13 Cara Mengatasi Stres Dengan Cepat Sesuai Anjuran Psikolog

Cara psikologis mengatasi stres dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Mengalami stres merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia atau individu yang hidup di dunia. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengelola stres karena sulit untuk dihindari.

Liputan6.com melaporkan dari berbagai sumber bahwa ada tiga belas cara mengatasi stres menurut psikologi. Cara mengelola stres menurut psikologi bisa dimulai dengan memahami penyebab stres, menenangkan diri, meluangkan waktu untuk membenamkan diri di alam, mencoba bersosialisasi, memperbaiki gaya hidup.

Cobalah berbagai cara mengatasi stres menurut psikologi ini. Meski sulit pada awalnya, prosesnya akan lebih mudah dan menyenangkan daripada berurusan dengan efek merusak dari stres itu sendiri. Stres tidak hanya mempengaruhi kesehatan mental, tetapi juga kesehatan fisik.

Penting untuk mengetahui cara mengatasi stres menurut psikologi. Melihat dampak negatifnya, tidak hanya sulit bagi orang untuk menemukan kebahagiaan. Apa efek berbahaya dari stres pada manusia?

Cara mengatasi stres bisa dimulai dengan enam langkah sederhana, Psychology Today luncurkan sebagai berikut:

Cara Mengatasi Stres Dengan Cepat Sesuai Anjuran Psikolog

Kementerian Kesehatan RI atau Kementerian Kesehatan RI menjelaskan dalam keterangan tertulis bahwa dampak buruk stres tidak hanya berdampak pada psikis, tetapi juga berdampak pada kesehatan fisik seseorang. .

Mulai dari kerontokan rambut, sariawan dan bibir kering, kesulitan bernapas, gangguan otak (insomnia, sakit kepala, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan dan depresi), kulit lebih sensitif, jantung, pencernaan, otot, masalah pankreas, organ reproduksi.

Baca Juga :  Fungsi Aroma Bunga Terapi Dapat Berguna Untuk Penyembuhan Gangguan Jiwa

Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi stres menurut psikologi. Juga, stres adalah masalah yang harus dialami setiap orang dan tidak dapat dihindari kecuali Anda dapat mengendalikannya sendiri.

1. Identifikasi penyebab stres

Cara mengatasi stres menurut psikologi berarti mengidentifikasi penyebab stres atau mencari tahu. Buatlah daftar faktor-faktor yang sangat memengaruhi hidup Anda.

Maka cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan mencari solusi yang bisa digunakan sebagai upaya melupakan masalah. Ini akan menjadi cara psikologis yang efektif untuk mengatasi stres pada setiap orang, jika mereka bisa saling mengenal dengan baik.

2. Berhentilah menunda-nunda

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan berhenti menunda-nunda. Ini adalah cara psikologis untuk mengatasi stres untuk mengurangi atau menghilangkan stres hidup. Secara tidak sadar, penundaan akan mempengaruhi stres seseorang.

3. Manajemen produksi

Secara psikologis, cara mengatasi stres adalah dengan mulai mengontrol pengeluaran. Sederhananya, mulailah pendidikan keuangan atau pahami manajemen keuangan pribadi yang baik. Menurut psikologi, ini adalah cara yang cukup efektif untuk mengatasi stres.

4. Hindari kerugian negatif

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan menghindari segala bentuk penghindaran negatif. Saat stres, kebanyakan orang akan tergoda dengan makan berlebihan, belanja, atau kecanduan narkoba.

Siapa pun yang melakukan hal-hal ini akan mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki suasana hati. Namun, perspektif psikologis justru melihatnya sebagai sesuatu yang akan menyebarkan hal-hal negatif sepanjang hidup.

5. Bersosialisasi atau keluar dari zona nyaman Anda

Cara mengelola stres menurut psikologi adalah dimulai dengan sosialisasi. Studi menunjukkan bahwa hubungan yang mendukung adalah kunci untuk meningkatkan cara orang mengalami dan mengelola stres.

