6 Tips Panduan Memilih Kartu Kredit Terbaik Untuk Nasabah Pemula

Panduan Memilih Kartu Kredit Terbaik Untuk Nasabah Pemula

Kartu kredit menjadi kebutuhan utama dalam setiap transaksi. Orang juga dapat memiliki lebih dari satu kartu kredit. Mengingat pentingnya, kartu kredit diasumsikan sebagai kartu kedua yang harus tersedia di dompet, setelah kartu identitas (KTP).

Kartu kredit menawarkan banyak kemudahan dan tidak merepotkan. Di era hegemoni digital, banyak orang menyukai kepraktisan. Kemudahan, kenyamanan dan keamanan yang dijanjikan juga menjadi alasan mengapa orang memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Sebelum mengajukan kartu kredit, berikut beberapa tips panduan kartu kredit terbaik untuk nasabah pemula

Saat ini, banyak bank yang berbondong-bondong mengeluarkan berbagai jenis kartu kredit. Untuk menarik nasabah, setiap bank menawarkan sejumlah keuntungan seperti gratis biaya tahunan, suku bunga rendah, diskon pembelian, dll.

Baca Juga :  16 Aplikasi Portabel Gratis untuk Siswa yang Dapat Dibawa Ke Mana Saja

1. Perhatikan biaya kartu kredit yang berbeda

Sebelum memilih kartu kredit, sebaiknya pertimbangkan sejumlah biaya, seperti biaya tahunan, bunga, biaya administrasi, dll. Kartu kredit dengan bunga tinggi umumnya cocok untuk Anda yang memilih menggunakannya sebagai pengganti pembelian tunai dan segera bayar tagihan kartu kredit Anda setiap bulan.

Meski memiliki suku bunga tinggi, jenis kartu kredit ini biasanya menawarkan nilai tambah, seperti gratis biaya tahunan, diskon, cashback, dan poin reward untuk setiap transaksi.

Kartu kredit dengan suku bunga yang lebih rendah cocok untuk Anda yang sering membayar tagihan dengan mencicil atau membayar dengan jumlah minimum. Jenis kartu kredit ini pasti mengenakan biaya tahunan dan biasanya tidak menawarkan banyak diskon atau pengembalian uang. Jika Anda memiliki sumber penghasilan tetap dan cukup untuk membayar tagihan Anda setiap bulan, suku bunga rendah layak menjadi faktor penentu dalam memilih kartu kredit ini.

2. Perhatikan penawaran diskon kartu kredit, semakin banyak diskon semakin baik

Salah satu faktor yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih kartu kredit yang tepat adalah penawaran potongan harga atau discount. Bagi yang suka berbelanja, carilah kartu kredit yang menawarkan banyak penawaran diskon, yang biasanya merupakan hasil kerjasama antara bank penerbit kartu kredit dengan berbagai vendor atau merchant.

Baca Juga :  10+ Tips Panduan Investasi Saham Lengkap Untuk Pemula Mulai Dari 0 Agar Sukses

Anda dapat memeriksa daftar pemasok yang bekerja dengan penerbit kartu kredit yang Anda pertimbangkan jika Anda sering berbelanja di sana atau jika barang yang didiskon adalah barang yang benar-benar Anda butuhkan.

3. Pertimbangkan sejarah bank penerbit kartu kredit

Faktor penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih kartu kredit adalah riwayat bank penerbit kartu kredit. Jika bank tersebut memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, Anda sebagai pemegang kartu kredit dari bank tersebut akan merasa lebih aman dan nyaman, sedangkan manfaat menggunakan kartu kredit akan lebih besar.

4. Pastikan keamanan dan kenyamanan menggunakan kartu kredit

Bagi Anda yang peduli dengan keamanan bertransaksi, pilihlah penerbit kartu kredit yang menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih kepada nasabahnya. Bentuk jaminan ini dapat berupa foto diri Anda atau tanda tangan pada kartu kredit yang fungsinya antara lain mengurangi risiko penyalahgunaan kartu kredit Anda. Saat ini, sebagian besar penerbit kartu kredit juga menawarkan asuransi bagi pemegang kartu kredit.

5. Perhatikan jangkauan jaringan bank penerbit

Berbagai macam kartu kredit cocok untuk pelanggan yang sering bepergian ke luar negeri. Jika Anda termasuk dalam kategori ini, sebaiknya pilih kartu kredit yang memiliki jaringan luas dan diterima di seluruh dunia, terutama di negara-negara yang sering Anda kunjungi. Dengan kemudahan penggunaan kartu kredit ke luar negeri, Anda bisa bepergian dengan nyaman.

Baca Juga :  Cara Mudah Menggunakan Bonus Dadakan Lazada Terbaru 2022

6. Pertimbangkan struktur fasilitas tambahan lainnya

Berbagai penerbit kartu kredit menawarkan hadiah kepada pelanggannya, yang dapat berupa merchandise, diskon pembelian, poin, atau lainnya. Jika Anda mencari berbagai reward yang ditawarkan oleh kartu kredit tertentu, jenis kartu kredit ini cocok untuk Anda.

Faktor tambahan yang perlu dipertimbangkan termasuk layanan tambahan seperti akses ke ATM di seluruh dunia, asuransi perjalanan, asuransi tagihan kartu kredit, dan lounge eksekutif di berbagai lokasi. Jika Anda sering menggunakan layanan tambahan tersebut, tidak ada salahnya memilih jenis kartu kredit ini.

Demikian artikel 6 Tips Panduan Memilih Kartu Kredit Terbaik Untuk nasabah Pemula

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.