Rekomendasi 7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Untuk Pemula Biar Tidak Salah Pilih

Saat ini sudah banyak penyedia layanan penyimpanan cloud untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan file pribadi Anda di “cloud “.

Selain dapat diakses melalui browser, banyak dari layanan cloud storage ini juga tersedia dalam bentuk software dan aplikasi smartphone untuk kenyamanan penggunanya.

Dengan semakin banyaknya layanan tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk memilih aplikasi penyimpanan cloud terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekomendasi 7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik Untuk Pemula Biar Tidak Salah Pilih

Aplikasi Cloud Storage Terbaik

Jika Anda ingin menggunakan penyimpanan awan tetapi masih tidak yakin layanan mana yang harus dipilih, 7 tips ini dapat membantu Anda menemukan layanan penyimpanan awan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

Baca Juga :  6 Aplikasi Stabilisasi Video Android & iOS Terbaik Gratis Yang Direkomendasikan Untuk Penyuka Fotografi

1. Periksa fitur sinkronisasi musik di semua perangkat Anda

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: SugarSync

Mendengarkan musik sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Bayangkan suatu hari kehilangan seluruh koleksi musik Anda. Hari yang awalnya optimis bisa berubah drastis menjadi hari yang pesimis.

Layanan penyimpanan cloud dengan kemampuan sinkronisasi musik sudah menjadi kebutuhan. Dengan cara ini, Anda dapat menambah koleksi musik Anda dari mana saja. Salah satu layanan yang memenuhi kebutuhan ini adalah SugarSync, yang memungkinkan Anda dengan mudah menarik dan melepas file musik dari mana saja di browser.

2. Apakah Anda memerlukan fungsionalitas streaming video dan musik?

Aplikasi penyimpanan cloud Kandidat: Microsoft OneDrive

Melanjutkan dari poin pertama tentunya akan lebih kuat lagi jika bisa langsung streaming koleksi musik dari perangkat kering untuk hiburan. Ini sangat berguna ketika Anda baru saja mengganti laptop kerja atau smartphone Anda terendam air dan tidak dapat direset.

Pilihan terbaik untuk kebutuhan ini adalah Microsoft OneDrive berkat integrasinya dengan pemutar musik online (sebelumnya Microsoft Groove, sekarang Spotify) yang dapat memutar koleksi musik Anda yang tersimpan di OneDrive.

Baca Juga :  Cara Bergabung Menjadi Affiliate TikTok.

3. Pastikan ada fitur download file terjadwal

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: Google Drive

Fitur download file terjadwal bisa menjadi solusi bagi Anda yang pelupa. Ketika kejadian yang tidak diinginkan sering terjadi di waktu yang tidak terduga, mendownload data secara rutin dan terjadwal tentu sangat berguna.

Google Drive dengan fitur download biasa bisa membuat Anda bernafas lega.

4. Untuk keamanan, periksa juga apakah fungsi enkripsi tersedia

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: Mega

Meskipun opsional, perlu menambahkan fungsi enkripsi ke kriteria pemilihan layanan penyimpanan cloud. Ini untuk mencegah praktik yang disebut hotlinking, di mana orang lain dapat melihat file Anda dengan mengetikkan nama file ke mesin pencari.

Salah satu penyimpanan cloud dengan fitur enkripsi terbaik adalah Mega, di mana semua file Anda akan “dikunci ” dari awal hingga akhir. Dengan kata lain, untuk mengakses file, Anda harus menahan tombol untuk membuka kunci, semuanya ditautkan ke detail akun Anda.

Baca Juga :  Berikut 10 Aplikasi Edit Video Animasi Terbaru Android Dan iOS 2022 Gratis

5. Hindari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan ada fungsi restore data

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: Google Drive

Google Drive memiliki kebijakan penyimpanan file yang Anda hapus selama 30 hari. Bagi Anda yang paranoid dengan risiko terhapusnya file secara tidak sengaja, mungkin ini bisa menjadi solusi cerdas.

6. Bagi kalian yang pelupa, alangkah baiknya jika cloud storage bisa mengingat struktur foldernya

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: Google Drive

Fungsionalitas seret dan lepas telah menjadi standar di banyak layanan penyimpanan cloud. Khusus di Google Drive, layanan ini dapat mengingat struktur folder bagi Anda yang lupa. Jadi Anda tidak perlu mengingat dua struktur folder yang berbeda di komputer dan di cloud.

7. Perbandingan antara harga dan kapasitas penyimpanan

Kandidat terbaik untuk aplikasi penyimpanan cloud: Mega

Di antara penyedia cloud storage dengan pengguna terbanyak, Mega mungkin bisa menjadi pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Penyimpanan gratis kapasitas 50 GB untuk pengguna gratis dan penyimpanan 1 TB dengan harga 4 EUR atau sekitar Rp 80.000.

Bagaimana Anda yakin ingin memilih penyimpanan cloud terbaik?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.