yang dikenakan adalah antara 0,5% hingga 3,5% dari keseluruhan plafon pinjaman yang diberikan.

Baca Juga :  Ketahui Tentang PHK, Hutang, Dan Investasi Saat Resesi

3. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Biaya tambahan lainnya adalah pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Saat membeli apartemen menggunakan KPA, biasanya Anda harus membayar PPN. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah.

Biaya Membeli Apartemen

4. Biaya Pembebasan Tanah dan Harga Konstruksi (BPHTB)

Selain itu, tambahan biaya Royalti untuk perolehan harga tanah dan bangunan (BPHTB). Saat membeli apartemen menggunakan KPA, Anda juga harus membayar harga pembelian tanah dan bangunan.

Besaran BPHTB adalah lima persen dari harga rumah susun setelah dikurangi Nilai Jual Benda Tidak Kena Pajak (NJOPTKP). Besaran NJOPTKP bervariasi menurut wilayah.

5. Biaya Tagihan Penjualan (AJB), Uraian dan Biaya Transfer Nama (BBN)

Meskipun termasuk biaya tambahan, biaya AJB, Pertelaan dan BBN umumnya dihitung dalam satu kali pembayaran atas harga jual apartemen.

Baca Juga :  5 Bisnis Menguntungkan Bidang UKM Yang Bisa Anda Geluti

6. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Biaya tambahan berikutnya adalah pengenaan biaya tambahan berupa Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Umumnya, PBB disampaikan setiap bulan Maret melalui Surat Pemberitahuan Penghasilan Terutang (SPPT).

7. Biaya perawatan

Biaya tambahan lain yang harus Anda ketahui saat membeli apartemen adalah Anda harus membayar biaya perawatan sejumlah struktur, baik itu perawatan gedung, biaya keamanan, biaya kebersihan, biaya listrik, tempat parkir. , dll.

Besarnya pengeluaran ini tergantung dan akan diatur oleh pengelola apartemen, pengeluaran ini umumnya bulanan atau tahunan dan disesuaikan dengan fasilitas yang akan Anda nikmati sehari-hari.

Biaya Membeli Apartemen

Itulah 7 Biaya Membeli Apartemen Yang Harus Ditanggung Dan Diperhatikan

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.