Bagaimana Menghubungkan HP Ke TV? Berikut 3 Cara Mudah Dan Simplenya

Bagaimana Menghubungkan HP Ke TV

Buat kamu yang suka main game atau nonton film di HP pasti sering bertanya-tanya bagaimana cara menghubungkan HP ke TV agar bisa bermain game atau menonton film di layar yang lebih besar, kan?

Cara menampilkan layar ponsel di TV sebenarnya cukup sederhana, Anda hanya perlu menghubungkan ponsel ke TV melalui kabel MHL atau secara nirkabel menggunakan dongle seperti Google Chromecast, Miracast dan Anycast yang sedang populer saat ini. Dengan perangkat ini, Anda dapat melakukan streaming langsung dari ponsel ke TV.

Jadi bagaimana? Mari kita bahas satu per satu. Berikut cara streaming dari ponsel ke TV menggunakan kabel MHL, Google Chromecast, dan Anycast.

Bagaimana Menghubungkan HP Ke TV? Berikut 3 cara mudah Dan Simplenya Menghubungkan dari HP ke TV

Untuk menghubungkan ponsel Anda ke TV dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Anda hanya perlu menyediakan kabel MHL dengan dua konektor yaitu Micro USB/USB C ke HDMI.

Tapi pertama-tama pastikan ponsel Anda mendukung fungsi MHL. Tidak semua HP mendukung teknologi ini. Silakan periksa dulu apakah kabel jenis ini cocok dengan port ponsel Anda. Anda dapat memeriksa ini di situs web resmi MHL.

1. Cara menghubungkan ponsel ke TV menggunakan kabel Micro USB ke HDMI MHL adalah sebagai berikut:

  • 1. Pertama, matikan TV dengan menekan tombol ‘Power ‘ atau tombol ON/OFF.
  • 2. Selanjutnya, sambungkan ponsel ke TV dengan memasukkan ujung datar kabel MHL ke port HP, sedangkan ujung kabel yang lebih besar dimasukkan ke soket di TV berlabel HDMI.
  • 3. Kemudian, hidupkan kembali TV dan ubah saluran ke opsi HDMI.
  • 4. Kemudian pilih opsi “Koneksi HDMI ” di ponsel Anda.
  • 5. Sekarang layar ponsel Anda juga dapat dilihat di TV. Anda dapat mengatur layar ponsel secara horizontal agar sesuai dengan area layar TV dan membuatnya lebih nyaman untuk ditonton.
Baca Juga :  Bagaimana Menghubungkan Headset Bluetooth Ke Android Smartphone

2. Cara mentransmisikan ponsel ke TV menggunakan Google Chromecast

Terlebih lagi, Anda juga dapat melakukan streaming dari ponsel ke TV menggunakan Google Chromecast.

Google Chromecast adalah perangkat Google khusus yang dapat digunakan untuk menikmati streaming konten multimedia. Bagi Anda yang tidak memiliki smart TV, Google Chromecast sudah pasti menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki.

Menariknya, meski dikembangkan oleh Google, pengguna iPhone juga bisa menggunakan Chromecast. Jadi selain ponsel Android, pengguna Apple juga bisa menggunakan Chromecast.

Persyaratan utama untuk menggunakan Chromecast adalah Internet. Ya, Anda perlu menyediakan jaringan internet untuk menggunakan Google Chromecast.

Pengoperasian Chromecast sendiri cukup unik. Anda dapat menemukan konten yang ingin Anda tonton di ponsel Anda. Kemudian tekan tombol “Cast “, ponsel Anda akan mengirimkan semacam tautan ke Chromecast. Setelah itu, Chromecast Anda akan memutar konten yang terhubung menggunakan jaringan Internet yang Anda sambungkan.

Anda tidak akan melihat proses pengiriman tautan itu sendiri. Alasannya adalah bahwa sistem melakukan ini secara otomatis.

