Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting untuk Blog

Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting untuk Blog

TipsSeo Info – Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting?, Bagi yang masih pemula atau yang baru mencoba dunia blogging, mungkin dalam benak anda bertanya – tanya “Apa sih arti SEO? Dan kenapa SEO Itu Begitu penting bagi website kita atau blog kita?”.

SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya yang dilakukan oleh seorang Webmaster atau seorang pemilik blog untuk meningkatkan keberadaan websitenya di mata search engine (Google dan Bing).

Bilamana ada situs yang muncul di halaman pertama search engine pastinya optimasi dari situs web tersebut sangat baik. Maka dari itu SEO itu sangat penting untuk kita lakukan agar website kita semakin dikenali oleh google dan bisa nongkrong dihalaman pertama google.

Dalam melakukan teknik dan strategi SEO pada sebuah website, ada 2 hal penting yang harus anda pelajari yaitu;

  1. SEO On Page
  2. SEO Off Page

Lalu apa itu SEO On Page dan SEO Off Page? Berikut ulasan apa itu seo friendly agar blog kita teroptimasi.

Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting untuk Blog

#1. Pengenalan Tentang SEO On Page

Seo On Page adalah upaya untuk melakukan optimasi pada sebuah website dari sisi dalam pada website tersebut. Misalnya seperti konten, desain web, judul, meta description, dll.

Melakukan optimasi website dengan teknik SEO On Page adalah hal yang wajib dan harus anda lakukan agar situs anda mendapat perhatian lebih dari google.

Baca Juga :  10+ Cara Mempercepat Koneksi Internet Android & iPhone Terbaru 2022

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan SEO On Page :

1. Melakukan Reset Keyword

Strategi untuk memaksimalkan optimasi pada website/ blog adalah “Reset Keyword”. Reset keyword adalah melakukan reset pada kata kunci yang paling banyak di ketik atau di cari orang.

Reset keyword dapat anda lakukan melalui tool-tool gratisan seperti Google Keyword Planner yang di sediakan oleh google secara gratis dan juga tool berbaya semisal ahreff.

Anda bisa lakukan reset keyword dengan masuk pada akun google yang anda miliki. Kemudian lakukan pencarian kata kunci melalui layanan Google Adwords.

2. memakai Template Blog Yang SEO Friendly Fast Loading

Template yang ringan dan fast loading akan mempermudah para pengunjung untuk menjelajah pada website/ blog anda.

Selain fast loading, Hal lain yang harus anda perhatikan adalah dari segi desain template agar bisa terlihat menarik, kemudian dari struktur code juga terlihat baik, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Title Tag di website kita

Title Tag atau judul adalah salah satu hal terpenting dalam melakukan stategi On Page SEO buat blog. Membuat judul yang baik menjadi alasan orang mau melihat dan berkunjung ke blog anda.

Tidak hanya judul pada blog tetapi juga judul pada artikel yang anda tulis. Lakukan reset keyword agar dapat menemukan judul yang baik untuk artikel anda.

4. Menambahkan Description Blog

Description adalah ulasan tentang topik yang anda bahas pada blog anda. Misalnya anda membahas tentang “Gadget”, anda harus menambahkan Description blog tentang gadget dan semua yang berhubungan dengan gadget.

Menambahkan description blog tidak usah terlalu banyak, maksimal yang dapat anda tambahkan sekitar 500 karakter.

5. Membuat Konten Yang Bermanfaat untuk Para Pembaca

Strategi SEO yang paling utama dan paling penting adalah Konten yang menarik dan bermanfaat. Kenapa? Karena konten atau artikel blog adalah “raja” (Content Is King), raja dari semua strategi SEO website kita.

Maka dari itu sebaiknya tulis artikel yang bermanfaat dan berguna bagi pengunjung yang datang pada blog anda.

Baca Juga :  Tips Belajar SEO Bagi Pemula Di 6 Blog SEO Terpopuler Didunia

6. Menggunakan Heading Pada Sub Judul

Selain memberi judul pada blog, memberikan heading pada sub judul juga penting untuk anda lakukan. heading terbagi menjadi 4 bagian yaitu (Heading 1, 2, 3, dan 4).

