5 Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Untuk Menambah Passive Income

Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda kelola saat ini. Misalnya perusahaan dagang dengan modal besar, modal kecil, atau tanpa modal. Perdagangan sendiri merupakan suatu bentuk usaha dimana terjadi transaksi jual beli antara pedagang/penjual dan pembeli.

Baik itu bisnis barang atau jasa. Selain barang dan jasa, jenis usaha pada umumnya akan sangat dipengaruhi oleh wilayah atau kondisi sosial masyarakat di wilayah perdagangannya. Tidak heran, ketika Anda pergi ke suatu daerah Anda sering menjumpai pedagang yang menawarkan produk yang sama.

Bagi Anda yang berencana untuk memulai usaha bisnis, kami memiliki beberapa contoh usaha bisnis yang berpotensi menguntungkan yang dapat dijadikan sebagai ide bisnis. Tidak peduli apa? Simak ulasan berikut.

Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

5 Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Untuk Menambah Passive Income

Ada dua jenis kegiatan komersial, yaitu jasa dan barang. Seperti namanya, layanan adalah layanan atau layanan yang Anda pasarkan. Sementara memperdagangkan barang berarti Anda memperdagangkan barang-barang nyata dan terasa. Seperti, makanan dan minuman.

1. Angkringan santai di kedai kopi

Jika ditanya bisnis apa yang tidak akan mati di Indonesia, jawabannya adalah kopi. Alasannya adalah bahwa sebuah perusahaan agak multi-skill atau multi-skill. Selain sebagai tempat ngopi, bar juga bisa jadi tempat hang out, bisa untuk kerja, bahkan beberapa kafe saat ini menyewakan venue pernikahan lho.

Perkembangan kopi cepat yang dibutuhkan karyawan atau komuter untuk menikmatinya, membuat bisnis ini semakin kuat di Indonesia. Jika Anda ingin membuat bar, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama, menu signature sebagai pembeda antara kedai kopi Anda dengan yang lain.

Kedua, jadikan bar Anda tempat yang nyaman untuk ditinggali. Juga, Anda dapat menyewa seorang desainer interior untuk memperbaiki lingkungan. Ketiga, pilihan kopi. Jangan salah, sekarang banyak orang yang bisa membedakan antara Arabica dan Robusta. Banyak juga orang yang sudah mulai menikmati kopi murni tanpa gula dan pelengkap lainnya seperti americano, long black atau espresso.

Baca Juga :  7 Bisnis Dropshipper Untuk Pemula Dan Keuntungan Berbisnis Dropshipper

2. Jual barang musiman melalui Dropshipping

Dari bisnis pertama, dropshipping telah menjadi model bisnis yang cukup berat bagi seseorang yang ingin memulai bisnis. Bisnis dropshipping mudah dilakukan dan memiliki risiko minimal.

Anda hanya perlu mencari supplier yang dropship dan menjualnya kembali. Juga ekosistem pasar e-commerce yang saat ini cukup kuat di tengah konsumsi produk Indonesia. Tentu, ini bisa menjadi kesempatan Anda.

Meskipun mudah dikelola, bisnis dropship juga membutuhkan strategi dan bukan hanya dalam mengelolanya. Ada beberapa poin yang perlu diingat. Pertama, jika Anda ingin menjual produk dropshipping Anda, Anda harus bisa mengamati tren pasar.

Bagaimana bisa?

Anda lihat, ketika Anda mengirimkan produk, Anda secara otomatis bersaing dengan pemasok. Untuk memastikan produk Anda juga dilihat oleh konsumen, kondisi yang memungkinkan hal tersebut terjadi adalah banyaknya permintaan produk tersebut. Misalnya, dalam waktu dekat akan ada tahun ajaran baru. Jadi barang yang mungkin banyak diminati bisa berupa buku, meja tulis, laptop, tas, dan perlengkapan sekolah.

Kedua, jangan hanya mengandalkan platform pasar. Alasannya sama dengan alasan pertama, yaitu Anda juga bersaing dengan pemasok. Oleh karena itu, perlu untuk menyebarkan jaringan di semua platform di pasar untuk meningkatkan kemungkinan orang lain dapat melihat produk Anda.

Ketiga, bisnis dropshipping hari ini dan kemarin jelas berbeda. Persaingan bisnis dropship di masa lalu tidak seketat sekarang. Oleh karena itu, produk yang Anda jual sulit dilihat oleh calon pelanggan. Agar konsumen melihat produk Anda, itu harus diiklankan. Saat ini, hampir semua pasar menawarkan layanan iklan produk yang membantu konsumen melihat toko Anda dengan lebih mudah.

Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

3. Berdagang layanan desain di media sosial

Rata-rata perputaran ekonomi masyarakat Indonesia berada pada tingkat usaha mikro dan kecil. Seperti kedai kopi, bisnis rumahan, atau perusahaan jasa profesional. Sayangnya, di sektor internet ini, selain memiliki platform, sebuah perusahaan juga membutuhkan digital brand atau bagaimana toko online-nya bisa lebih dikenal dan berbeda dari toko lainnya.

Baca Juga :  Inilah 7 Cara Tips Lolos Interview Kerja Sebelum Ketemu HRD

Comment, toko yang menanyakan identitas. Ini bisa berupa warna, media, konten, dan logo. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk membuka usaha jasa desain media sosial. Tidak seperti agen profesional, Anda dapat menargetkan kelas usaha mikro dan kecil. Harganya harus pas, ya!

Bagaimana cara memasarkannya?

Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat kartu tarif, yaitu daftar harga yang disusun menurut jenis layanan. Ini berarti Anda harus mengukur keterampilan Anda dan menyesuaikannya dengan harganya.

Misalnya berapa biaya konten, produksi video, desain per pesan, pedoman logo dan branding, desain fisik seperti kemasan atau menu. Pastikan Anda membuka opsi seluas mungkin untuk diri sendiri, apa yang Anda mampu, dan nilai yang pantas untuk Anda.

Langkah selanjutnya adalah memahami bagaimana menjual jasa desain media sosial sebagai bisnis yang menguntungkan. Pertama, Anda dapat membuat konten media sosial yang dapat menarik audiens yang besar, sehingga ketika Anda siap membuka layanan desain, Anda sudah memiliki audiens.

Kedua, Anda dapat mengiklankan dan mengkurasi portofolio desain Anda di media sosial. Ketiga, cara ini sebenarnya money game, tapi patut dicoba, yaitu mengirimkan logo atau desain jejaring sosial ke para pelaku usaha mikro atau kecil lho. Jadi, jika mereka puas dengan hasilnya, bukan tidak mungkin mereka menggunakan layanan Anda.

Terakhir, jual melalui pasar eCommerce. Jangan salah, saat ini pasar e-commerce juga bisa dilakukan untuk produk jasa lho.

4. jualan T-shirt atau Baju

Garmen merupakan bagian dari kebutuhan primer yang nilainya tergantung dari model, trend dan kebutuhan dari garmen itu sendiri. Oleh karena itu, bisnis jual beli baju tidak akan pernah mati, dan satu-satunya pembunuh bisnis ini adalah Anda, misalnya strategi yang belum matang, kurang mampu mengelola modal dan sedikit pengamat tren.

Baca Juga :  Harga Petalite Akan Naik, Demokrat Akan Bicarakan Efisiensi Anggaran IKN

Saat ini cara berjualan baju tidak hanya sekedar menjual baju dari merek atau distro seperti 10 tahun lalu. Arah ekosistem industri pakaian jadi kini lebih terfokus pada kekuatan kekayaan intelektual (HAKI) seseorang, yang murah dan diperlukan untuk tujuan komersial. Contoh pakaian yang menggunakan alamat IP tertentu, seperti pakaian K-Pop dan pakaian anime. Sedangkan pakaian murah dan bagus adalah pakaian bekas atau bekas desainer.

Karena pasarnya sudah ada, Anda tinggal memilih pasar yang ingin Anda ikuti. Selain dua hal di atas, orang-orang zaman sekarang cenderung membeli pakaian untuk bekerja atau untuk kebutuhan semi-casual. Jadi ketika Anda memilih untuk menjual pakaian dengan nama merek Anda, kekayaan intelektual orang lain atau toko barang bekas, Anda juga harus menjual pakaian untuk tujuan komersial.

5. Contoh perusahaan dagang lainnya

Selain empat contoh di atas yang bisa menghasilkan uang, ada contoh usaha bisnis lain yang bisa Anda jadikan inspirasi, yaitu:

Dagang barang untuk acara atau organisasi, seperti membuat gantungan kunci, stiker, mug atau kaos, dan lainnya. Apapun bisnis yang Anda jalankan, pastikan Anda paham betul apa yang Anda jual dan siapa yang akan membelinya. Pastikan juga Anda memilih partner yang tepat untuk bisnis atau bisnis Anda. Salah satunya, tentu saja, layanan pengiriman.

Pastikan Anda memilih layanan pengiriman yang andal yang menawarkan banyak opsi pengiriman, baik opsi cash on delivery maupun layanan, serta ekonomi yang mencakup seluruh area penjualan.

Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

5 Peluang Usaha Yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Untuk Menambah Passive Income

Situs TipsSeo juga membahas tentang Tips & Trik dan Aplikasi yang sedang viral, Sobat Dumai juga bisa membacanya karena bisa menjadi referensi untuk Sobat.

Jika merasa artikel ini dapat membantu Sobat, silakan share  atau bagikan artikel ini ke teman-teman Sobat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu… ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.