5 Alternatif Software Office Gratis Selain Microsoft Word Untuk Menulis

Alternatif Software Office Gratis

Untuk pengguna Windows, tentu saja, perangkat lunak pengolah kata Microsoft Word sudah terprogram ke dalam memori, dengan berbagai trik efisien untuk mengedit file DOC dan DOCX.

Berbagai fiturnya memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat dokumen digital yang akurat. Namun, Microsoft Word, yang terintegrasi dengan suite Microsoft Office, tidak gratis untuk Anda.

Berikut 5 Alternatif Software Office Gratis Selain Microsoft Word Untuk Menulis

Jika Anda mencari alternatif Microsoft Word gratis, daripada menggunakan Microsoft Word versi crack, lebih baik Anda memilih salah satu dari 5 software pengganti Microsoft Word gratis di bawah ini.

1. WPS Office Free: memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Word

Dalam paket perangkat lunak gratis WPS Office Free Anda akan menemukan varian perangkat lunak bernama Writer yang dirancang untuk memproses dan mengedit dokumen. Sedangkan untuk interface, WPS Writer menghadirkan desain yang familiar dengan Microsoft Word, serta fungsionalitasnya yang tak kalah lengkap.

Keunggulan WPS Writer dibandingkan Microsoft Word adalah mendukung cloud backup dengan kapasitas hingga 1GB. Anda dapat menggunakannya untuk menyinkronkan file DOC dan DOCX antar perangkat elektronik.

2. LibreOffice: perangkat lunak pengolah dokumen sumber terbuka

Jika Anda sudah familiar dengan Microsoft Word versi lama, Anda akan cepat beradaptasi dengan tampilan LibreOffice yang memiliki nuansa nostalgia seperti Microsoft Word versi klasik.

LibreOffice sepenuhnya mendukung pembukaan dan pengeditan file DOC dan DOCX, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang file Word yang tidak dapat dibaca dalam perangkat lunak ini. Selain itu, LibreOffice juga merupakan bagian dari rangkaian perangkat lunak terintegrasi, mirip dengan Microsoft Office. Ada alternatif yang juga dapat menggantikan Excel atau PowerPoint dalam paket perangkat lunak gratis ini.

3. Apache OpenOffice – Memiliki bilah sisi dengan berbagai pintasan

Seperti LibreOffice, Apache OpenOffice juga dikembangkan open source dari basis kode yang sama. Dari segi fungsionalitas, Apache OpenOffice juga dapat bersaing dengan LibreOffice dan Microsoft Word dalam hal format. Selain itu, software ini juga memiliki ribuan tema dokumen yang dapat diunduh langsung dari situs resmi OpenOffice.

Dilihat dari antarmuka program pengolah dokumen, Apache OpenOffice memiliki sidebar dengan kumpulan pintasan untuk meluncurkan tombol pemformatan yang dapat Anda konfigurasi sendiri.

4. SoftMaker FreeOffice: cocok untuk memproses dokumen kertas

Dibandingkan dengan jajaran alternatif Microsoft Word sebelumnya, SoftMaker FreeOffice cenderung sederhana dari segi tampilan.

Bagi Anda yang tidak membutuhkan fitur pemrosesan dokumen yang rumit dan teknis, Anda dapat menggunakan SoftMaker FreeOffice, karena software ini hanya memiliki opsi format standar, sehingga cocok untuk mengolah dokumen kertas.

SoftMaker FreeOffice juga menawarkan template untuk diunduh, tetapi tidak cocok untuk mengedit file DOCX karena perangkat lunak tidak mendukung format ini.

5. Google Docs – Pemroses dokumen kolaboratif berbasis cloud

Alternatif ini mungkin yang terbaik dari perangkat lunak pengganti Microsoft Word sebelumnya. Google Documents menawarkan kemampuan pengeditan dokumen dengan integrasi ke berbagai layanan Google, seperti Gmail dan Google Drive.

Kerja kolaboratif adalah fokus utama Google Documents, tempat Anda dapat berbagi dokumen untuk diedit dengan kelompok kerja. Selain fitur pemformatan yang canggih, fitur berbagi file ini menonjol dari pesaing lain dengan fungsi yang mirip dengan Microsoft Word.

Selain itu, integrasinya dengan layanan Google Drive yang dapat diakses browser cukup memuaskan karena Anda dapat mengedit dokumen dari berbagai perangkat.

Itulah 5 Alternatif Software Office Gratis Selain Microsoft Word Untuk Menulis

Untuk mendapatkan aplikasi pengganti Microsoft Word di smartphone, Anda bisa merujuk ke artikel di atas.

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.