Kenapa Harus Menggunakan Heading? Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan relevansi dari artikel yang anda bahas.

Selain itu, heading juga dapat meningkatkan keberadaan artikel/ postingan blog pada search engine google.

7. Navigasi Situs Web Yang Baik

Navigasi situs yang baik akan mempermudah para audiens untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Hal ini dapat anda lakukan dengan memberikan kategori pada artikel yang anda tulis.

8. Membangun Internal Links

Maksud dari internal links adalah link yang masuk pada artikel yang anda tulis. Misal, artikel 1 ngelink ke artikel 3, kemudian artikel 3 ngelink ke artikel 2.

Anda bisa melihat contoh internal links yang baik seperti website berita terkenal di indonesia misal tribunnnews.com, detik.com dll.

9. Memberikan Tag Alt & Title Pada Gambar

Fungsi Alt dan Title adalah mempermudah mesin pencari menemukan gambar yang anda tambahkan pada postingan website/ blog anda.

Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting untuk Blog

#2. Pengenalan Tentang SEO Off Page

Seo Off Page adalah upaya yang harus dilakukan untuk optimasi pada sisi luar situs web anda. Cara melakukan teknik SEO Off Page yaitu dengan cara membangun Backlink.

Lalu, apa itu backlink? Backlink adalah link dari situs web lain yang mengarah pada situs web yang anda miliki.

Untuk membangun backlink carilah situs yang berkualitas dan memiliki Page Rank yang bagus agar dapat meningkatkan popularitas situs di mata search engine.

Berikut beberapa situs dengan page rank yang tinggi yang dapat anda gunakan untuk membangun backlink  sehingga blog kita lebih teroptimasi:

1. Link Dari Media Sosial

Media sosial seperti facebook, twitter, google plus memiliki ranking yang bagus, dan itu sangat cocok untuk membangun backlink.

Bagikan artikel yang anda tulis melalui media sosial agar mendapatkan backlink yang berkualitas, selain backlink anda juga bisa memikat para pengguna sosial media untuk berkunjung ke situs web anda.

Baca Juga :  Cara Konversi PDF Ke Excel Dengan Online Dan Offline Secara Mudah

2. Links Dari Web 2.0

Web 2.0 adalah layanan blog gratisan yang juga memiliki ranking yang bagus di mata google, seperti WordPress, Blogger, Tumblr dan lainnya.

Anda bisa melihat dafar lengkah situs Web 2.0 Disini. Cara membangun backlink dari situs web 2.0 dengan cara memberikan komentar pada artikel dengan masukkan url situs web anda.

3. Links Dari Forum

Link dari forum juga sangat bagus untuk membangun backlink. Contoh dari forum Indonesia yang terkenal adalah kaskus, forum detik, forum kompas, dan lainnya.

Buatlah postingan menarik pada forum – forum tersebut dengan mencantumkan url situs web anda atau bisa juga memberikan komentar dengan menambahkan url situs anda.

Apabila anda membangun backlink semacam itu seperti yang admin lakukan, tentunya backlink yang kita dapatkan sangat berkualitas dan bagus sekali buat blog kita sehingga lebih teroptimasi.

4. Links Dari Social Bookmark

Anda bisa membagikan artikel yang telah anda tulis pada situs sosial bookmark yang memiliki page rank tinggi seperti Diigo, Dig, Delicius, Stambleupon, dan lainnya, lebih lengkapnya anda bisa melihatnya disini.

Untuk membagikan artikel melalui situs sosial bookmark tentunya anda harus mendaftar dari situs tersebut satu persatu.

Membangun backlink dengan cara di atas adalah cara yang paling efek dan mudah untuk anda terapkan. Dan yang harus anda ingat bahwa jangan membangun backlink secara berlebihan, dampak buruknya website tidak ranking tapi malah anjlok.

Apa Itu SEO Dan Kenapa SEO Itu Begitu Penting untuk Blog

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu SEO on page dan off page, semoga dengan artikel singkat ini anda bisa sedikit paham dan tau apa itu SEO.

Situs TipsSEo Info juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.