13 Aplikasi Belajar Online Smartphone Yang Bisa Kamu Coba Yang Direkomendasikan Kemendikbut

Belajar kini bisa dilakukan oleh mana saja. Tidak harus bertatap muka dengan guru les maupun bimbingan belajar, kegiatan belajar pun kini sudah bisa dilakukan secara online hanya dengan menggunakan smartphone dan aplikasi-aplikasi belajar online smartphone. Apa saja aplikasi yang bisa kita gunakan untuk belajar online? Berikut ini adalah daftar aplikasi belajar smartphone online yang bisa kamu coba.

Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, presiden Jokowi telah menghimbau masyarakat agar melakukan kegiatan belajar, beribadah, dan bekerja di rumah.

Meski anak-anak kini diwajibkan belajar oleh rumah, bukan berarti proses belajar-mengajar berhenti. Demi mendukung aktivitas belajar dari rumah, bebepa perusahaan rintisan berbasis teknologi dan pendidikan tinggi kepada Kemendikbud untuk memberikan bantuan gratis.

13 aplikasi belajar online smartphone yang bisa kamu coba Yang Direkomendasikan Kemendikbut

Aplikasi Belajar Online Smartphone

Harapan agar para siswa, guru, dan orang tua dapat menggunakan aplikasi belajar online gratis dapat mendukung aktivitas belajar secara efektif. Berikut aplikasi belajar online yang bisa kamu akses tanpa mengeluarkan biaya.

1. Ruangguru

Mencari aplikasi untuk belajar online sekaligus dengan tutor dan guru yang membimbing? Ruangguru bisa jadi pilihanmu. Ruangguru menyediakan les private sera online. Ruangguru Merupakan aplikasi belajar online dengan solusi terlengkap untuk mengatasi kesulitan belajarmu. Ruangguru menyediakan konten untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP,

Hingga SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar-pengajar terbaik yang sudah berpengalaman. Oleh dalam aplikasinya, kamu juga bisa melakukan sesi tanya jawab dengan tutor dan guru secara langsung baik melalui obrolan video maupun panggilan. Selain itu, tersedia juga banyak video belajar untuk mempersiapkan ujian yang bisa kamu lakukan setiap saat. Bernat?

Baca Juga :  Cara Mudah Menggunakan Aplikasi Paralel Space Untuk Membuat Banyak Akun Di HP Anda

2.Kelas Kita

Aplikasi belajar online selanjutnya adalah KelasKita. Aplikasi belajar online KelasKita menawarkan fitur sosial, dimana kita bisa berinterkasi dengan pengguna lainnya sehingga aktivitas belajar pun menjadi menyenangkan. By KelasKita, kita bisa memilih kelas sesuai dengan minat kita masing-masing, mulai dari pemrogramman, desain grafis, bahasa, agama, dan lain sebagainya. Kita pun bisa memilih kelas mulai dari SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, hingga umum.

Selain itu, KelasKita juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya, yaitu fitur kampus (untuk membuat kelompok belajar umum atau pribadi/privat), fitur tambahan penghasilan (membuat kelas berbayar pribadi), fitur sertifikat kelompok belajar umum atau pribadi/instruktur dan mitra yang berasal dari bebepa lembaga pendidikan yang sudah terpercaya.

3. Quipper

Quipper memainkan merupakan salah satu aplikasi belajar online yang bisa kamu coba. Dengan Quipper, kegiatan belajar pun menjadi lebih fleksibel. Sebab, kamu bisa mengatur sendiri waktu belajarmu. Dengan menonton atau tanpa koneksi internet, kamu tetap bisa video pelajaran, menjawab soal-soal latihan, dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Belajar pun praktis dengan aplikasi Quipper yang satu ini.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Meja Belajar Anak untuk Mendukung Kegiatan Belajarnya (updated)

4. LESGO!

AYO! Aplikasi yang memungkinkan orang tua untuk dapat menemukan guru les privat secara online untuk anaknya masing-masing berdasarkan tingkat atau jenjang pendidikan, mata pelajaran, lokasi, hingga jadwal. Tujuan aplikasi belajar online yang satu ini yaitu untuk memfasilitasi kebutuhan para orang tua yang memiliki keterbatasan waktu dalam mencari tenaga guru dan tutor berkualitas bagi anak mereka. Khususnya untuk wilayah seperti Jabodetabek dengan tingkat kesibukan yang tinggi. Mencari guru les privat tidak hanya terkait dengan tingkatan dan mata pelajaran saja, melainkan juga terkait dengan jadwal antara murid dan guru.