Baca Juga :  6 Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan Tubuh Mulai Nyeri Haid Hingga Kanker

Faktanya, kesepian tidak hanya terkait dengan depresi, tetapi juga terkait dengan masalah kesehatan, seperti hipertensi, penyakit kardiovaskular, kanker, dan penurunan kognitif. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam komunitas keagamaan cenderung memiliki tingkat kecemasan dan stres yang lebih rendah.

6. Rawat tubuhmu

Cara psikologi menghadapi stres adalah dengan tidak ragu untuk mulai membuat komitmen untuk merawat tubuh Anda. Mulailah mengelola stres berdasarkan psikologi, seperti makan dengan baik, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur.

Meskipun mungkin sulit untuk memulai, dampak pada manajemen stres sangat besar. Ini akan menghilangkan perasaan stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati Anda dan memberi energi pada tubuh, otak, dan emosi Anda.

Cara Mengatasi Stres Dengan Cepat Sesuai Anjuran Psikolog

7. Temukan saldo Anda

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan menemukan keseimbangan dalam hidup. Penting untuk mengatur waktu agar Anda dapat dengan nyaman menyibukkan diri tanpa merasa kewalahan. Bekerja keras tidak sama dengan bekerja secara efisien. Artinya, bekerja terlalu keras dapat menurunkan produktivitas.

8. Percayalah pada orang yang kamu percaya

Menurut psikologi, cara mengatasi stres adalah dengan mengandalkan orang yang dipercaya. Entah itu teman, pasangan, atau saudara. Sebelum tingkat stres Anda naik, hubungi seseorang yang Anda percayai, terutama dengan berbagai masalah hidup.

9. Makan makanan yang seimbang dan teratur

Cara mengelola stres menurut psikologi adalah dengan pola makan yang seimbang dan teratur. Dalam hal mengelola stres, nutrisi yang baik adalah teman yang dapat dipercaya.

Melewatkan makan dapat menurunkan gula darah Anda, yang dapat menekan suasana hati Anda. Dalam beberapa kasus, itu juga dapat memicu perasaan marah dan frustrasi yang intens.

10. Berlatih secara teratur

Cara mengatasi stres berbasis psikologi adalah dengan berolahraga secara teratur. Berpartisipasi dalam aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi tingkat stres. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan endorfin. Hormon perasaan baik ini dapat meredakan gejala depresi dan kecemasan.

Baca Juga :  Penjelasan Penyakit Cacar Monyet Mulai Dari Gejala Dan Penyebarannya Untu Kita Lebih Waspada

Kemudian dilengkapi pula dengan American Psychological Association (APA), cara mengelola stres menurut psikologi yang dapat dilakukan sebagai berikut:

11. Luangkan waktu di alam

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan menghabiskan waktu di alam. Ruang hijau telah ditunjukkan dalam penelitian di beberapa negara untuk meningkatkan suasana hati.

Ini termasuk menonton video alam, yang dapat mempercepat pemulihan stres dibandingkan dengan video pemandangan perkotaan. Meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan alam, terutama berupa taman kota yang semarak, membantu memfokuskan kembali dan menenangkan pikiran.

12. Tidur yang cukup

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan tidur yang cukup. Stres di siang hari memengaruhi tidur di malam hari. Lebih buruk lagi, kurang tidur dapat mempengaruhi kognisi dan suasana hati.

Bagaimana cara tidur yang lebih baik untuk mengelola stres menurut psikologi?

Cobalah untuk memiliki rutinitas waktu tidur yang konsisten. Meditasi dan relaksasi dapat membantu mengatasi insomnia. Hindari kafein dan alkohol di sore dan malam hari. Menurut psikologi, hindari perangkat elektronik sebagai cara untuk mengelola stres karena cahaya biru dapat menekan hormon melatonin yang membuat Anda mengantuk.

13. Meditasi

Cara mengatasi stres menurut psikologi adalah dengan melakukan meditasi. Sebuah badan penelitian menunjukkan bahwa meditasi kesadaran dapat mengurangi stres dan kecemasan psikologis, termasuk program meditasi kesadaran jangka pendek yang sukses.

Cara mengatasi stres menurut psikologi, mulailah dengan menyisihkan waktu lima menit di tempat yang tenang untuk duduk dan bernapas. Fokus pada saat ini, jika pikiran lucu mengganggu Anda, akui mereka dan lepaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.