Inilah 4 Bank BUMN Dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi Di Indonesia

Bank BUMN Dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi

Bank memainkan peran penting dalam perekonomian. Selain untuk menyimpan dana masyarakat, bank juga dapat digunakan untuk menyimpan barang berharga, memberikan kredit dan berinvestasi. Oleh karena itu, salah satu fungsi bank adalah sebagai perantara antara pihak yang memiliki dana dengan pihak yang membutuhkan.

Menurut Undang-Undang (UU) n. 7 tahun 1992, bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak atau yang biasa dikenal dengan fungsi intermediasi. .

Indonesia memiliki bank sentral, Bank Indonesia. Sedangkan menurut jenisnya, bank dibedakan menjadi berbagai macam, yaitu bank umum, bank pembangunan daerah (BPS), bank perkreditan rakyat (BPS), bank asing, bank swasta, dan bank syariah. Setiap bank melayani fasilitas perbankan yang hampir sama. Perbedaannya adalah ada beberapa kebijakan, prinsip, dan properti yang membedakannya.

Bank memiliki beberapa produk keuangan, selain tabungan juga terdapat produk investasi yaitu deposito. Deposito berjangka merupakan produk jasa keuangan bank yang menawarkan imbal hasil lebih tinggi dibandingkan tabungan dengan tingkat risiko yang relatif rendah.

Baca Juga :  7 Efek Negatif Kartu Kredit Yang Wajib Diketahui Bagi Pemula

Setidaknya ada lebih dari 100 bank di Indonesia yang memiliki produk simpanan. Daripada bingung, Anda bisa memulainya dengan bank umum, terutama bank umum yang memiliki suku bunga simpanan tertinggi.

Inilah 4 Bank BUMN Dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi Di Indonesia

Bank milik negara antara lain Bank Negara Indonesia 1946 (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BIS), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri. Berikut review dari mana data tersebut berasal dari Cash Data Center Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia, terupdate 29 Juni 2021.

#1. Bank Tabungan Negara (BTN)

BTN menempati urutan pertama sebagai bank umum dengan bunga deposito tertinggi pada Juni 2021. Tingkat bunga deposito tergantung pada jumlah dana yang disimpan ditambah durasi. Per 29 Juni 2021, rata-rata suku bunga deposito rupiah 1 bulan adalah 3,13%, 3 bulan 3,12%, 6 bulan 3,25% dan 3,25% untuk deposito rupiah. 12 bulan.

Baca Juga :  6 Aplikasi Authenticator Terbaik untuk 2FA dan Keamanan Akun yang Ditingkatkan

#2. Bank Rakyat Indonesia (BIS)

Rata-rata suku bunga deposito rupiah yang diterapkan oleh BIS adalah 2,85% pada 1 bulan, sehingga deposito 3 bulan mendapatkan tingkat bunga rata-rata 2,85%, sedangkan deposito di atas 6 bulan mendapatkan tingkat bunga 3%. jangka waktu 12 bulan.

#3. Bank Negara Indonesia (BNI)

Untuk simpanan BNI Rupee, dengan durasi 1 bulan, rata-rata suku bunganya 2,85%, juga diberikan suku bunga yang sama sebesar 2,85% untuk jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. BNI mewajibkan nasabah yang ingin melakukan setoran untuk menyetor minimal Rp 10 juta dengan jangka waktu retensi 1, 3, 6, 12 dan 24 bulan.

#4. Bank Mandiri

Banca Mandiri menawarkan rata-rata suku bunga deposito dalam rupiah sebesar 2,88% untuk jangka waktu 1 bulan dan 3,25% untuk jangka waktu 3 bulan. Jadi untuk uang jaminan 6 bulan bunganya 3% dan untuk 12 bulan juga 3%.

Selain menyumbangkan uang, persyaratan umum untuk menyetorkan deposito adalah memiliki rekening tabungan di masing-masing bank yang terlibat. Kemudian siapkan juga dokumen identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor, isi formulir permintaan pembukaan deposit. Tidak hanya itu, ada juga biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan deposit dari bank.

Baca Juga :  5 Cara Mengajarkan Anak Menghemat Uang Biar Tidak Boros

Biaya tersebut meliputi bea materai, biaya administrasi bulanan dan biaya bilyet. Ingatlah untuk memastikan berapa persentase denda yang akan Anda terima jika tiba-tiba harus menarik deposit Anda sebelum batas waktu yang disepakati. Besaran denda ini tergantung kebijakan masing-masing bank.

Demikian Inilah 4 Bank BUMN Dengan Suku Bunga Deposito Tertinggi Di Indonesia

Dari ulasan di atas, jika Anda benar-benar tertarik untuk menyimpan dana di bank umum, ini bisa dijadikan referensi. Jika Anda menginginkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi cabang bank atau unit kerja terdekat dengan lokasi Anda.

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.