Berikut cara menyambungkan ponsel ke TV menggunakan Google Chromecast:

  • 1. Di dalam paket Google Chromecast, Anda akan menemukan Chromecast, kabel USB, dan kabel pengisi daya. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari port HDMI di bagian belakang atau tepi TV dan sambungkan Chromecast ke port HDMI di TV.
  • 2. Kemudian nyalakan TV dan tekan tombol ‘Enter ‘. Setelah itu, akan muncul opsi koneksi HDMI yang cocok dengan Chromecast Anda.
  • 3. Pilih opsi HDMI yang bertuliskan Chromecast, misalnya Chromecast HDMI atau Chromecast HDMI-CEC.
  • 4. Selanjutnya, unduh aplikasi Google Home di ponsel Anda dan selesaikan pengaturannya, misalnya dengan membuat akun di aplikasi Google Home.
  • 5. Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan kode yang ditampilkan di layar TV melalui aplikasi Google Home untuk proses pairing. Hubungkan aplikasi Google Home ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan TV Anda.
  • 6. Chromecast dan TV terhubung dan Anda dapat menjalankan aplikasi berkemampuan Chromecast di layar TV.
  • 7. Untuk melihat konten ponsel di TV, cukup tekan tombol “Cast ” di layar aplikasi HP. Tombol ini biasanya terletak di kanan atas aplikasi dan memiliki ikon di layar TV.
  • 8. Anda dapat mengontrol tampilan Anda dengan HP. Selain menonton video dari beberapa aplikasi (contoh: Netflix, YouTube, iflix), Anda juga dapat mendengarkan musik di TV melalui beberapa aplikasi (contoh: Spotify) dan bermain game.
Baca Juga :  Daftar 10+ Merk Dan Harga Speaker Aktif Terbaik & Berkualitas Bersura Jernih 2022

3. Cara streaming dari HP ke TV menggunakan Anycast

Anycast kini sudah tersedia di pasaran dan dijual dengan harga terjangkau. Penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Google Chromecast.

Anycast sendiri menggunakan teknologi Miracast yang disetujui oleh Asosiasi WiFi. Tujuan dari teknologi Miracast sendiri adalah kemampuan untuk menghubungkan perangkat ke layar secara nirkabel, tanpa menggunakan kabel HDMI. Pada dasarnya, sambungkan ponsel ke TV dengan koneksi WiFi.

Kekurangan dibandingkan dengan Chromecast, layar TV adalah cermin dari ponsel Anda. Jadi seperti halnya menggunakan kabel HDMI, apa yang ditampilkan di layar TV sama persis di ponsel. Saat menonton, layar ponsel harus tetap menyala untuk membaca layar TV. Tentu saja ini berarti baterai ponsel Anda akan cepat habis.

Baca Juga :  Harga TWS Sennheiser Momentum True Wireless 3 Yang Berfitur Canggih

Kelebihannya, Anycast tidak membutuhkan koneksi internet. Sekali lagi, seperti halnya dengan kabel HDMI, Anda dapat langsung menghubungkan ponsel Anda ke TV tanpa internet. Anda dapat mengunduh film terlebih dahulu, menyimpannya ke ponsel Anda dan kemudian menontonnya di TV menggunakan Anycast. Tentu saja, jika Anda mau, perhatikan baterai perangkat.

Berikut cara menyambungkan ponsel ke TV menggunakan Anycast:

  • 1. Pertama, siapkan Anycast untuk digunakan.
  • 2. Kemudian unduh aplikasi Anycast ke ponsel Anda melalui Google Play Store.
  • 3. Setelah mengunduh aplikasi Anycast, temukan port HDMI di bagian belakang atau samping TV dan sambungkan Anycast ke port HDMI di TV.
  • 4. Setelah terhubung, buka / aktifkan koneksi WiFi di ponsel Anda. Masukkan nama SSID dan kata sandi yang ditampilkan di layar TV.
  • 5. Setelah terhubung, buka aplikasi Anycast di ponsel Anda dan tekan tombol AnyCast kecil yang sudah terhubung di TV, tunggu layar berubah dan tunggu hingga berhasil terhubung.
  • 6. Layar ponselnya muncul di TV. Anda dapat mengatur layar ponsel secara horizontal agar sesuai dengan area layar TV dan membuatnya lebih nyaman untuk ditonton.

Berikut beberapa cara streaming dari HP ke TV menggunakan kabel MHL, Google Chromecast dan Anycast. Bermain game atau menonton film menjadi lebih nyaman dan gratis karena menggunakan layar yang lebih besar. Semoga beruntung!

Demikian ulasan Bagaimana Menghubungkan HP Ke TV DEngan 3 cara mudah Dan Simplenya

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.