Baca Juga :  10 Aplikasi Movie Streaming Online Gratis Android Terbaru, Terbaik Dan Terpopuler 2022

5. PrivatQ

PrivatQ merupakan applikasi belajar online yang juga memungkinkan kita untuk mencari dan memesan jasa untuk guru privat kapan saja dan dimana saja. Dengan menggunakan PrivatQ, kita bisa mencari guru dan tentor yang sesuai dengan kebutuhan kita. Guru dan tentor tersebut pun akan datang ke lokasi dalam waktu yang telah disepakati untuk membantu setiap kegiatan belajar kita. Guru dan tentor PrivatQ terdiri dari tenaga pengajar yang telah berhasil dan berpengalaman. Dengan metode pembelajaran yang proaktif dan menyenangkan, PrivatQ pun siap untuk membentu para siswa atau pelajar agar dapat belajar secara lebih efektif.

6. Rumah Belajar

Aplikasi belajar bold yang dikembangkan oleh Kemendikbud ini dapat menjadi alternatif sumber belajar berbasis teknologi. Berbagai fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Digital, Bank Soal, Buku Sekolah Elektronik, Peta Budaya, Karya Bahasa, dan Sastra, dapat dimanfaatkan oleh guru, siswa, dan orang tua secara bawaan yang ingin membimbing anaknya secara bebas.

Aplikasi Belajar Online Smartphone

7. Google: Google Suite untuk pendidikan

Aplikasi dari Google ini dapat diakses kapan pun secara online atau offline. Salah satu fitur yang menarik adalah Classroom. Fitur tersebut dapat menjadi kelas virtual yang dapat dibuat oleh guru untuk siswanya. By dalam “kelas ” guru dapat melakukan percakapan tertulis, memberikan tugas, penilaian, atau bahkan video streaming.

8. Kelas Pintar

Salah satu penyedia sistem pendukung edukasi era digital ini dapat memudahkan murid dan guru untuk menciptakan praktik belajar yang efisien. Anggota Kelas Paint gratis selama sebulan untuk guru dan siswa dari seluruh Indonesia. Untuk siswa dapat memanfaatkan fitur Tanya untuk menanyakan materi atau soal pada guru yang dilakukan pada pukul 0900-1200 dan 1800-2100 untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

Baca Juga :  10 Aplikasi Membuat Logo Gratis Android Dan PC Terbaik Untuk Brand Dagang OnlineShop 2022

9. Microsoft: Office 365 untuk pendidikan

Office 365 Education mendukung Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Microsoft Teams, dan semua layanan dapat digunakan secara online. Layanan ini bisa diperoleh secara gratis hanya dengan memasukkan alamat email sekolah yang sah dalam laman Microsoft Indonesia yang membahas tentang produk Office 365 Education.

10. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan live streaming mata pelajaran sesuai dengan jenjang yang telah disediakan dalam aplikasi. Sekolahmu kini sudah berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan seperti Sekolah Lazuardi, Cikal, dan Yayasan Diponegoro untuk menyusun materi belajar. Dalam situs Sekolahmu juga terdapat sesi sekolah online gratis dengan format live streaming melalui Youtube yang dipandu guru dari berbagai sekolah.

11. Zenius

Zenius menyediakan puluhan ribu video gratis dan konten lainnya dalam format SD, SMP, dan SMA. Seluruh platform dapat memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional. For guru juga dapat membagikan konten video pembelajaran dan melatih siswa untuk menjawab soal-soal yang ada dalam materi.

12. IndonesiaX

Demi meningkatkan kecerdasan bangsa, IndonesiaX menyediakan akses belajar untuk masyarakat melalui kursus berkualitas yang dibawakan oleh instruktur tbaik bangsa. Diluncurkan sejak 17 Agustus 2015, IndonesiaX berkomitmen untuk mengurangi disparitas atau pendidikan di Indonesia.

13. Meja Kita

Penyajian materi belajar yang dilakukan secara tematis sekaligus dilengkapi dengan forum diskusi ini dapat dijadikan sebagai platform tanya jawab untuk guru dan murid. MejaKita menyediakan pelajaran dari SD-SMA kering lengkap dan gratis. Untuk guru juga dapat berpraktik tentang tugas dan berbagai catatan dengan untuk murid.

Itulah daftar 13 aplikasi belajar online smartphone yang bisa kamu coba. Selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.